BREAKING NEWS

Rabu, 10 Mei 2023

Solved, Mengatasi Touchpad Thinkpad T470 error

Suatu waktu, saat menggunakan laptop Thinkpad T470, bagian touchpad sama sekali tidak dapat digunakan, tidak ada respon dari pointer mouse di layar. Pointer bisa digerakkan dengan track pad saja, tidak bisa melalui touch pad.

touch pad

 

Sudah mencoba beberapa cara untuk memperbaiki hal ini, yaitu dengan melakukan restart thinkpad, belum juga menyelesaikan persoalan ini, pun dengan cara kedua yaitu dengan menshutdown thinkpad, lalu menghidupkan kembali, belum juga touch pad dapat beoperasi normal kembali,

Lalu, sebagai jurus pamungkas, sebelum thinkpad dibongkar bagian touch padnya, saya coba melepas baterai internal selama beberapa menit dan kemudian pasang kembali, dan taraaa, thinkpad saya touch padnya kembali beroperasi normal seperti sedia kala.

lepas baterai

 

Entah apa korelasi antara baterai dengan malfungsi touch pad, yang pasti setelah baterai dilepas dan dipasang kembali, touch pad dapat beroperasi dengan normal.

Jadi, saran saya jika mendapati kasus seperti ini, jangan panik dulu, coba lakukan langkah sederhana terlebih dahulu, yaitu dengan melepas pasang baterai.

Mungkin netizen ada yang bisa menjelaskan korelasi antara baterai dengan malfungsi touch pad tersebut, sila komen di bawah ini

 
Copyright © 2014 Persada Blog

Powered by Mafsyah