BREAKING NEWS

Jumat, 15 Juli 2016

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, calon mobil idaman keluarga muda

Beberapa minggu belakangan, santer terdengar kabar bahwa Toyota dan Daihatsu akan mengeluarkan lagi unit baru untuk kelas LCGC mereka.

Disinyalir unit ini dibuat untuk melawan dominasi dari Datsun Go+ (Go Plus), yaitu untuk mengakomodir penyuka mobil 3 baris (7 penumpang). Unit yang dimaksud adalah Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Direncanakan kedua unit tersebut sudah dapat dipesan pada bulan Agustus 2016, bisa saja dilaunching pada event GIIAS 2016 nanti.

Daihatsu Sigra

Toyota Calya
Secara tampilan, keduanya memiliki basis yang sama. Mungkin jika melihat di bagian depan, perbedaannya terlihat pada desain bumper. Bumper depan Daihatsu Sigra dibedakan dengan arah grill yang besar di atas tetapi kecil di bawah, sebaliknya dengan Toyota Cayla, desain grilnya amat mirip dengan Toyota Avanza Veloz.

Toyota Avanza Veloz
Untuk Daihatsu Sigra, logonya memiliki desain baru yaitu seperti bentuk huruf S, sedangkan Toyota Calya tetap menggunakan logo yang lama yaitu burung Garuda.

Mari kita membahas dari sisi interiornya terlebih dahulu.

 
Interior Toyota Calya
Interiornya berdasarkan gambar di atas, menunjukkan bahwa Toyota Calya dapat memuat 7 penumpang, dan tidak cuma slogan 5+2 seperti mobil tetangga sebelah. Dapat dilihat bahwa kursi menggunakan bahan Fabrik yang cukup tebal, dan boleh dibilang sama tebalnya dengan Toyota Avanza. Hal yang dapat dilihat juga adalah head rest pada baris pertama tidak dapat disetel karena modelnya sama seperti Toyota Agya. Sepertinya juga kursi di bagian tengah sudah menganut Isofix, terlihat dari seat belt yang diposisikan di bagian atas tengah.

Berdasarkan informasi dari Toyota, penyetelan kursi sudah menganut One Touch Tumble sama halnya dengan Toyota Avanza, jadi sangat memudahkan untuk mengatur kursi.

Dashboard dan Stir Toyota Calya
Lanjut ke bagian dashboard, ternyata tuas transmisi diposisikan di bagian dashboard, tidak lagi disamping kursi sopir. Tentunya hal ini membuat baris pertama lebih lapang, dan lebih leluasa untuk berganti posisi dari kursi penumpang ke kursi pengemudi dan sebaliknya. Untuk rem tangan kemungkinan jika dilihat dalam gambar, bisa saja diposisikan dalam bentuk rem kaki karena tidak terdapat tuas rem tarik seperti halnya Datsun Go+.

Speedometer seperti terlihat dalam gambar terdapat indikator putaran mesin, kecepatan mobil dan MID. MID yang terdapat pada Toyota Agya dapat melakukan penyetelan ECO Drive, menampilkan trip meter dan juga konsumsi BBM, sepertinya pada Toyota Calya akan sama seperti Toyota Agya.

Spesifikasi Toyota Calya, berdasarkan sumber di sini
- Mesin 3NR-VE 1.200 cc Dual VVT-i 
- Power 88 ps / 6000 rpm
- Torsi 108 Nm/ 4400 rpm
- Transmisi 5 MT/4 AT
- Penggerak roda depan  (FWD)
- Drive by Wire
- Dual SRS Airbags
- 3 point seatbelt
- ISOFIX seat
- ABS-EBD (Kecuali tipe E)
- Alarm dan Immobilizer

Nah, komplit bukan spesifikasinya bahkan sudah dilengkapi airbag dan ABS, padahal masih dalam kelas LCGC, benar-benar sangat menarik untuk dimiliki. Hemmm.

Untuk harga, berada di kisaran Rp. 129 juta sampai dengan Rp. 149 juta. Masih dibawah range Toyota Avanza, jadi masih dapat dijangkau oleh keluarga muda.

Bagi yang ingin melihat video Daihatsu Sigra, dapat melihat di bawah ini.


 
Copyright © 2014 Persada.Co.Nr

Powered by Mafsyah