BREAKING NEWS

Kamis, 21 Januari 2016

Era Keyles Entri + Immobilizer mulai merambah sepeda motor

Seperti kita ketahui, teknologi alarm berkembang sangat pesat di dunia roda empat alias mobil. Banyak perkembangan-perkembangan baru dari sisi teknologi pengamanan/security mobil pada jaman sekarang. Dahulu kala kita masih menggunakan kunci manual kemudian karena kemajuan teknologi lalu beralih menjadi electronic lock dan unlock system. Memberikan kemudahan bagi kita untuk tidak mencolok/memutar kunci saat akan membuka pintu mobil, cukup menekan tombol pada remote control alarm. Inilah yang dinamakan dengan Alarm Key Less Entry.

Alarm Key Less Entry

Teknologi kemudian berlanjut dengan Alarm Smart Entry. Dengan teknologi ini kita tidak perlu lagi menekan tombol pada remote control alarm untuk membuka atau menutup pintu mobil, cukup dengan mengantungi modul remote dan buka pintu seperti biasa. Bahkan anak kuncinya disembunyikan dalam modul remot, hanya digunakan pada saat tertentu misalnya remote bermasalah atau batere remot habis. 

Smart Entry Toyota

Kedua system alarm diatas merupakan cara untuk mencegah terjadinya pencurian kendaraan bermotor selain untuk mempermudah penggunaan sistem penguncian kendaraan. Akan tetapi system tersebut masih belum ampuh untuk menghalangi tindakan pencurian jika belum dilengkapi dengan immobilizer. Immobilizer adalah suatu sistem keamanan mobil yang akan melumpuhkan mobil apabila digunakan kunci kontak yang salah untuk menghidupkan mesin. Immobilizer terintegrasi dengan komputer yang mengelola pengapian mesin yaitu ECU (Electronic Control Unit). Sehingga amat mustahil menyalakan mesin bila menggunakan kunci kontak yang tidak sesuai kecuali dengan cara melumpuhkan ECU mobil.

Immobilizer System


Sejatinya teknologi alarm di atas, mudah diaplikasikan juga pada sepeda motor mengingat pabrikasi sepeda motor sebenarnya tidak lebih rumit dibanding mobil. Sepeda motor standar pabrikan yang sudah menerapkan teknologi alarm pada sepeda motor seakan setengah hati. Ini bisa dilihat dari fiturnya yang sangat-sangat terbatas, sebagai contoh pada Honda Vario 150 ESP yang beredar saat ini yang memiliki fitur Answer Back System, fitur ini hanya mempermudah kita untuk mencari motor di kereumunan parkiran motor, itu saja tidak lebih dari itu.

Kunci Honda Vario 125/150 ESP
Lalu yang baru saja dilaunching saat ini yaitu Yamaha New Fino 125 memiliki fitur Answer Back System ditambah lagi dengan Auto Open Key Shutter. Fitur ini hanya menambahkan dari yang dimiliki Honda Vario 125/150 ESP sehingga pemilik Yamaha Fino 125 bisa membuka penutup Secure Key Shutter dengan menggunakan remote.

Advanced Key System

Di negara tetangga, tepatnya di Vietnam, Honda sudah menyematkan sistem keamanan yang lebih canggih pada Honda PCX 125 serta beberapa lineup baru mereka. Sistem ini seperti halnya immobilizer pada mobil ditambah fitur push start button. Pengguna motor tidak perlu memasukkan kunci motor sama sekali, cukup dengan mengantungi kunci motor lalu putar knob yang berfungsi seperti layaknya key untuk menyalakan motor.
 
Smart Key Hodan PCX 125

Remote Key
Jika kunci berada diluar radius dari immobilizer yang disematkan pada motor, maka kelistrikan motor akan langsung mati.

 
Copyright © 2014 Persada.Co.Nr

Powered by Mafsyah