BREAKING NEWS

Senin, 14 Agustus 2017

Review Busi Iridium pada Daihatsu Ayla 1.0

Setelah menimbang dan memperhatikan kesuksesan teman-teman setelah menggunakan busi iridium pada kendaraannya, saya pun memutuskan untuk ikut mencoba juga pada Daihatus Ayla saya.

Berdasarkan pada hal tersebut, saya mulai mencari tipe busi iridium yang cocok dengan mesin 1KR-DE berkapasitas 998 cc. Busi yang cocok untuk Daihatsu Ayla adalah Denso bertipe IXUH 22, banyak yang sudah mencoba dan merasa puas dengan busi tersebut.

Denso IXUH22
Busi Denso IXUH 22 selain cocok untuk Daihatsu Ayla dan Toyota Agya juga cocok untuk mesin All New Kia Picanto dan Hyundai Grand Avega.

Saya order busi Denso IXUH 22 lewat toko online tokopedia, dan dapat harga Rp. 81.000 per busi, dan berhubung jumlah silinder 1KR-DE ada tiga silinder, maka dibutuhkan tiga buah busi. Jika ditotal ternyata lumayan juga harganya ya, walau lebih murah dibanding mobil bermesin 4 silinder.

Memasang busi iridium
Memasang busi iridium pada Daihatsu Ayla sangat mudah, syaratnya harus punya kunci busi berukuran 16 mm, sama dengan ukuran busi sepeda motor. Lebih mudah dengan kunci busi yang dilengkapi magnet supaya dapat menarik busi keluar dengan mudah.

1. Angkat corong air intake ke atas, dan tidak perlu dilepas
2. Buka koil di setiap silinder dengan kunci shock 12 mm
3. Copot dan pasang busi iridium dengan kunci busi 16 mm

Review
Akselerasi setelah memasang busi iridium meningkat, mesin menjadi lebih responsif, lebih cepat menggapai kecepatan tinggi, dan saya sudah mencobanya juga di dalam tol. Secara umum terdapat peningkatan akselerasi, sehingga digas sedikit mesin langsung ngacir alias melesat.

Setelah menggunakan busi iridium, harus diingat bahwa busi iridium adalah maintenance free alias tidak perlu dibersihkan, jadi sewaktu service tune up harus diingatkan kepada teknisi agar tidak perlu membersihkan busi lagi karena sudah menggunakan busi iridium. Busi iridium juga masa pakainya lebih panjang jika dibandingkan dengan busi standar, busi iridium bisa digunakan hingga 50.000 km.



 
Copyright © 2014 Persada Blog

Powered by Mafsyah