BREAKING NEWS

Jumat, 13 November 2020

Pilihan Android TV Box dari Xiaomi dan Review Mi Box S 4K

Bila di rumah ada TV biasa yang belum smart tv, jangan dulu disimpan di gudang ya gess, karena sudah terlanjur beli model TV yang sudah Smart TV.

Ada kok solusinya supaya tv lama di rumah bisa lebih berdaya guna ketimbang hanya untuk dijadikan tv analog, yaitu menggunakan android tv box, supaya tv yang belum smart tv menjadi android tv.

Di pasaran banyak sekali merek android tv box, dari yang termurah hingga yang termahal, dari mulai Z69 hingga Nvidia Shield TV, dari kisaran Rp. 200 ribuan hingga yang berharga di atas Rp. 7 jutaan. Hal ini bergantung dari spesifikasi dari android tb box itu sendiri, dari prosesor yang digunakan, kapasitas RAM, kapasitas ROM dan fitur-fitur yang ditawarkan. Semakin besar RAM dan ROM, maka android tv box dapat menjalankan aplikasi yang lebih berat dan dapat diinstal aplikasi yang lebih beragam.

Akan tetapi berhubung penulis adalah mi fans sejati, dengan banyak koleksi gadget besutan dari xiaomi, maka pilihan yang penulis rasa paling worthed it atau setimpal adalah yang bermerek xiaomi.

Ada beberapa android tv box besutan xiaomi, diantaranya adalah:

Mi Box S


Mi Box 3 


Mi TV Stick


 
Di pasaran, untuk mi tv stick biasa dijual di kisaran harga Rp.465 ribu hingga Rp. 500 ribuan, untuk Mi Box 3 merupakan versi di bawah Mi Box S, dan di pasaran saat ini sudah cukup langka ditemui, lebih banyak yang menjual Mi Box S yang dijual dengan harga Rp. 765 ribu hingga Rp.1,8 juta bergantung dengan kapasitas memori eksternal yang ditawarkan.
 
Berikut perbedaan spesifikasi antara mi TV Stick dan Mi Box S 4K
 

 

Xiaomi Mi TV Stick

Xiaomi Mi TV Box S 4K

kapasitas RAM

1 GB

2 GB

kapasitas ROM

8 GB eMMC

8 GB eMMC

CPU

Quad-core Cortex-A53

Quad-core Cortex-A53 64 bit

GPU

ARM Mali-450

ARM Mali-450

Resolusi

1080p / 60 fps (1920 x 1080)

4K (3840 x 2160)

Konektifitas

HDMI / microUSB

HDMI 2.0 / USB 2.0 / 3.5 mm audio connector

Wi-Fi

802.11a / b / g / n / ac (2.4GHz / 5GHz)

802.11a / b / g / n / ac (2.4GHz / 5GHz)

Bluetooth

4.2

4.1

Audio codec

DOLBY / DTS

DOLBY / DTS

Audio format

MP3 / AAC / FLAC / OGG

MP3 / APE / FLAC

Video codec

VP9-10 / H.265 / H.264 / VC-1 / MPEG (1/2/4) / Real (8/9/10)

4K (60fps) / VP9 / H.264 / MPEG (1/2/4) / VC-1 / Real (8/9/10)

Format Video

RM / MOV / VOB / AVI / MKV / TS / MP4

RM / MOV / VOB / AVI / MKV / TS / MP4 / 3D

Format Gambar

JPG / BMP / GIF / PNG

JPG / BMP / GIF / PNG / TIF

Isi Paket

Produk/ remote control / mains supply / manual

Produk/ remote control / HDMI cable / mains supply / manual

Harga

Rp. 465 ribuan

Rp. 765 ribuan

 
Kelebihan Mi Box S dibandingkan dengan Mi TV Stick adalah kapasitas RAM yang 2 GB dan tersedia port USB dan Jack Audio 3.5 mm serta sudah mendukung resolusi 4K guna kenyamanan menonton film atau TV, apalagi bila disupport oleh TV yang juga sudah mendukung layar 4K.



Isi paket Mi Box S:
  • Mi Box S
  • Remote
  • Sarung remot
  • Kabel HDMI
  • Kabel power
  • Instruksi manual

 

Desain

 

 

Desain Mi Box S itu sangat kompak, ukurannya kecil, beratnya hanya 147.13 gram dan dimensinya 9,5 cm x 9,5 cm x 1,6 cm. Terdapat sebuah lampu LED di bagian depan yang menandakan bahwa Mi Box S dalam keadaan menyala. Untuk koneksi remote ke Mi Box S menggunakan interface bluetooth sehingga tidak mesti mengarahkan remote searah dengan Mi Box S.

Di bagian belakang terdapat port USB 2.0, HDMI 2.0 dan juga tersedia jack audio 3.5 mm. Ketersediaan jack audio 3.5 mm sangat mendukung apabila speaker aktif di rumah belum dilengkapi dengan bluetooth.

Untuk tombol-tombol di remotenya sangat sederhana, hanya ada tombol power, tombol untuk aktivasi voice command, joystick, tombol aplikasi, tombol back, tombol volume dan tombol shortcut ke aplikasi netflix dan prime video.

 

Instalasi

Untuk melakukan instalasi awal cukup mudah, dimulai dengan menyalakan device, lalu memilih sumber video TV ke jalur HDMI, lalu setting internet melalui wifi. Setelah tersambung dengan akses internet, langkah berikutnya adalah menyetting android tv untuk mendapatkan akses ke layanan google apps.

Cara mudahnya adalah dengan sinkronisasi antara handphone dengan Mi Box S, yaitu dengan mengetikkan android.com/setup pada halaman browser di handphone, dengan ketentuan menggunakan wifi yang sama antara handphone dengan Mi Box S.


Setelah muncul halaman di atas, tinggal masukkan kode yang akan muncul dari TV atau Mi Box S, setelah itu tinggal ikuti proses sinkronisasi hingga selesai.




Pada halaman utama, sebagaimana android tv pada umumnya, terdapat menu apps favorit, youtube dan netflix. Untuk menambahkan aplikasi baru dapat menambahkan aplikasi melalui google play store.
 
Performa
Kemampuan Mi Box S untuk memainkan game berat sepertinya adalah penggunaan yang berlebihan atau bukan peruntukannya, karena berdasarkan pengujian hasil skor antutu Mi Box S tidak terlalu baik yaitu di angka 31 ribu saja.



Fitur-fitur Android TV:
 
1. Menonton Youtube
Fitur utama android TV sudah dapat menampilkan video youtube di halaman utamanya.

2. Menonton Film melalui aplikasi film online
Banyak pilihan aplikasi untuk menonton film secara online, dari mulai yang berbayar seperti Netflix, ada juga yang gratisan seperti Iflix.

3. Menonton channel TV online
Apabila sebelumnya kita hanya dapat menonton tv dengan frekeunsi analog, sekarang sudah mulai ditingggalkan menuju tv online. Sudah banyak stasiun tv yang tersedia melalui jaringan streaming sehingga bisa diakses melalui internet. Aplikasi untuk menonton tv online banyak pilihannya, kalau saya lebih suka antar muka aplikasi vidio untuk menonton tv secara online. Kelebihan lain dari tv online juga adalah kualitas gambar yang sangat baik, bisa diatur resolusi yang diinginkan tergantung kecepatan dari akses internet di rumah.
 
Fitur ini saya yakin idaman para emak-emak yang gabut menunggu waktu kedatangan suami tercinta, sambil nunggu suami enaknya nonton serial di indosiar sambil bernyanyi... kumenangis membayangkan.... hehe..

4. Chromecast
Android box Mi Box S sudah mendukung chromecast sehingga bisa menampilkan layar pada smartphone di layar tv. Caranya instal aplikasi google home di play store, sehingga semakin memberikan hiburan bagi kita di saat sedang gabut-gabutnya.

5. Memilih video youtube via smartphone dan memutar via tv
Fitur ini memungkinkan kita memilih video yang ingin ditonton melalui hape, kemudian kalau cocok kita pindahkan tampilan layar youtube ke layar tv supaya tampilannya lebih besar. Fitur ini tersedia dalam aplikasi google home.

6. Menjadikan tv sebagai walpaper
Saat android tv tidak digunakan beberapa waktu, maka akan muncul walpaper sehingga menjadikan tv sebagai lukisan yang dapat mempercantik desain interior rumah kita.

7. Konsol Game
Ini juga fitur yang sangat bermanfaat bagi kita yang sedang gabut berat, karena bosan main game di hape yang ukuran layarnya kecil. main game di layar tv ini memiliki kepuasan tersendiri, selain suara yang besar juga lebih puas dengan kualitas layar tv yang ciamik. Banyak game yang dapat dimainkan di android tv, mulai dari asphalt 8 hingga game-game lain yang terdapat pada play store.

 
Copyright © 2014 Persada Blog

Powered by Mafsyah