BREAKING NEWS

Kamis, 21 Desember 2017

Cari makanan halal di Bangkok, Thailand

Beberapa waktu lalu penulis berkesempatan untuk berkunjung ke Bangkok, Thailand. Keperluan saya bukan untuk traveling atau senang-senang sih, melainkan penugasan mengikuti kelas teknologi digitalisasi HR yang diselenggarakan di Bangkok.

Ternyata, mencari makanan halal di kota Bangkok, tidak sesulit yang dibayangkan. Di beberapa mall atau pusat perbelanjaan, terutama di food court biasanya ada satu atau beberapa kios yang menjual makanan halal. Bisa terlihat dari logo halal yang tertempel di depan kios.

Yellow rice with chicken
Pada saat saya berkunjung ke Platinum Fashion Mall, di lantai 6 food court tersedia menu seperti di atas, yaitu nasi kuning dengan ayam. Ayamnya bisa memilih mau ayam goreng atau ayam kari. Harganya cukup murah, cuma 50 baht, yang kalau dirupiahkan sekitaran 20 ribu rupiah.

Menu tersebut ternyata dapat kita temui juga di MBK Mall, Mall yang cukup besar di daerah Siam. 

Alternatif lain adalah mencoba menu makanan khas Thailand, yaitu nasi ketan mangga. Makanan ini juga terkenal di Indonesia dengan nama Mango Sticky Rice. Kalau mau cari makanan ini di mall biasanya harganya di kisaran diatas 100 baht. Tetapi kalau mau yang lebih murah, bisa cari di trotoar atau penjual kaki lima yang bertebaran di sekitar kota Bangkok. Kalau di penjual kaki lima harganya paling cuma 60 baht, atau sekitar 24 ribuan rupiah.

Rasanya... emm sebenarnya itu adalah nasi ketan dicampur potongan mangga dan disiram dengan kuah santan. karena ada santannya maka kalau bisa jangan didiamkan terlalu lama, harus dimakan saat itu juga. Rasa ketannya hambar aja, yang bikin enak adalah mangganya yang manis.

Mango Sticky Rice
Ada alternatif lain lagi nih guys, nah alternatif ini hanya untuk yang ingin berhemat.. haha..

Setelah iseng mencari apa sih makanan yang ada di 7 eleven atau sevel di Bangkok. Saya menemukan mie goreng buatan indonesia yaitu indomie goreng. Yang ini sudah pasti halal, karena dibuat di Indonesia dan sudah bersertifikasi halal dari MUI, yang membedakan hanya kemasannya saja yang bertuliskan huruf thailand.

Indomie thailand
Indomie thailand harganya sekitar 16 baht, ditambah nasi 20 baht. Cukuplah untuk mengenyangkan perut, sekalian menjaga dari makanan non halal yang banyak beredar di kota Bangkok. Nasinya tinggal dipanaskan aja guys di Microwave, jadi tidak perlu ditanak lagi.. haha..

Nah.. ada lagi nih restoran khusus halal di Thailand. Namanya Yana Restaurant, lokasinya di mall MBK lantai 5.

Restauran ini menyediakan menu makanan khas Thailand, seperti tom yam, dan lain-lain. Tentunya dengan bahan-bahan dan resep halal. Satu lagi restoran ini sudah mendapat sertifikasi halal dari pemerintah Thailand.
Yana Restaurant - Halal




Harganya lumayan mahal sih, minuman thai milk tea harganya 50 baht, yang kalau beli di pinggir jalan paling cuma 25 baht. Tetapi karena ditraktir sama teman, jadi kita enjoy aja makan di sini.. haha..

Selain berbagai alternatif di atas, masih banyak lagi lho guys, kalian juga bisa memilih menu makanan arabian, menu india dan menu vegetarian. di Bangkok banyak kok restoran arab, restoran India, dan restoran vegetarian. Kenapa memilih makanan India, karena orang India tidak makan daging babi atau sapi, mereka suka ayam dan makanan vegetarian.

Yang harus diperhatikan adalah tempat makannya ya guys,  carilah tempat makan yang bersih, biasanya di Food Court Mall. Kalau makan di kaki lima kami tidak sarankan karena biasanya mereka banyak menjual menu makanan mengandung babi yang baunya semriwing kemana-mana, yang bagi saya bisa membuat nafsu makan saya menghilang.
 
Selamat travelling ke Bangkok ya guys..



Penggiat Komisi BebasBayar mengatakan...

Agak susah cari yabg halal di bangkok. Untung waktu saya ke sana pakai tur guide

Kholid Fahrudin mengatakan...

Sebenarnya mudah sih gan, hampir di setiap food court mall besar tersedia makanan halal.

 
Copyright © 2014 Persada Blog

Powered by Mafsyah