BREAKING NEWS

Jumat, 10 November 2017

Apa sih modifikasi yang biasa dilakukan pemilik mobil baru? - Level Pemula hingga Menengah (Part 1)



Apa sih modifikasi yang biasa dilakukan pemilik mobil baru?

Mobil Baru

Sebagai pemilik mobil baru, biasanya sang pemilik gatal untuk lebih meningkatkan kenyamanan pada kendaraan barunya, karena walaupun mobil baru keluar dealer tentunya masih ada hal yang perlu untuk lebih ditingkatkan lagi kenyamanannya dan hal itulah yang menjadi alasan bagi pemilik mobil baru untuk lebih sering berkunjung ke toko aksesoris mobil.
Berikut adalah daftar modifikasi yang biasanya dilakukan oleh pemilik mobil pada mobil barunya:
Secara garis besar, kami membagi dalam tiga level untuk jenis-jenis modifikasi yang dilakukan oleh para pemilik mobil, yaitu level pemula, level menengah dan level atas. Level-level tersebut dibagi berdasarkan budget/biaya yang biasanya dihabiskan oleh para pemilik mobil, dari yang menghabiskan biaya tidak besar, hingga yang menghabiskan biaya lebih besar dibanding harga mobil itu sendiri.
Level pemula (peningkatan kenyamanan)
1.     Pasang kaca film
Step pertama yang biasanya dilakukan oleh pemilik mobil pada mobil baru, biasanya ialah menambah kaca film terutama pada bagian depan mobil hingga mengganti keseluruhan kaca film, kecuali bisa merayu salesnya supaya dikasih bonus kaca film yang berkualitas.
Penggantian/pemasangan kaca film berkualitas dapat meningkatkan daya tolak panas di dalam mobil, apalagi jika sering berkendara di siang hari. Pada intinya dapat meningkatkan kenyamanan di dalam mobil, karena pendinginan dalam mobil dapat bekerja lebih baik.
Untuk kaca film pada kaca depan/windshield disarankan kegelapannya maksimal 40%, dan bagian samping kiri, samping kanan dan belakang atau yang biasa disebut istilah SKKB disarankan kegelapannya adalah 60%.
Banyak pilihan merek kaca film yang beredar di pasaran, diantaranya ada 3M, Masterpiece, V-Kool, dan lain-lain. Untuk hasil terbaik carilah kaca film yang memiliki IRR (infra red reduction) dan UV Protection terbesar.
Kaca Film

2.     Pasang karpet dasar
Sebagian mobil baru belum dilengkapi karpet dasar berbahan kulit sintetis, biasanya karpet dasarnya berbahan beludru/kain. Jika tidak ditambahkan karpet dasar berbahan kulit sintetis biasanya akan sulit untuk dibersihkan, apalagi bila terkena tumpahan cairan cukup sulit untuk dikeringkan.
Karpet Dasar

Rekomendasi karpet dasar pilihlah bahan yang kuat dilengkapi dengan serat agar tidak mudah sobek dalam pemakaian. Sementara untuk pilihan warna dikembalikan pada selera masing-masing pemilik mobil.
3.     Pasang sarung jok kulit
Sarung jok kadangkala dapat menjadi bonus penjualan dari sales mobil, tapi kalau belum dapat sarung joknya, maka mau tidak mau ya harus ditambahkan agar jok mobil menjadi lebih awet dan tidak mudah kotor. Penggantian sarung jok biasanya dilakukan jika jok standar mobil masih berbahan fabric/kain, kalau sudah berbahan kulit maka tidak perlu dilakukan pemasangan sarung jok.
Sarung Jok

4.     Ganti wiperblade dengan frameless
Wiperblade dengan model yang tanpa frame dapat meningkatkan kebersihan sapuan wiper, dibanding wiper blade bawaan dari mobil. Jadi tidak ada salahnya untuk mengganti dengan wiper blade frame less, dan usahakan cari dari merek yang sudah terkenal seperti Bosch atau HKS.
Wiper Blade Frameless - Bosch

5.       Ganti head unit aftermarket
Penggantian head unit biasanya dilakukan untuk yang kurang puas dengan head unit standar, misalnya head unit standar masih single din, mau diganti dengan head unit yang touch screen yang fiturnya lebih banyak dibandig head unit standar.
Rekomendasi saya kalau mau mengganti head unit, jika bukan penggemar kualitas audio dapat memilih head unit oem, alias head unit aftermarket yang soket dan ukurannya sudah disesuaikan dengan ukuran pada tempat head unit standar jadi tidak ada potong-potong atau jumper kabel yang dapat membahayakan kelistrikan mobil.
Kalau Anda penggemar audio yang berkualitas bisa melirik head unit dari merek ternama seperti pioneer, kenwood, sony dan lain-lain.
Head Unit Oem

6.     Pasang audio berkualitas/upgrade audio
Step yang ini biasanya tambahan kalau sudah upgrade head unit dan dirasa masih ada yang kurang, pemilik bisa mengganti speaker standar dengan speaker yang lebih baik, ditambah dengan penambahan subwoofer, power, tweeter dan perangkat audio lain.

Audio Pioneer
7.     Pasang DRL (Day Time Running Light)
Memasang DRL tidak perlu dana besar, banyak yang menjual DRL after market dengan harga yang tidak mahal dan juga pemasangannya sangat mudah.
DRL

8.     Berikan pelindung cat nano coating
Perlindungan cat dengan teknologi nano coating dapat menjaga cat mobil supaya lebih awet, tidak mudah pudar, selalu mengkilat dan tahan terhadap cuaca. Bahkan ada juga yang mengklaim dapat memperkuat cat dari goresan-goresan ringan.
Nano Coating

9.    Meningkatkan performa mesin skala kecil:
a.       Pasang filter udara racing
b.      Busi iridium
Untuk seorang car enthusiast pemula, selain eksterior dan interior yang sudah ditingkatkan, perlu juga untuk lebih meningkatkan kinerja mesin, caranya dapat dengan memasang air filter/saringan udara racing dan busi iridium. Banyak merek air filter racing yang beredar di pasaran, sebagai contoh ferrox dan apex, dan untuk busi iridium ada dari merek NGK dan denso.

Air Filter Ferrox - Oto DIY
Level menengah
Bagi yang sudah memodifikasi semua yang ada pada level modifikasi pemula, maka sebagai pemilik mobil yang masih merasa kurang pada estetika dan kenyamanan mobilnya akan melakukan modifikasi lanjutan, yaitu:
1.     Pasang body kit
Body kit pada mobil dapat membuat seakan mobil yang dipakai beda dibanding mobil sejenis yang ada di jalan, bisa meningkatkan kepedean dibanding tidak menggunakan body kit, meskipun kalau mobil sudah pakai body kit maka membawa mobil harus ekstra hati-hati karena ground clearance semakin kecil.
Body Kit TRD

2.     Ganti velg aftermarket
Velg standar untuk sebagian orang bisa jadi kurang sesuai dengan harapan si pemilik, pemilik mobil lalu mengganti dengan velg yang berukuran lebih besar dan bentuk yang lebih menarik. Penggantian velg after market merupakan selera pemilik mobil, ada yang seleranya sporty, dan ada juga yang seleranya elegan.
Veleg After Market

3.     Memendekkan suspensi/per supaya ceper
Sudah ganti velg after market tetapi pas dilihat-lihat, celah antara ban dengan bibir fender masih terlalu jauh maka paling pas adalah memendekkan suspensi/per supaya mobil terlihat lebih ceper dan antara velg after market dan body mobil menjadi lebih proporsional.
Saran kami jangan memendekkan suspensi terlalu pendek, karena dapat mengurangi kenyamanan apalagi jalan di kompleks banyak terdapat polisi tidur yang ukurannya besar-besar.
Mobil Ceper - Tribunnews

4.     Ganti lampu depan dengan lampu HID Projector
Lampu halogen bawaan mobil kinerjanya dianggap kurang terang bila dibanding lampu mobil yang sudah bersistem projector HID, jadi perlu untuk diupgrade menjadi projector HID. Saran kami adalah gunakan model terbaru yaitu HID Projector Auto Levelling yang dapat menyesuaikan sorot lampu projector berdasarkan kontur jalan. Perlu disiapkan dana berlebih untuk mengganti lampu depan dengan HID Projector.
HID Pojector - HID Retrofit Kit
 5.    Meningkatkan performa mesin skala menengah:
a.       Pasang Dastek/Piggyback
b.      Setting mesin di Dinamometer
c.       Upgrade mesin di engine specialist
Bila mengganti air filter dan busi dirasa kurang cukup, pemilik bisa meningkatkan kinerja mesin dengan memasang Dastek/Piggyback pada modifikator mesin yang handal agar power dan torsi mesin meningkat lebih banyak.
Dastek - modifikasi.com
Berlanjut ke Part 2 (Level Atas)

 
Copyright © 2014 Persada.Co.Nr

Powered by Mafsyah