BREAKING NEWS

Rabu, 07 Oktober 2015

Review Busi Platinum NGK CR8EGP pada Honda Vario 125 ISS

Sebetulnya untuk pemakaian sehari-hari, saya telah menggunakan busi iridium Denso IU27 pada Honda Vario 125 ISS saya. Akan tetapi berhubung pemakaian sudah lebih dari satu tahun, dan kinerjanya sudah semakin menurun ditandai dengan agak sedikit ngempos di putaran bawah maka saya mencari pengganti busi iridium yang selama ini terpasang.

Setelah survey secara online, mengamati busi apa yang cocok untuk Honda Vario 125, maka pilihan yang muncul adalah penggunaan busi platinum NGK CR8EGP. Banyak yang mengatakan bahwa penggunaan busi iridium untuk pemakaian harian lebih banyak mubazirnya dibandingkan kinerja yang dihasilkan, apabila mengingat harganya yang cukup mahal.

Busi platinum menjadi alternatif, karena harganya sangat murah dibanding busi iridium, harganya cuma bebeda sedikit dibanding busi original tipe Denso U27EPR9. Saya mendapatkannya melalui toko online Tokopedia, harganya cuma Rp.28.000 saja. 

Berikut foto-foto perbandingan busi NGK CR8EGP dan DENSO U27EPR9, mohon maaf tidak menampilkan foto busi iridium DENSO U27 dikarenakan kelupaan.

Kiri busi platinum NGK CR8EGP dan kanan busi ori Denso U27EPR9



perbandingan kepala busi
kepala busi ori vario lebih panjang
Review setelah pemakaian busi platinum NGK CR8EGP:
  1. Akselerasi di putaran bawah lebih yahud dibanding busi iridium DENSO IU27, hentakannya lebih terasa.
  2. Akselerasi di putaran menengah hingga atas cukup sebanding dengan penggunaan busi iridium DENSO IU27, sama-sama galak dan enteng dibejek gasnya.
  3. Bawaanya pengen ngegas terus, karena putaran gas jadi lebih enteng dan paling enak jika digeber dalam putaran tinggi. Beberapa kali saya merasa terhempas ke belakang saat berakselerasi, rasanya nikmat tenan..
  4. Jika menggunakan busi platinum NGK CR8EGP maka busi original menjadi sangat tidak enak jika dibandingkan, ibaratnya akan menjadi ketagihan dan tidak mau lagi memakai busi original.
Demikian review dari saya, meskipun sangat subjektif mengingat saya juga telah melakukan beberapa ubahan pada bagian CVT, yaitu pemakaian roller 15 gram milik Vario 150, V Belt milik Vario 125 ESP (dua sisi), Per CVT 1500 rpm TDR, dan penggantian air intake milik Honda PCX 150. 

Selamat mencoba..

Galih Rohdiansyah mengatakan...

Wah gan ? Masih pake busi cr8egp ? Padahal non Procejtor ya tp kok bagus di vario 125 yg ada projector/Pnya

Paul Prastyo mengatakan...

konsumsi bahan bakarnya masih tetap irit nggak ya?

Kholid Fahrudin mengatakan...

@galih Rohdiansyah iya gan, sudah saya tes memang performanya sangat bagus untuk Vario 125

@Paul Prastyo Konsumsi BBM cuma nambah dikit, itu juga karena lebih suka main di putaran atas

Galih Rohdiansyah mengatakan...

Mantap gan, buat cadangan kalo CPR8EAGP-9nya kosong !

Lukmanul Hakim mengatakan...

Vario 125 bisa pakai Projected atau Non Projected Insulator, gk ngaruh ke Peroforma, hanya ngaruh ke Self Cleaning Ability, Busi Non Projected harus sering geber rpm tinggi agar busi bersih gan,,, kalo Projected itu jalan santai eco riding pun busi tetap bersih,,,,

Lukmanul Hakim mengatakan...

Isenge ngetest Busi NGK CPR6EA-9 (Vario 125i ane Gen 2, jadi sejak baru sudah Busi NGK CPR9EA-9), wah ternyata Merah Bata,,,, Gejala ngempos saat mesin dingin pun gk ada lagi,,,

Tapi menurut artikel Rider Tua, CPR6EA-9 itu di Vario 125i kurang tahan panas, jadinya ane lagi nyoba NGK CPR6EAGP-9 nih (Platinum),,, semoga aja merah bata kayak CPR6EA-9 tapi center electrode tahan panas, gk kayak Nickel.

Galih Rohdiansyah mengatakan...

Apa karna faktor yg Projected lebih dekat dari piston ? Vario ane malah cocok pake busi standar cpr7ea9 pas itu dapet busi gratis pas service cpr9ea9 eh jalannya nyendat, tanya yg nanganin ternyata di ganti busi, nah langsung ane suruh ganti pake yg lama aja. Tapi sayangnya sekarang susah bro cari busi cpr7ea9, mungkin ada saran buat motor ane ? BBM pertamax 92 lebih sering main RPM rendah tp kalo pulang subuh RPM tinggi. Maklum jakarta

Kholid Fahrudin mengatakan...

Berdasarkan penggunaan selama hampir satu tahun, memang harus sering digeber supaya tarikan mesin nyaman. Kalau jarang geber akibatnya meisn agak nyendat, dan pernah saya buka busi, warnanya agak hitam (itu kalau keseringan main di low speed). Selebihnya busi ini enak buat yang suka akselerasi, enak buat digeber.

muhammad yusuf mengatakan...

ngk cr8egp busi vixion ya??

 
Copyright © 2014 Persada.Co.Nr

Powered by Mafsyah