BREAKING NEWS

Kamis, 30 April 2009

5 (lima) Website E-Learning Gratis Terbaik

Ada pepatah yang mengatakan bahwa:

Kejarlah ilmu walau ke negeri China
Bro... ngapain nyari ilmu ampe ke negeri China, kan dari rumah aja juga bisa koq. Hehe...
Sekali lagi pepatah itu kan berlaku sebelum ada internet. Kita tahu sekarang ini bahwa internet sudah merajalela hampir ke seluruh aspek kehidupan, mau belanja gunakan ecommerce, mau komunikasi murah gunakan social networking, atau chatt, lalu jika mau belajar, ya gunakan aja e-learning.

Apaan tuh E-learning?
Menurut pengertian wikipedia, e-learning disebut juga dengan sistem pembelajaran elektronik adalah: cara baru dalam proses belajar mengajar. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.

Saran saya, manfaatkanlah metode pembelajaran online lewat website E-Learning. Bila kita menjelajahi internet, kita dapat dengan mudah mencari bermacam-macam situs pembelajaran online. Ya.. tak cuma satu, bisa puluhan, ratusan, bahkan ribuan. Dengan memanfaatkan website E-learning bro dan sis dapat mempelajari ilmu pengetahuan yang ingin dikuasai seluas-luasnya. Syaratnya mudah, yaitu manfaatkanlah akses internet yang Anda miliki.

Usahakan kita memanfaatkan akses internet yang dimiliki untuk keperluan yang baik-baik, untuk belajar memperdalam skill khusus yang kita miliki. Sayang kalau digunakan hanya untuk mencari hiburan semata, toh hiburan itu tidak akan bermanfaat untuk pengembangan diri jika dilakukan secara berlebihan.

Berikut ini saya hadirkan untuk Anda, beberapa alamat website E-learning yang selama ini telah menjadi acuan bagi saya untuk memperdalam pengetahuan saya di bidang IT. Walaupun jumlahnya hanya lima, akan tetapi material yang terdapat dalam website-website yang saya tampilkan di bawah ini cukup komplit untuk mengurangi dahaga kita akan pengetahuan.

So.. segera meluncur ke lokasi ya... ingat.. ingat, belajar jangan tunda-tunda lagi.

5 (lima) situs E-learning GRATIS terbaik yang bermanfaat untuk Anda:

1. http://www.ilmukomputer.com
Website ini telah dikenal banyak oleh para pelajar, mahasiswa, akademisi dan siapa saja yang tertarik mempelajari ilmu komputer secara mandiri. Dalam komunitas ini para anggotanya saling membagi pengetahuan yang dimiliki untuk kemajuan pengetahuan di Indonesia. Maju terus komunitas IlmuKomputer[dot]Com !.
2. http://ocw.gunadarma.ac.id/course
UG OpenCourseWare merupakan website pembelajaran gratis dan terbuka untuk kalangan akademisi, mahasiswa, dan para pelajar mandiri di seluruh dunia yang disediakan oleh Universitas Gunadarma. Materi kuliah yang tersedia disini sebagian besar merupakan modul kuliah yang menjadi acuan bagi para mahasiswa di Universitas Gunadarma.
3. Website E-Learning (DEPKOMINFO)
Website ini dikelola oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Departemen Komunikasi dan Informatika. Biasa dimanfaatkan oleh para pegawai DEPKOMINFO untuk memperdalam pengetahuan komputer mereka. Meski begitu web ini dapat diakses oleh siapa pun yang memiliki minat memperdalam informasi.
4. http://university.romisatriawahono.net
Universitas maya yang satu ini dikelola oleh Bapak Romi, beliau adalah pakar telematika yang juga merupakan pendiri komunitas IlmuKomputer[dot]Com. Dalam website ini Anda dapat menemui bahan-bahan kuliah yang ia ajarkan kepada para mahasiswanya di berbagai kampus. Untuk memanfaatkan bahan-bahan kuliah yang tersedia, Anda mesti melakukan proses registrasi terlebih dahulu.
5. http://bse.depdiknas.go.id/
Web yang dikelola oleh Departemen Pendidikan Nasional yang satu ini juga saya masukkan nih sebagai bagian dari penyedia E-learning. Sebabnya adalah melalui web ini siswa-siswa tingkat SD hingga SLTA (SMU/SMK) tak perlu lagi membeli buku-buku pelajaran yang mahal, cukup download saja. karena urusan copyright (lisensi) sudah merupakan urusan pemerintah.

Best regards, Kholid Fahrudin
Semoga bermanfaat buat bro.. sis.. n kawan-kawan semua.


adegustiann mengatakan...

keren.. salut deh sama pengelolanya.., dengan banyaknya website yang berbasis elearning.. pendidikan di negeri ini bisa menjadi lebih baik..

Persada Developer mengatakan...

betul mas..semakin banyak yang berkecimpung dalam e-learning gratis, maka akan semakin maju pula pendidikan di negeri ini.

Firman Juliansyah mengatakan...

boleh menambahkan kan? saya ingin mengenalkan indismart. indismart adalah sebuah website yang di dalamnya terdapat ratusan konten pembelajaran online interaktif untuk pelajar SD hingga SMA. Pengguna hanya cukup login dan langsung bisa belajar. animasi dan games nya menarik dan lengkap dengan latihan soal, jawaban, pembahasan,dan penilaian. bimbel dan try out online nya juga ada. klik www.indi-smart.com

Lisma Yana mengatakan...

Assalammualaikum wr.wb
Dengan adanya situs website e-learning ini bisa membantu kita mencari informasi seputar pendidikan. terima kasih.....Wasalam....

 
Copyright © 2014 Persada.Co.Nr

Powered by Mafsyah