BREAKING NEWS

Kamis, 16 Agustus 2018

Tips berhasil dalam event flash sale di Tokopedia

Booming flash sale memang sangat menggila, menjadikan sebagian kalangan yang tadinya gak suka belanja online tiba-tiba menjadi suka belanja online.

Bagaimana tidak, harga produk pada saat flash sale menjadi lebih murah hingga lebih dari 70%  dibanding harga normalnya. Contoh seperti pada gambar di bawah ini, kulkas dua pintu hanya seharga Rp.999.999 (dari harga Rp. 3.000.000) dan Xiaomi Band 2 hanya seharga Rp.99.999 (dari harga Rp.280.000).

Harga flash sale
Sebagian besar orang beranggapan bahwa cukup sulit untuk dapat bersaing mendapatkan barang yang dijual pada saat flash sale, karena harus bersaing dengan jutaan pengguna yang lain. Bisa dianggap benar juga ya gan, tapi kalau di awal sudah pesimis gimana mau menang flash sale gan. Kita harus tetap optimis, tentunya dengan bersiasat, melakukan persiapan yang matang dan menguji keberuntungan.

Untuk itu berikut tips dari saya untuk bisa menang dalam flash sale di tokopedia, karena berdasar pengalaman, saya sudah pernah berhasil mendapatkan barang lewat flash sale di tokopedia, kalau di merchant lain belum pernah berhasil.

Tipsnya gimana sih gan, coba deh disimak.
1. Siapkan internet yang cepat
Internet yang cepat sangat perlu gan, supaya bisa lebih cepat mengakses barang yang ingin kita beli. Kita harus lebih cepat dibanding calon buyer yang lain. Apalagi jumlah member tokopedia yang mencapai ratusan juta orang. 

Cara punya internet cepat gimana?
Siapkan handphone atau pc dengan akses internet tercepat saat ini, kalau di pc bisa memanfaatkan internet dengan jaringan internet fiber optik, atau cari wifi di sekitaran yang ngebut. Sementara kalau lewat hp ya silahkan hapenya yang support 4G atau 5G sekalian, ditambah provider GSM yang handal, jangan pilih provider GSM yang lemot dan internetnya suka ngadat.

2. Manfaatkan detik-detik pertama flash sale
Siagakan hp dengan sudah membuka halaman belanja flash sale, sehingga pada detik-detik pertama sudah dapat melakukan pembelian, kalau bisa sudah menentukan item apa yang ingin dibeli, jadi tidak scrol down lagi. Ingat .. semakin lama scrol down maka dapat dipastikan item barang tersebut sudah diambil oleh pembeli yang lain.

Mengapa di detik-detik pertama? biasanya pada detik-detik pertama server merchant tokopedia masih dapat diakses dengan mudah, lama-kelamaan server akan kepenuhan dan semakin sulit untuk mengakses situs tokopedia. 

3. Siapkan metode pembayaran yang tercepat
Kalau di tokopedia lebih aman bila kita mendeposit uang dalam bentuk saldo tokopedia atau toko cash, karena bisa langsung mendebet dari saldo tokopedia dan toko cash. Kalau melalui metode transfer, biasanya terkendala dari jaringan bank yang kadangkala lemot, dan gagal transaksi akibat waktu transfer yang kelamaan.

4. Tentukan alamat pengiriman yang utama
Kadangkala kita belum menentukan akan dikirim kemana barang yang kita beli, apakah akan dikirim ke rumah atau ke kantor. Kalau kita kelamaan memilih alamat pengiriman, maka dapat dipastikan kita akan kehabisan waktu dan gagal mendapatkan flash sale.

5. Pilih satu jenis barang saja
Kalau kita memilih lebih dari satu jenis barang, biasanya sering gagal dalam transaksi, karena salah satu item barang yang sudah kita masukkan dalam keranjang, stoknya tiba-tiba saja sudah habis. Hal ini menyebabkan kita gagal untuk melakukan proses chekout.

6. Segera melakukan checkout
Setelah menemukan barang yang cocok, segeralah melakukan chekout dan melakukan pembayaran. Jangan lihat-lihat item yang lain ya guys, karena pada saat chekout lumayan menguji kesabaran karena loading yang lama dan menyebabkan kehabisan waktu.

7. Pilih barang yang agak sepi peminat
Biasanya pembeli lebih banyak mengincar item barang yang paling gede diskonnya, bisa dilihat dari harga awalnya berapa menjadi berapa. Sebagai contoh hp atau barang elektronik yang sangat banyak peminatnya. Kalau mau dapetin barang itu harus sangat cepat, karena barang-barang tersebut lebih cepat terjual habis dibanding barang yang lain. 

Oleh karena itu kalau kita mau dapat barang lewat flash sale, kudu milih barang yang jumlah stoknya banyak dan agak kurang diminati. Tips ini saya pakai pada flash sale yang lalu, dimana saya mendapatkan Turtle Wax  Cleaner untuk mobil dari harga Rp.250.000 menjadi hanya Rp.25.000 saja. 

Semangat ya gan, mumpung di tanggal 15 s.d. 17 Agustus 2018 ini tokopedia lagi ngadain falsh sale  dua kali dalam sehari, di jam 9 pagi dan jam 9 malam, dalam rangka memperingati 9 tahunnya tokopedia.


Flash sale tokopedia

 
Copyright © 2014 Persada Blog

Powered by Mafsyah