BREAKING NEWS

Selasa, 24 Januari 2017

Cara mudah merekam suara google translate dengan Mozilla dan add on Video Download Helper

Diantara pegiat yutub tidak semua memiliki suara yang enak didengar alias suara yang bagus, nah sebagian lain mungkin tidak pede dengan suaranya sendiri. Daripada-daripada gak jadi bikin video gara-gara kekurangpedean tersebut, ada baiknya memanfaatkan teknologi. Kita bisa memanfaatkan suara penerjemah google untuk menggantikan suara kita sendiri.

Caranya bagaimana?
Sebelumnya saya punya cara yang agak old school alias kuno, sebab saya memerlukan hardware khusus yaitu kabel penghubung port earphone ke port microphone seperti ini:

Audio splitter
Caranya colok kabel output alias earphone dan kabel mic, yang fungsinya memby pass input microphone ke output speaker, direkam menggunakan software perekaman khusus seperti audacity atau sound recorder bawaan windows.
Cara di atas sangat tidak dianjurkan karena ribet, karena prosesnya lebih panjang dan memakan waktu.

Ada cara lain yang lebih mudah, yaitu dengan ekstensi/add on Video DownloadHelper yang terdapat pada browser mozilla firefox.


1. Install terlebih dahulu add ons Video DownloadHelper

2. Setelah add on Video Download Helper terinstal pastikan ikon Video Download Helper muncul di pojok kanan atas browser.

3. Masuk ke Google Translate, alamatnya: http://translate.google.com, masukkan artikel yang akan dinarasikan 
4. Klik ikon speaker di bawah teks yang akan dinarasikan, akan tetapi pastikan Bahasa Indonesia yang terpilih, kalau terpilih bahasa Inggris maka dialeknya jadi kacau.

5. Setelah semua teks sudah dinarasikan oleh Google Translate, silahkan download file audio di dalam ikon Video Download Helper.


Semudah itu, bahkan file audio sudah berformat .mpeg yang bisa langsung disisipkan dalam Video Editor.

Selamat mencoba dan gak pake ribet.

 
Copyright © 2014 Persada.Co.Nr

Powered by Mafsyah