BREAKING NEWS

Jumat, 26 Maret 2010

Yuk Mempelajari Joomla

Hingga saat ini aplikasi yang belum kupelajari untuk membuat sebuah web adalah joomla. Aplikasi ini sudah jamak digunakan banyak programmer web untuk membuat web yang dapat dikustomisasi secara mudah. Hal ini menjadi tidak biasa bagi saya, karena biasanya saya mendesain web dari scratch (coding oriented), dan belum pernah memanfaatkan CMS (Content Management System). Menurut pendapat temen-temen saya, CMS lebih banyak memberikan kemudahan dibanding membuat aplikasi dari scratch. Konfigurasi web menjadi lebih mudah, dan cukup mengandalkan wizard, so dengan sedikit abrakadabra maka selesailah pekerjaan yang rumit untuk memanipulasi sebuah halaman web.

Saran dari temen-temen gak ada salahnya juga bila dicoba.
Okelah kalau begitu… sekarang adalah saat yang tepat untuk mempelajari CMS Joomla, untuk ke depannya nanti saya juga akan mempelajari CMS-CMS lain.

Umumnya joomla digunakan pada halaman-halaman web yang berisi artikel berita dan informasi, pada saat kita menginstal aplikasi ini, didalamnya sudah terdapat berbagai modul untuk kemudahan menulis artikel. Bila kita akan membuat web dengan peruntukan online shop, maka kita mesti menambahkan modul tambahan terlebih dahulu, sebagai contoh modul untuk online shop adalah virtu emart yang merupakan aplikasi free berbasis GNU/GPL.

Setelah mencari bahan-bahan untuk belajar, saya menemukan dua link berisi tutorial joomla yang bahasannya cukup mudah untuk dimengerti. Link tersebut adalah:

1. Tutorial membuat website dengan joomla! 1.5.X

2. Tutorial Pelatihan Web dengan CMS Joomla

Langkah selanjutnya adalah mencari aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan. Berhubung saya menggunakan sistem operasi Windows, maka saya mencari aplikasi web server yang nyaman digunakan di lingkungan sistem operasi windows. Untunglah ada banyak pilihan web server yang bisa dimanfaatkan, saya memilih dari kemudahan instalasi, pilihan saya jatuh ke web server komplit dari XAMPP.

Xampp

Joomla ver 1.5.15

Mudah-mudahan setelah saya mempelajari Joomla, saya dapat memanfaatkannya untuk membuat sebuah web untuk sebuah bisnis properti yang sedang dirintis oleh kakak saya.

 
Copyright © 2014 Persada Blog

Powered by Mafsyah