BREAKING NEWS

Senin, 31 Maret 2008

Mengukur jarak suatu tempat dengan Google Earth

Ternyata ada fitur pada Google Earth yang sangat berguna buat kita-kita, misalkan bila kita ditanya oleh seseorang berapa sih jarak dari rumah ke kantor.

Tentunya dengan aplikasi Google earth kita dapat mengetahui jarak yang sesungguhnya. Daripada kita menjawab pertanyaan tersebut dengan menebak saja, lebih baik kita mengunakan aplikasi ini.

Misalkan rumah saya berada di daerah Cakung (Jakarta Timur) dan kantor saya adalah di Sekretariat Negara (Jakarta Pusat) kira-kira berapa ya jarak antara rumah saya dengan kantor ?

1. Buka aplikasi Google earth
Bila belum memiliki aplikasi ini silahkan download di :
http://earth.google.com/download-earth.html
2. Masukkan keyword Indonesia pada Side Bar Search lalu tekan tombol enter
3. Setelah menampilkan peta wilayah Indonesia lalu ketikkan lagi keyword jakarta, karena lokasi rumah dan kantor saya berada di Jakarta.


4.Selanjutnya mari kita mencari rumah saya, caranya ketikkan keyword “Cakung”


Hasil pencarian menampilkan peta satelit di wilayah Kecamatan Cakung, terlihat seperti gambar diatas ada berbagai macam place mark.
Misalkan rumah saya terletak di samping Kantor Pos Cakung Barat. Kita tinggal mengklik dua kali place mark cakung Barat Kantor Pos. Perbesar foto satelit dengan cara mengklik dua kali di atas Kantor Pos Cakung Barat tadi yang telah kita pilih, hingga kita dapat melihat dengan jelas rumah yang kita inginkan.

5. tandai rumah saya ini dengan place mark, bentuknya seperti jarum di kumpulan toolbar.


6. Berikutnya mencari dimana kantor saya, mudah saja ketikkan kata kunci monas, atau harmoni karena kantor saya berada di sekitar tersebut. Lalu tandai lokasi yang telah didapat dengan place mark.

7. Inilah langkah yang paling penting yaitu mengukur jarak, caranya pilih ruler dalam jajaran toolbar
Pilih pengukuran dalam satuan yang diinginkan dari mulai smoot hingga centimeter, untuk tutorial ini saya menggunakan kilometer. Klik saja lokasi awal pengukuran yaitu Sekretariat Negara, hasilnya seperti gambar berikut :

8. lalu kembali ke Places Side Bar, pilih rumah saya untuk melihat view rumah saya yang telah diberi place mark, kemudian klik place mark rumah saya. Seperti gambar di bawah kita sudah dapat melihat hasil pengukuran yaitu 12,46 km.

Selamat mencuba...

Artikel ini sudah diupdate dengan artikel :  Mengukur jarak dan menentukan rute jalan via google Maps (Update)

 
Copyright © 2014 Persada Blog

Powered by Mafsyah