BREAKING NEWS

Senin, 16 Juli 2012

Mengukur jarak dan menentukan rute jalan via google Maps (Update)

Artikel ini dibuat untuk mengupdate artikel sebelumnya yang berjudul Mengukur jarak suatu tempat dengan Google Earth . Artikel tersebut boleh dibilang kurang akurat untuk menentukan jarak sesungguhnya, karena jarak ditentukan dengan cara menarik garis lurus dari titik A ke titik B.

Padahal sejatinya jarak yang tepat juga harus memperhitungkan jalan yang harus ditempuh. Misalnya bila melalui jalan A maka jaraknya adalah sekian, lewat jalan B jaraknya sekian. Oleh karena itu mari memanfaatkan aplikasi Google Maps untuk menentukan rute sekaligus mengukur jarak yang tepat.

Berikut adalah langka-langkah yang dapat kita lakukan:

1. Buka situs : http://maps.google.com


2. Ubah tampilan peta menjadi map, dengan mengklik Peta/Maps di sudut kanan atas.
3. Masukkan kata kunci jakarta untuk menampilkan peta Jakarta

4. Sebagai contoh mari kita menentukan jarak dari tugu monas sampai dengan Pulogadung Trade Center (PTC). Karena monas mudah untuk mencarinya, ketik saja kata kunci monas, maka akan muncul pilihan di sisi kiri layar.

5. Kemudian klik bulatan merah yang didalamnya ada huruf A. sehingga muncul teks boks seperti dibawah, lalu pilih petunjuk arah.


6. Setelah link petunjuk arah diklik, maka di sisi kiri akan muncul menu penelusuran rute dengan tampilan seperti dibawah

7. Masukkan kata kunci pulogadung trade center di kolom A, google maps secara otomatis akan menyarankan kepada Anda lokasi yang mirip dengan kata kunci tersebut. Bila sudah sesuai tinggal pilih dan klik tombol dapatkan petunjuk arah.


Yup, sudah tertampil di peta pilihan rute yang bisa kita pilih, yaitu lewat jalan perintis kemerdekaan dan Jalan Jenderal Suprapto sejauh 11,4 KM dan lewat Jalan Perintis Kemerdekaan sejauh 15,1 KM.

Sekian, semoga bermanfaat dan tidak lagi tersesat ke arah yang hendak dituju.

NB: klik gambar untuk memperbesar


 
Copyright © 2014 Persada.Co.Nr

Powered by Mafsyah