BREAKING NEWS

Selasa, 05 April 2022

Long Term Review KYB Zeto S Series with Spring Adjuster di Vario 150 ESP

Sebenarnya sudah cukup lama sudah memasang Shock KYB Zeto pada Honda Vario 150, perkiraan sudah 12 bulan berjalan. Akan tetapi karena kesibukan dan lain hal, baru kali ini dapat mereview dalam blog ini.

Berikut testimoni pemakaian Shock KYB Zeto pada Honda Vario 150 ESP

Pembelian

Saya membeli shock ini langsung ke toko online Astra Otoparts, dan dapat free ongkir. Ukuran panjang shock KYB Zeto dengan Spring Adjuster untuk Vario 150 sama dengan Vario 125 dan Beat FI yaitu 331 mm.

 

Spesifikasi:
 
KYB Zeto S Series dilengkapi dengan spring adjuster, dilengkapi dengan 5 (lima) tingkat setelan kekerasan, dalam paketnya juga disertai dengan tool untuk menyetelnya.

Tinggi shock KYB Zeto S Series adalah 331 mm, hampir sama dengan shock bawaan Vario 150 ESP yaitu 330 mm, jadi shock ini replaceable untuk yang tidak suka shock yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Review

Selama pemakaian pada Vario 150, saya cukup puas pada settingan di level 3, karena sering berboncengan dengan anak dan istri, yang kalau ditotal berat pengemudi dan penumpang bisa mencapai 194 kg.

Pernah coba di settingan level 1, shock terlalu mengayun karena terlalu empuk. Memang enak untuk dipakai sendirian, tetapi kalau berboncengan shock sering mentok.

Kalau settingan di level 5 apalagi, shock sangat keras, terasanya hampir tidak ada peredaman karena per jarak mainnya sangat kecil.

Di jalan yang kurang bagus, apabila ditemukan setelan yang cocok dengan berat penggunanya, shock ini cukup empuk dan stabil, tidak bikin pinggang sakit karena shock yang keras. Cukup nyaman juga saat melewati polisi tidur, tidak ada ayunan yang berlebihan.

Desain per yang rapat di atas dan renggang di bawah ternyata memiliki fungsi khusus, dimana per rapat ini agar shock tidak terlalu empuk saat dipakai sendirian, dan renggang di bawah agar bisa diatur kekerasannya dengan adjuster. 

Selama pemakaian tidak ada penurunan performa dari KYB Zeto S Series, masih cukup nyaman melibas jalan yang rusak dan polisi tidur yang merajalela di jalanan kompleks.

Kelebihan

Dengan penyetelan yang mudah, kita dapat menyesuaikan kekerasan shock dengan cepat, disesuaikan dengan kebutuhan, kalau lagi sendiri bisa dibuat empuk dan kalau berboncengan bisa dikeraskan sesuai dengan berat penumpang.

Recommended banget buat kamu yang mau menganti shock bawaan dengan shock aftermarket, intinya tidak hanya melakukan penggantian, tapi juga upgrade karena pastinya peredaman shock akan menjadi lebih baik dari shock bawaan, mengingat shock bawaan tidak dilengkapi dengan pengaturan kekerasan dan shock bawaan terkenal karena bantingannya yang cukup keras.


 
Copyright © 2014 Persada Blog

Powered by Mafsyah