BREAKING NEWS

Jumat, 27 Januari 2017

First Drive Impresssion Daihatsu Sigra R Deluxe A/T

Belum lama, saat mampir ke bengkel Tunas Daihatsu Perintis di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jakarta, saya melihat ada unit test drive Daihatsu Sigra. Unit test drive tersebut adalah Daihatsu Sigra tipe R Deluxe bertransmisi otomatis (A/T) yang merupakan tipe tertinggi dari Daihatsu Sigra. Lalu saya Iseng-iseng nanya sama sales yang lagi stand by, boleh gak nyoba test drive, ternyata salesnya dengan ramah memberikan kesempatan buat saya untuk mencoba test drive.

Asyik nih, setelah sekian lama, dan sudah banyak Sigra yang sudah bertebaran di aspal nusantara dan akhirnya kesampaian juga buat nyobain mobil ini. Kalau sekedar coba duduk-duduk di berbagai kursi Sigra saya sudah pernah, tetapi belum pernah untuk mencoba test drive.

Ok, langsung saja, sales langsung memberikan kunci mobil kepada saya, memberikan kode untuk berangkat test drive sementara mobil Ayla saya mendapat pelayanan cuci gratis di bengkel.

Daihatsu Sigra tipe R Deluxe A/T

Untuk spesifikasi bisa dilihat di blog sebelah yang pasti sudah banyak mereview mobil Daihatsu Sigra. Di sini saya mau membahas hasil test drivenya saja, yang walaupun hanya dikendarai dalam jarak beberapa kilometer tetapi cukup merasakan performa dan kenyamanan Daihatsu Sigra tipe R Deluxe A/T.

Kunci
Kunci Daihatsu Sigra ternyata berbeda dengan Daihatsu Ayla, Sigra sudah menganut immobilizer, yang mana tertanam sebuah chip di dalam kunci yang menjamin keamanan mobil dari pencurian.
Immobilizer Key

Posis duduk mengemudi
Kursi pengemudi sangat nyaman untuk diduduki, busanya tebal dan berbahan fabric. Kursi juga bisa disetting maju atau mundur secara manual, ya kali mana ada lcgc bisa disetting elektrik.. haha.. Senderan badan juga bisa ditarik turun dan naik, sama aja masih manual belum elektrik (what the...). Sayangnya headrest masih menyatu seperti halnya Daihatsu Ayla, tidak bisa dinaik-turunkan. Bagian ini yang menyiksa saya, karena saya memiliki tinggi badan diatas normal yaitu diatas 180 cm. Jadi leher dan kepala tidak dapat ditopang secara sempurna, hal yang bikin pegal saat perjalanan jauh.

Setir tidak bisa disetel baik tilt (naik/turun) maupun telescopic (maju/mundur), so untuk orang jangkung seperti saya stir seperti jauh dari badan, hanya terbantu oleh tangan yang panjang (untung bukan "panjang tangan"). 

Posisi mengemudi terasa beda dengan Daihatsu Ayla, berasa posisi agak lebih tinggi seperti mengendarai MPV Daihatsu Xenia/Toyota Avanza.

Dashboard
Dashboard Sigra sangat modern dengan model two tone alias dua warna, lumayanlah mengurangi rasa bosan, apalagi dengan dua buah tulisan SRS Airbag di sisi pengemudi dan satu lagi di balik stir yang menambah percaya diri dalam mengemudi. Beda jauh dengan Ayla saya yang sama sekali tidak dilengkapi fitur keselamatan kecuali rem.. ya kali masa ada mobil kagak dikasih rem, pigimana berentinya ye.

Dashboard Daihatsu Sigra

Tuas transmisi otomatis terletak di tengah-tengah dashboard yang mengingatkan saya pada Honda Freed yang merupakan mobil kelas menengah atas dan bukannya kelas menengah ke bawah seperti Sigra. Selain itu tuas rem parkir juga memiliki desain yang berbeda, posisi tuas rem parkir Sigra ada di posisi agak ke bawah yang peletakannya rata dengan kursi, jadi perlu sedikit penyesuaian untuk yang baru mencoba mobil ini.

Review
Walaupun hanya mencoba test drive dalam jarak sangat dekat, yaitu mengelilingi bengkel lewat belakang, ambil rute perintis belok kiri ke arah pulomas dan kembali ke bengkel lewat samping kampus ASMI, ada beberapa hal yang bisa saya simpulkan:

  1. Suara mesin lebih halus, berkat mesin yang sudah menganut 4 silinder sehingga getarannya lebih halus, tidak seperti Ayla yang bergetar ria.
  2. Ruang kabin terasa lebih kedap dibanding Daihatsu Ayla, mungkin peredamannya lebih bagus jadi suara dari luar dapat diredam dengan baik.
  3. Kursi sangat nyaman untuk diduduki karena lebih tebal dan materialnya nyaman. Untuk perjalanan jauh dijamin tidak mudah pegal.  
  4. Peredaman suspensi sangat baik, bahkan saya sengaja untuk mencari jalan yang rusak lumayan parah untuk dilintasi dan suspensi dapat meredam dengan sangat baik. Tidak salah bila reviewer dari tabloid terkemuka yang menyebut peredaman Sigra bahkan lebih baik dibanding Xenia dan Avanza.
  5. Fitur keamanan yang mumpuni seperti 2 SRS Airbag, Crumple Zone, Seatbelt 3 titik dengan pretensiometer, Side Impact Beam dan Rem ABS (hanya untuk tipe A/T) meningkatkan rasa aman dalam berkendara, tinggal cara kita mengemudi saja yang harus menerapkan pola mengemudi yang safety.
Demikian hasil review saya, intinya mobil ini sangat layak untuk first user yang ingin memiliki mobil yang nyaman, aman dan juga harga yang lebih terjangkau karena merupakan kelas LCGC yang mendapatkan keringanan pajak dari pemerintah.

Brosur Daihatsu Sigra
Klik untuk melihat ukuran gambar yang lebih besar

 
Copyright © 2014 Persada Blog

Powered by Mafsyah