BREAKING NEWS

Senin, 30 Juli 2018

Pengalaman: Asus Fonepad 8 mati total dan cara mengatasinya

Setelah menggunakan phablet alias phone tablet Asus Fonepad 8 selama 3 tahun, akhirnya mengalami juga yang namanya mati total.                                                                                            

Padahal bisa dibilang phablet asus tersebut tahan banting, sering dimainkan oleh anakku dan pernah jatuh secara tidak disengaja tetapi tidak mengalami masalah signifikan. Baterainya yang besar, awet untuk digunakan seharian.

Asus Fonepad 8
Kalau kalian mengalami kejadian seperti ini, jangan dulu berkecil hati apalagi berkeinginan mempensiunkan phablet asusnya. Usahakan untuk diperbaiki terlebih dahulu, coz spesifikasi phablet Asus Fonepad 8 masih bisa diandalkan bila dibandingkan dengan phablet-phablet terkini.

Karena penasaran, saya bawa phablet ini ke ITC Cempaka Mas  untuk diperbaiki, dan ternyata setelah dibongkar casing belakangnya ada bagian kabel yang terlihat terbakar. Kabel tersebut adalah kabel flexibel yang menghubungkan motherboard ke layar LCD sehingga itulah bagian yang meny ebabkan phablet asus saya ngeblank.

Teknisi menyarankan untuk mengganti kabel flexibelnya, dan saya pun sudah setuju untuk dilakukan penggantian, akan tetapi setelah dicari-cari di toko sparepart hp di sekitar tempat service, part tersebut tidak ada. Teknisi tersebut ternyata punya cara lain, yaitu menjumper kabel flexibel, teknisi akan mencari jalur kabel flexibel yang terputus,lalu mengganti jalur tersebut secara manual dengan kabel khusus. 

Setelah menunggu beberapa saat teknisi menjumper kabel flexibel yang putus tersebut, akhirnya selesailah perbaikan phablet saya. Alhamdulillah kini phablet Asus Fonepad 8 saya sudah dapat digunakan kembali secara normal, disertai garansi service selama 7 hari.

Kalau penasaran seperti apa bentuk kabel flexibel Asus Fonepad 8, seperti ini bentuknya, dan harganya murah, ada di tokopedia di kisaran 40 ribuan.

Kabel Flexible Asus Fonepad 8

Ciri kerusakan pada flexibel Asus Fonepad 8
1. Phablet masih dapat dicharge, bisa dilihat dari backgroud lcd yang terlihat menyala
2. Apabila diliat secara visual, ada bagian yang gosong di kabel flexibel


 
Copyright © 2014 Persada Blog

Powered by Mafsyah