BREAKING NEWS

Kamis, 29 Januari 2015

Menjadi publisher di youtube

Tak terasa sudah enam tahun menjadi bagian dari blogger.com. Pada masa jayanya saat ngeblog menjadi tren yang kemudian dimanfaatkan oleh para publisher (pemasang iklan) untuk mendapatkan penghasilan tambahan, banyak yang menjadi kaya lewat blog. Entah lewat kerjasama dengan google adsense maupun lewat penyedia iklan lainnya.

Pada saat itu banyak blogger sekaligus publisher yang berlomba-lomba membuat banyak blog untuk dimonetize dengan google adsense. Saya pun demikian, ada beberapa blog yang saya pelihara saat itu, baik yang berbahasa indonesia maupun bahasa inggris. Akan tetapi berhubung kesibukan pekerjaan utama, perawatan blog mulai tertinggalkan, sehingga pendapatan lewat blog menjadi stagnan, alias tidak ada peningkatan. Hal ini menjadi ironi, karena saya perhatikan semenjak google membuka kantor perwakilan di jakarta, mulai banyak pemasang iklan lokal yang memasang iklan di google, jadi konten blog yang dapat dimonetize tidak melulu harus berbahasa inggris, bahasa indonesia pun bisa.

Hal yang penulis perhatikan untuk saat ini adalah terdapat penurunan page view blog para blogger, tren yang berkembang saat ini lebih ke video blogging atau Vlog. Video Blogging menjadi tren tatkala akses internet di Indonesia menjadi semakin baik, dimana banyak operator yang berlomba-lomba memberikan paket data yang besar. Selain itu mengakses video adalah hal yang menyenangkan, penonton dapat menggali informasi yang terdapat didalamnya secara rileks dan santai.

Mengingat perkembangan/tren terbaru tersebut, penulis mencoba untuk mengembangkan atau dalam kata lain turut ambil bagian dalam kancah video blogging. Untungnya karena sudah terdaftar sebagai member Google Adsense maka kita tidak perlu mendaftar lagi ke google Adsense, kita cukup membuat channel baru di youtube kemudian lakukan monetisasi dengan cara menghubungan akun google adsense ke channel youtube kita.

Untuk saat ini penulis telah membuat dua buah channel youtube, yaitu persada bangsa dan maniak otomotif. persada bangsa untuk video-video yang sifatnya umum, sedangkan maniak otomotif lebih ke konten otomotif.



Berikut adalah satu contoh video yang telah saya upload, yaitu terkait informasi terbaru tentang akan dilaunchingnya Yamaha NMAX 150 di Indonesia. Semoga dapat dinikmati...

Salam publisher...



 
Copyright © 2014 Persada.Co.Nr

Powered by Mafsyah