BREAKING NEWS

Kamis, 16 Oktober 2008

Tutorial Photoshop

Kebetulan, pekan ini awak sedang mengikuti diklat web design di sebuah lembaga kursus di bilangan Kuningan Jakarta Selatan.

Lembaga kursus ini namanya sciencom, alamat tepatnya di Wisma Kodel Lt. 8, Jl. Rasuna Said Kuningan.

Kursus yang saya ikuti adalah tentang Web Design, materinya yang berkaitan dengan dasar-dasar pembuatan web. Gak sampai programming sih, hanya cara mendesain tampilan web dengan Adobe Dreamweaver CS3, Adobe Photoshop CS3 dan Adobe Flash CS3.

Karena waktunya gak cukup untuk menampilkan semua yang saya dapat di lembaga kursus ini, tak kurang tak lebih saya kasih deh, trick membuat sesuatu yang menarik dengan photoshop.

Menurut si lecture (pengajar) nya sih, bila kita sudah menguasai photoshop dengan baik, bakalan gampang dapat kerjaan, dari mulai desain, animasi hingga pembuatan website.

Harap dimaklumi lah, bila bahasa yang disajikan di sini agak belepotan. Soalnya tutorial ini dibuat dengan bahasa saya sendiri. Kalao ada saran tolong disampaikan melalui kolom komentar di bawah ini, ya mudah-mudahan aja bisa memperbaiki bahasa saya yang amburadul. he...he..

Trick Photoshop CS3
1. Menambah koleksi brush untuk photoshop
- download brush untuk photoshop dari internet ataw colong punya temen aja...
- Simpan file berekstension .abr ke dalam folder : C:/program files/adobe/ photoshop cs 3/preset/brushes

2. Membuat masking
- Buat rectangle dengan feather 20 px di tengah-tengah gambar (membulat)
- Pada layer yang telah ditambahkan rectangle lalu buat vector mask
- Atau dapat menggunakan brush dengan warna hitam untuk menutupi sisi gambar yang diinginkan
- Hasilnya bagian pinggir tampak tertutup masking

3. Membuat bendera
- Buat dokumen baru
- Agar setiap bagian mudah untuk dilakukan kustomisasi, buat layer baru dan beri nama “merah” untuk bagian atas bendera
- Buat path dengan pen tool, pilih ikon paths




- Bentuk path seperti gambar di bawah ini

- Gunakan convert point tool, untuk membentuk path membulat


- Untuk memindahkan point, gunakan direct selection tool


- Pilih menu Window > Path, pilih symbol load path as selection



- Rubah warna foreground menjadi merah, kode RGB nya adalah R : 255, G : 0 dan B : 0
- Create new layer
- Dengan kombinasi tombol alt + delete, warna path akan berubah menjadi warna foreground (merah)
- Copy path merah, lalu beri nama “putih”



- Hasilnya adalah seperti ini

(eng… ing…. eng…. Pita Bendera Merah Putih)

deni kurniawan mengatakan...

Kereeeenn boz. . .
sbagai sesma blogger tutorial photoshop, kyknya harus bnyak blajar sama om neh saya. . .
sukses yah om. . . ^^

Persada Developer mengatakan...

Waduh, jadi malu saya. Saya masih belajar juga kok mas.

Saya lihat mas deni ini dah paham betul tentang photoshop.

Seharusnya mas deni yang mengajari saya nih.
Hehe...

Thamrin mengatakan...

mas, keren blognya..
Thank's tutorialnya..
banyakin lgi.. tutorial yang lbih mantap....

ka bka tamrinarea.blogspot.com

oke ????

 
Copyright © 2014 Persada Blog

Powered by Mafsyah