BREAKING NEWS

Rabu, 07 November 2018

Mengukur tensi darah dengan menggunakan Jam Tangan Lenovo Watch X Plus

Blood Pressure



Tren perkembangan alat-alat kesehatan masa kini ternyata sudah sampai ke dalam gadget keseharian.

Sebagai contoh, Tensi Meter atau Sphygmomanometer yang biasanya hanya ada di klinik atau rumah sakit, kini sudah dijual belikan secara bebas dengan adanya Tensi Meter Digital. Siapapun dapat dengan mudah mengukur tekanan darah/tensi kapan saja dan dimana saja asalkan memiliki alat tensi meter tersebut.

Contoh Tensi meter digital:
Tensi meter digital
Sekarang ini, mengukur tensi darah tidak harus pula menggunakan Tensi Meter Digital seperti di atas. Cukup dengan menggunakan jam tangan pintar yang sudah support untuk mengukur blood pressure (tekanan darah).

Jam tangan apa saja yang sudah support pengukuran Blood Pressure?, salah  satunya adalah Lenovo Watch X daan Lenovo Watch X Plus.

Sebagai catatan, tidak semua jam tangan pintar yang dapat mengukur denyut jantung (Heart Rate) dapat juga mengukur Blood Pressure. Hal ini dikarenakan sensor untuk mengukur Blood Pressure berbeda jenisnya dengan sensor untuk mengukur Heart Rate.

Sensor Heart Rate dan Blood Pressure pada Lenovo Watch X Plus
Cara mengukur tensi pada Lenovo Watch X Plus
1. Melakukan kalibrasi
Cara melakukan kalibrasinya cukup mudah, disarankan memiliki alat Sphygmomanometer atau tensi meter.
  • Pilih menu Calibration di pojok kanan bawah, siapkan sphygmomanometer atau tensi meter digital.


  • persiapkan kondisi fisik, usahakan tidak melakukan kalibrasi atau pengukuran setelah baru saja melakukan olahraga atau setelah minum minuman beralkohol. Kondisi badan harus tenang, dalam keadaan duduk.


  • lakukan pengukuran tensi dan lihat hasil pengukuran pada tensi meter, kemudian masukkan hasil pengukuran. Sebagai contoh hasil pengukuran tensi saya pada tensi meter adalah 120/70. Setelah selesai klik tombol Calibration.



 
2. Melakukan pengukuran
Pilih menu Blood Pressure, dengan cara menekan tombol di sisi kanan jam, tekan terus hingga muncul opsi Blood Pressure. Setelah terlihat menu Blood Pressure lepaskan tekanan pada tombol, maka otomatis opsi Blood Pressure akan terpilih.
Menu Blood Pressure
 Selanjutnya, tahan lengan pada permukaan yang rata, bernafas dengan teratur dan tidak tergesa-gesa.

Lengan diluruskan

Tenang, dan tahan
Tunggu beberapa saat, bila pengukuran berhasil maka akan keluar hasil pengukuran tensinya. Sebagai contoh saya mendapatkan hasil pengukuran 128/85. Hasil pengukuran yang menunjukkan alhamdulillah normal, karena masih di bawah ambang batas yaitu 140/80.



Hasil pengukuran tensi pada Lenovo Watch X Plus tidak disarankan untuk dijadikan panduan dalam pengobatan, karena keterbatasan sensor untuk membaca Blood Pressure pada jam tangan.

Selisihnya sebenarnya tidak terlalu besar, sehingga dapat menjadi pengingat bagi saya bila sewaktu-waktu dibutuhkan pengukuran kapan saja dan dimana saja.

Contohnya kalau setelah makan makanan berlemak seperti tongseng, soto, buah durian dan sebagainya, bisa dipantau nih efek setelah memakan makanan tersebut, bila sekiranya menyebabkan tekanan darah naik, sebaiknya kita menghentikan makan makanan tersebut. Kemudian lanjut berolahraga untuk menjaga kondisi badan agar selalu fit.


 
Copyright © 2014 Persada Blog

Powered by Mafsyah