BREAKING NEWS

Senin, 31 Agustus 2009

Zekr - Aplikasi Quran Digital Freeware

Alhamdulillah, kita masih diberikan kesempatan untuk merasakan berkah ramadhan. Bulan yang selalu kita nanti-nantikan kedatangannya, mudah-mudahan dapat kita reguk berkah dan rahmat di bulan ramadhan.  

Salah satu cara untuk mereguk berkah dan rahmat di bulan ramadhan adalah dengan kembali kepada Alqur'an atau bahasa kerennya Back to Qur'an. Pengertiannya adalah jika di bulan-bulan sebelumnya kita kurang akrab dengan Alqur'an, pada bulan ramadhan ini adalah saat yang tepat untuk kembali membaca, mengkaji, dan jikalau bisa juga menghafalkannya. 

Ada sebuah aplikasi yang berlisensi GNU/GPL (freeware) yang dapat memudahkan kita untuk berinteraksi dengan Alqur'an. Aplikasi ini saya dapatkan ketika melakukan instalasi Linux Sabily (versi Linux untuk kalangan muslim) di komputer pribadi saya. Aplikasi tersebut adalah Zekr, dikembangkan oleh berbagai programmer lintas bangsa, Zekr ditulis dalam bahasa pemrograman Java, Platform Eclipse , dan menggunakan widget toolkit SWT. Versi aplikasi Zekr terbaru adalah versi 0.7.1.



Persyaratan System:

  • Windows 2000, XP or Vista, Linux, Macintosh
  • Complex language support yang telah diaktifkan di Sistem Operasi Windows, 
  • Java (JRE) 1.4.2 or newer. 
  • Flash player plugin (Internet Explorer)

Bahasa:

Aplikasi Zekr telah dikembangkan dalam 19 bahasa, termasuk didalamnya bahasa Indonesia. Untuk menampilkan terjemah Alqur'an dalam bahasa Indonesia, kita harus menginstall library translation Bahasa Indonesia, silahkan download di sini.

Komponen:

Sebenarnya ada tiga komponen utama dalam aplikasi ini, yaitu translation, recitation dan themes. Akan tetapi themesnya baru dalam tahap develope (pengembangan). Oleh karena itu yang dapat kita bahas hanya Translation dan Recitation.

Translation

Translation adalah terjemahan Alqur'an, saat ini aplikasi Zekr telah support 19 bahasa dunia dan terus dikembangkan untuk bahasa-bahasa lainnya.

Recitation

Recitation adalah pembacaan Alqur'an, ada dua opsi, yaitu offline recitation dan online recitation. Offline recitation adalah pembacaan Alqur'an secara offline, artinya kita dapat mendownload suara pembacaan Alqur'an, tanpa harus repot-repot online. Offline recitation yang tersedia adalah suara dari imam-imam masjid terkemuka seperti Al-Minshawy, Al-Huzaify, Al-Ghamdi, dan Al-Afasy. Sedangkan online Recitation adalah pembacaan Alqur'an secara online. Untuk mendengarkan bacaan Alqur'an kita harus selalu terhubung online dengan internet. Pilihan untuk pembacaan Alqur'an metode online lebih beragam, termasuk yang terdapat dalam offline recitation.

Screenshot:



Kombes.Com mengatakan...

Blog anda OK dan unik Banget!. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

Salam hormat
http://kombes.Com

Persada Developer mengatakan...

Terima kasih atas infonya, berkat informasi dari Anda saya sudah bergabung dalam komunitas kombes.com.

 
Copyright © 2014 Persada.Co.Nr

Powered by Mafsyah