BREAKING NEWS

Selasa, 14 November 2017

Pengalaman belanja online dari luar negeri melalui gearbest.com

Dalam artikel ini saya mau share pengalaman saya pada saat membeli produk dari luar negeri, tepatnya produk dari negara Tiongkok.

Ceritanya saya sedang mencari kamera mobil atau Car DVR, dan tipe yang sudah saya dapat setelah mencari camera dvr yang tepat adalah Xiaomi Mijia Car DVR. Xiaomi Mijia Car DVR adalah pengembangan dari Xiaomi Yi Dash Cam yang telah lama ada di pasaran.

Gearbest

Xiaomi Mijia Car DVR


Kepinginnya sih kalau ada di tokopedia, bukalapak, lazada atau pun toko online lain dalam negeri dengan harga yang terjangkau, maka saya akan lebih prefer untuk membeli produk tersebut dari dalam negeri saja. Ternyata harga di pasaran dalam negeri setelah saya cek, kebanyakan di atas Rp. 800.000. 

Penasaran saya cek toko-toko online di luar negeri, diantaranya banggood dan gearbest, dan keduanya merupakan toko online asal tiongkok. Gearbest memberikan diskon yang cukup menggiurkan dimana harga Xiaomi Mijia Car DVR hanya $46,99, yang kalau dirupiahkan sekitar Rp. 638.519 dan sudah termasuk ongkir gratis dari China ke Indonesia. Kalau sekarang (14/11/2017) harganya bahkan lebih murah lagi, cuma $37,99 saja.

harga Xiaomi Mijia Car DVR di Gearbest
Kapan tanggal order?
Saya order dan chekout pemesanan pada tanggal 10 September 2017

Bagaimana pembayarannya?
Karena saya tidak punya kartu kredit, maka saya menggunakan fitur VCN BNI. Bagaimana caranya, banyak kok blog yang sudah berbagi pengalamannya.

Pengiriman pakai apa?
Pengiriman menggunakan SEAEXP, kalau di Indonesia namanya City Link Express
Estimasi sampai ke Jakarta kira-kira 5-7 hari

Bagaimana cara tracking order?
Kalau pengiriman lewat SEAEXP, langsung saja buka web City Link Express di sini.
Contoh hasil tracking:
tracking
Dari hasil tracking bisa dilacak, ternyata gearbest baru melakukan pengiriman pada tanggal 19 September 2017, dan sudah sampai di bea cukai pada tanggal 27 September 2017. Barang baru bisa keluar/lolos dari bea cukai pada tanggal 2 Oktober 2017, dan dikirim oleh kurir city link express tanggal 2 Oktober 2017, tetapi karena kata kurirnya alamat susah dituju maka dialihkan pengirimannya lewat kurir jne. Akhirnya barang sampai di saya pada tanggal 6 Oktober 2017.

Apakah kena biaya pajak/cukai?
Tidak, karena total invoice tidak lebih dari $50. Sekarang pembelian barang dibawah $100 tidak dikenakan bea cukai alias pajak.

Ada biaya lain?
Ya, City Link Express mengenakan biaya kurir sebesar Rp.30.000 dan saya harus bayar dengan cara transfer, kecuali kalau kurirnya sampai ke alamat dan bertemu langsung dengan pembeli baru bisa dibayar COD.

Bagaimana cara melacak barang kita di bea cukai?
Dengan tracking order yang sudah diberikan, kita bisa melacak barang pesanan kita di bea cukai, caranya akses aja web bea cukai ini.

Contoh tracking di web bea cukai
Semua barang yang masuk ke tanah air pasti akan ada di web bea cukai, di sini bea cukai mengecek apakah barang yang kita impor kena pajak atau tidak serta apakah barang yang kita impor boleh masuk ke tanah air atau tidak.

Jadi semenjak check out order hingga barang diterima, dibutuhkan waktu kurang lebih 27 hari. Kalau saya ambil kesimpulan dari tracking order, sepertinya waktu yang lama ada pada waktu pengiriman dari gearbest ke kurir dan dari kurir city link express ke rumah. Itu pun saya harus sering menelepon ke kantor City Link Express untuk menanyakan barang pesanan saya, karena saya tahu kalau barang sudah keluar dari bea cukai berdasarkan tracking order.

Tips:
  • Manfaatkan web tracking dari kurir dan juga web tracking dari web bea cukai supaya kita tidak penasaran.
  • Jangan berharap barang cepat sampai kalau order dari luar negeri, karena barang kita harus lewat bea cukai terlebih dahulu.
  • Total invoice harus dibawah $100 supaya bebas bea masuk.
  • Jangan membeli barang yang masuk dalam kategori red line jika tidak ingin barangnya disita bea cukai, untuk mengecek barang yang masuk kategori red line silahkan lihat web bea cukai. 
  • Pengiriman lewat kantor pos, biaya kurirnya lebih murah. Ada yang bilang biaya kurir pak pos hanya Rp.20.000.




Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Miss Evelyn mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Miss Evelyn mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Lady Mia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Miss Evelyn mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
teddy lisa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Mohammad Ismali mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
 
Copyright © 2014 Persada Blog

Powered by Mafsyah