BREAKING NEWS

Rabu, 18 Mei 2011

Peluang kejahatan di dunia maya

Artikel ini terinspirasi atas musibah yang menimpa teman saya di kantor, ia adalah penjual online yang memanfaatkan waktu luang di sela-sela pekerjaannya ataupun di luar jam kerja.

Geliat usaha online luar biasa yang ia miliki membuatnya berusaha keras untuk mempromosikan produk yang ia jual. Mulai dari web multiply, blogspot (blogger.com) hingga layanan facebook dimanfaatkan sebagai media promosi.

Usahanya melalui account facebook tidak sia-sia, dengan membuat account toko online di fb, ia telah memilik ribuan teman yang dapat menjadi media promosi yang paling efektif.

Akan tetapi dibalik kesuksesannya mengumpulkan teman sebanyak-banyaknya, ada yang melirik peluang dibalik itu. Peluang yang sama sekali tidak terpikir oleh teman saya. Halaman facebook dengan nama *****shop telah diambli alih oleh pengguna facebook lain. Mungkin pelaku melihat ada peluang besar untuk memanfaatkan account facebook dengan banyak teman untuk dijadikan toko online miliknya. Dalam waktu singkat teman saya tidak dapat mengakses account facebook miliknya sendiri, bahkan alamat email yang digunakan untuk mengakses fb juga diambil alih oleh orang yang tidak bertanggung jawab tersebut. 

Teman saya lalu mengkonsultasikan hal tersebut pada saya. Sebagai langkah pertama yang saya pikirkan adalah bagaimana mengambil alih kembali kepemilikan account fbnya. Ya melalui email, saya minta dia untuk masuk ke email tempat dia mendaftar, ternyata dia juga tidak bisa login. Pupus sudah kemungkinan dia untuk mengambil alih kembali account facebooknya. Selain itu dia juga tidak melakukan pengaturan email kedua sebagai cadangan bila email pertama bermasalah.

Seperti kata pepatah : Kejahatan terjadi tidak hanya karena ada niat, tetapi juga karena ada kesempatan. Oleh karena itu untuk melakukan pencegahan ada baiknya kita meningkatkan standar keamanan email dan account kita di dunia maya.

Sekian.. *berlanjut karena sudah malam.

Lanjutan:

Lalu bagaimana langkah-langkah konkritnya?

Memperkuat Sandi (Password)
Buatlah password dengan kombinasi huruf dan angka dan usahakan lebih dari 6 digit, dan untuk lebih meningkatkan keamanan bisa juga menggunakan kombinasi huruf ASCII. Jangan gunakan passsword yang mudah ditebak berdasarkan tempat, tanggal lahir atau informasi pribadi lain yang dapat dilihat di halaman profile. Sebagai tambahan gunakanlah password yang berbeda untuk setiap account.

Pedoman SUPR dapat digunakan untuk membuat password.
Tes Strong : Apakah password sekuat (dalam panjang dan konten) sebagaimana tertulis dalam  aturan?
Tes Unique : Apakah password uniek dan tidak terkait dengan password lain?
Tes Practical : Dapatkah anda mengingatnya tanpa menuliskannya?
Tes Recent : Sudahkah anda ganti akhir-akhir ini?
Terlepas dari tes SUPR, anda perlu menyadari bahwa teknik sniffing benar terjadi, dan bahkan password terbaikpun dapat disadap dan digunakan oleh seorang intruder, oleh karena itu pastikan menggantinya secara reguler.

 
Copyright © 2014 Persada.Co.Nr

Powered by Mafsyah