BREAKING NEWS

Selasa, 05 Agustus 2025

Ganti Shock Honda CUV e: pakai Shock Aftermarket Yang Empuk

Bagi yang sudah mencoba Honda CUV e:, biasanya sudah merasakan bagaimana bantingan suspensi belakangnya yang cukup keras jika dipakai sendiri. Shock standar Honda CUV e: akan terasa nyaman jika digunakan berboncengan, sementara jika motor dipakai sendirian cukup membuat pinggang sakit saat melewati jalan yang berlubang dan bergelombang.

Shock standar


Makanya banyak user Honda CUV e: yang mengganti shock bawaan dengan shock aftermarket, untuk mengatasi keluhan tersebut.

Berikut tampilan Honda CUV e: yang telah menggunakan shock belakang aftermarket, semoga menjadi inspirasi bagi teman-teman.


Ohlins Tabung Bawah

KTC Razor Pro

YSS C Euro

DBS Copy Ohlins

YSS K Euro

Ohlins Tabung Atas

Ohlins Tabung Bawah

KTC Apex

RCB Flow Pro (ternyata tidak perlu coak body)


Terus sampean pake shock apa?

Kalau saya mengingat budget yang terbatas, saya lebih prefer shock yang tanpa tabung, karena pertimbangannya tidak terlalu suka menyetel shock, semakin banyak fitur, sebagai contoh setelan preload, rebound dan compression maka perlu setel ketiga hal tersebut, yang mungkin belum tentu juga mendapatkan setelan yang pas. Selain itu menurut saya shock belakang aftermarket yang pakai tabung itu terlalu over kill untuk penggunaan harian saja, yang bukan untuk touring antar kota antar provinsi.

Oleh karena itu pilihan saya jatuh pada KYB Zeto S series spring adjuster, untuk Honda Vario 150,  berukuran 330 mm, yang sebelumnya juga sudah saya pakai di Honda Vario 150 Led Old.

KYB Zeto S Series


Berikut penampakannya setelah dipasang:

KYB Zeto Spring Adjuster

Bagaimana rasanya?

Secara umum rasanya lebih empuk daripada shock belakang bawaan, shock KYB Zeto bisa disetel hingga 5 level, mau yang empuk banget atau keras, bisa disetel sesuai keinginan, misal kalau lagi boncengan maka biasanya saya setel di 2-3 klik ke kanan, jika sedang sendirian, maka kalau mau empuk bisa disetel di 1-2 klik. makin diputar ke kanan maka shock akan semakin keras, dan jika diputar ke kiri maka shock akan semakin empuk, ini sama dengan setelan preload untuk shock dengan tabung.


Gimana sih cara buka body belakang CUV e:?

Menurut saya, kalau hanya mau ganti shock belakang saja, gak perlu tuh repot-repot buka seluruh body belakang CUV e:, gini cara cepatnya:

  • Buka behel belakang dengan kunci shock ukuran 12
  • tarik cover body atas yang ukurannya kecil di atas lampu belakang, caranya tinggal tarik ke belakang, ini tak ada baut yang mengikat, hanya kuncian geser saja
  • buka skrup body belakang yang terlihat setelah penutupnya dilepas
  • buka skrup di body bawah dekat shock belakang
  • cungkil sedikit bagian body belakang yang berdekatan dengan shock, ingat jangan pakai benda tajam, usahakan pakai pencungkil plastik supaya tidak merusak body plastik
  • selipkan tangan dan kunci shock berukuran 14 untuk melepas baut atas shock
  • buka baut bawah shock dengan kunci berukuran 12 


 
Copyright © 2014 Persada Blog

Powered by Mafsyah