BREAKING NEWS

Rabu, 18 November 2020

Kiat memilih dan membeli Toyota Vios Limo Gen 3 Eks Taxi - Dijamin Puas

Toyota Vios merupakan mobil yang paling lama menggunakan mesin berkode 1NZ-FE yang berkubikasi 1500 cc. Mesin yang terkenal tangguh, irit bahan bakar dan mudah dalam perawatannya, selain itu interiornya juga terbilang nyaman.

Saking handalnya Toyota Vios, maka dibuatlah versi standarnya yaitu Toyota Vios Limo, yang umum digunakan oleh perusahaan taksi sebagai armada taksi utama dengan mengurangi fitur-fitur yang terdapat pada Toyota Vios sebagai contoh tanpa rem ABS, penggunaan velg kaleng, naik turun kaca secara manual dan tanpa head unit yang lebih lengkap. 

Toyota Vios yang kemunculannya dimulai di Indonesia sejak tahun 2003, sampai dengan saat ini telah sampai pada generasi ketiga. 

Generasi ketiga (2013-sekarang)

Vios gen 3, sumber: wikipedia


 

Generasi kedua (2007-2013)

Vios gen 2, sumber: wikipedia
Generasi pertama (2003-2007)

Vios gen 1, sumber: wikipedia

Seringkali untuk orang awam akan kebingungan membedakan mana yang Toyota Vios dan Totota Limo, berikut perbedaan antara Vios dan Limo:


Kelengkapan Toyota Vios E M/T Toyota Limo
Velg Velg Alloy Velg Kaleng
Kaca Power Window Model Engkol
Sistem pengereman rem depan cakram
rem belakang cakram
rem depan cakram
rem belakang tromol
Kaca Spion Auto Retract manual
Foglamp ada  tidak ada
Sein LED pada spion ada  tidak ada
Remote audio pada stir ada  tidak ada
Peredaman suara di dalam kabin lengkap tidak lengkap
Warna doortrim kombinasi hitam dan beige hitam
Sistem keamanan dilengkapi ABS, EBD belum dilengkapi ABS
SRS Airbag SRS Airbag (limo gen 3)
Immobilizer belum Immobilizer

 

Di tahun 2020 ini mengingat pandemi covid-19 banyak perusahaan taksi yang mengurangi armadanya yang beroperasi, dan juga sejak kemunculan Toyota Limo gen 3 di tahun 2013, maka otomatis sudah berusia 5 tahunan lebih, sehingga perusahaan taksi mulai mengganti armadanya dengan mobil baru dan melepas armada taksi yang lama.

Sehingga saat ini jumlah Toyota Limo Gen 3 yang berada di pasaran dan dijual oleh pool taksi semakin banyak dan melimpah, dan otomatis harga juga menjadi semakin terjangkau. Eks taksi yang dijual tidak cuma ex blue bird, ada juga dari pool express, taksi primajasa dan lain-lain.

Berdasarkan survey yang penulis lakukan di beberapa pool taksi blue bird, dengan budget Rp. 67, 5 juta, kita sudah dapat membawa pulang Toyota Limo tahun 2013, sementara untuk yang tahun 2014 dijual di kisaran Rp. 72,5 juta.



Ini limo gen 3 versi standar gan, yang 67,5 juta, gimana tertarik gak?

 

Dengan budget tersebut, kita sudah mendapatkan taksi blue bird yang sudah dicat ulang dengan sistem oven, mesin dan kaki-kaki yang sudah diperbaiki, dan plat hitam atas nama PT. Untuk tipe standar tersebut, bukan berbentuk bahan yang perlu untuk diperbaiki terlebih dahulu agar bisa dipake jalan. Hanya jika ingin lebih nyaman dan lebih enak dipandang dengan tambahan modifikasi perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Jika ingin menambahkan kenyamanan Toyota Limo yang sudah dibeli, tinggal siapin deh dana lebih untuk modifikasi, misalnya untuk nambah power window, auto retract, fog lamp, custom jok, emblem vios, audio, dan velg racing.

Lalu, gimana sih dapatin Toyota Limo Gen 3 dengan kondisi terbaik? berikut adalah tipsnya ya guys.

Sebenarnya tipsnya dibagi 3 nih guys, yaitu:

1. Beli lewat penjual mobil eks taksi yang recomended atau terpercaya

2. Beli bekas taksi punya temen yang sudah dipakai dan sudah diperbaiki

3. Beli langsung lewat pool taksi yang recommended


Beli lewat penjual mobil eks taksi yang recomended atau terpercaya

Jika kelen masih pemula di dalam memilih mobil perteksian, mending jangan cari resiko deh, mencari sendiri di pool mana taksi yang masih bagus dan mana yang busuk. Manfaatin aja seller yang amanah yang recomended yang infonya banyak di media sosial. Gampang kok kalau jeli melihat mana yang amanah dan yang tidak, bisa dilihat aja testimoninya di kolom komentar dan bagaimana penanganan terhadap komplain dari konsumen.

Seller yang baik akan mencarikan eks taksi yang berkualitas alias almost perfect buat konsumennya dan juga memberikan jaminan garansi bagi setiap unit yang dijualnya. Gak kepengin kan, baru makai sebulan dua bulan, taksi mengalami kerusakan yang sangat parah, atau mayor, dan si seller tidak mau bertanggung jawab terhadap unitnya.

Pastikan juga surat-suratnya lengkap ya gess, karena ada beberapa user yang kesulitan memperoleh surat-surat kendaraannya, bahkan ada yang berbulan-bulan belum keluar juga surat-suratnya dari janji seller yang maksimal hanya dua bulan beres.

Kalau mau yang mudah, pastikan seller mengambil unit taksi eks blue bird karena taksi eks blue bird umumnya surat-suratnya lengkap dan ready dan jaminan unitnya terawat dengan kualitas blue bird.


Beli bekas taksi punya temen yang sudah dipakai dan sudah diperbaiki

Opsi ini lebih simpel dari yang atas nih gess, kalau kita punya teman yang kita tahu track recordnya sebagai car guys, alias penghobby otomotif, biasanya suka banget tuh modifikasi mobil, dan bisa aja biaya modifnya lebih mahal daripada harga mobil itu sendiri.

Temen macam car guy gini, biasanya sudah update apa-apa yang kurang dari tu mobil, mulai dari kaki-kaki yang sudah diremajain, mesin yang sudah ditune up, engine mounting yang sudah diganti part ori toyota, kaca film yang sudah diganti branded, velg yang sudah diganti HSR atau oem punya jazz, vios dan lain-lain, bahkan yang gila lagi yang sudah modif audio berpuluh-puluh jutaan.

Jika punya temen kek gini, bujuk aja gess, minta harga serendah-rendahnya dengan nada memelas, kan temen.... hehe...


Beli langsung lewat pool taksi yang recommended

Opsi ketiga ini yang butuh effort nih gess,  perlu ada usaha, ngeluarin duit tansport buat bolak-balik ke pool nyari unit yang terbaik.

pertama, buat list pool taksi blue bird yang masuk dalam jangkauan, semakin luas maka semakin baik, kalau bisa jabodetabek, tidak cuma pool di deket rumah aja, tapi prioritaskan ke pool blue bird yang armada taksinya paling banyak, sebagai contoh pool blue bird di japos ciledug, pool blue bird di narogong dan pool blue bird di mampang.

   

 

kedua, datangi masing-masing pool tersebut, dan cek unitnya langsung dengan mata kepala sendiri, bandingkan tidak hanya satu dua unit, kalau perlu lihat sepuluh unit sesuai warna yang dipingin, pilihannya ada warna hitam, mocca, silver innova reborn, merah dan putih mutiara.

loh kok tau, sampai pilihan warnanya, iyalah kan saya sudah survey ke pool blue bird, wkwkwk..

ragam eks taksi di pool narogong

eks taksi yang sudah dicat dan siap dijual di pool narogong
ketiga, apa sih yang dicek?

  1. body/eksterior
  2. mesin dan transmisi
  3. interior dan kelistrikan
  4. rem
  5. tes drive

1. Body/Eksterior

Kenapa ini jadi step pertama karena eksterior bakalan yang kalian temuin setiap hari, pastiin setiap lekukan bodinya utuh dan tidak ada yang penyok, catnya bagus, pintu-pintu, kap mesin, kap bagasi dapat ditutup sempurna, bukan bekas tabrakan atau bekas banjir, dan bemper baik depan atau belakang terpasang sempurna, tidak kendor atau kurang rapat. Cek juga kacanya pastikan masih layak, baret minim dan karet-karetnya masih kenyal alias belum keras bagai batu.

2. Mesin dan transmisi

Ini juga penting sekali, karena ini jantungnya mobil, walaupun eks taksi kilometernya sudah tinggi, bukan berarti mesinnya busuk semua loh gess, dengan perawatan terjamin dari blue bird banyak juga yang mesinnya masih bagus, masih halus dan minim masalah. Pintar-pintar aja cari unit yang bagus, bisa dilihat dari suara mesinnya, apakah masih halus atau kasar, kalau kasar skip aja cari unit yang lain.

Cek mesin dari kebocoran oli mesin, kalau sudah banyak bocornya skip aja, dan kalau kering boleh lanjut ke step yang berikutnya.

Terus juga cek dari getaran mesinnya, kalau sudah bergetar hebat ini tandanya mounting sudah kudu diganti, dan bakalan keluar duit lumayan, kalo ga salah mounting mesin kanan itu harganya Rp. 1,5 jutaan.

Transmisi yang perlu dicek itu pergantian giginya, halus atau kasar, dan cek kampas koplingnya kalau sudah dalam coba minta diganti ke mekanik blue bird untuk diganti, kalau dikasih ganti wah agan kudu bersyukur, sementara kalau ga diganti agan kudu banyak istigfar.

3. Interior dan kelistrikan

Step ini penunjang kenyamanan kita di dalam mobil dan juga supaya mata jadi tidak bawel melihat kekurangan terus di mobil eks taksi. Hal yang perlu dicek itu joknya apa masih bagus tidak sobek, dashboard tidak ada yang rusak parah, kisi-kisi ac yang masih utuh belum soak, plafon yang masih utuh dan tidak sobek, serta dicek juga di bawah karpetnya apa bekas banjir atau tidak, bisa dilihat apakah ada karat di balik karpet dasarnya.

kalau sudah di dalam mobil nyalain aja acnya, rasakan hembusannya, apakah nyelekit dinginnya apa tidak, kalau ga dingin coba minta diberesin ke mekaniknya, siapa tau sembuh dengan ditambah freon.

Kemudian cek semua kelistrikan di mobil, dari lampu-lampu, speedometer, tombol-tombol, wiper, central lock, dan lain-lain. Pastikan semua kelistrikan beroperasi normal dan kalaupun perlu diganti biayanya yang minim aja, misalnya cuma ganti bohlam lampu dalam misalnya, itu kan murah jangan juga gara-gara bohlam lampu kabin putus terus ga jadi ambil unitnya.

4. Rem

Cek rem ini mesti cek dengan dicopot keempat rodanya, kecuali rem depan bisa diangkat dengan lift, khusus rem belakang harus copot roda dan cek kampas rem belakangnya masih tebal dan tidak ada kebocoran jalur minyak rem.

5.  Tes Drive

Sesi ini adalah sesi penentuan, kalau step yang sebelumnya sudah aman dan beres atau dapat dimaklumi, maka sesi tes drive perlu indra perasa yang sensitif, dirasakan unitnya saat berjalan melintasi jalan yang rusak apakah ada bunyi2an dan coba juga saat belok apakah bunyi juga, dan rasakan bantingan suspensinya apakah masih lembut atau keras, kalau bantingannya keras pertanda shock breaker sudah ingin diganti.

Sesi tes drive juga perlu untuk di tol, untuk mengecek unit saat dibawa di kecepatan tinggi, apa bunyi gemuruh atau ada gejala stir narik ke kanan atau ke kiri atau getaran di stir saat di kecepatan tertentu. Ini berkaitan dengan kaki-kaki (tie rod, long toe rod, stabilizer, shock breaker dll), atau mobil perlu spooring dan balancing.

Finally kalau sudah diyakin unitnya aman dan bisa dimaklumi untuk dipinang, segera booking unit ke tim marketing pool blue bird untuk disiapkan surat-suratnya dan juga disiapkan mobilnya, dipoles kembali eksterior dan interiornya.

Taksi Toyota Limo gen 3

Sekian, semoga bermanfaat, dan mendapatkan unit eks taksi yang berkualitas dan awet dipakainya. Tarik maaaang....

 

 
Copyright © 2014 Persada Blog

Powered by Mafsyah