BREAKING NEWS

Senin, 14 Agustus 2017

Tipe dan Spesifikasi Motor 250 cc yang berpotensi Laris di Indonesia

Honda CBR 250RR Repsol
Ada lima tipe motor berkubikasi 250 cc buatan pabrikan yang beredar di Indonesia saat ini, yaitu:
1. Sport
    Motor yang berfairing masuk dalam kategori ini.
2. Naked
    Motor tanpa fairing yang biasanya basisnya sama dengan motor sport.
3. Touring
    Motor yang idealnya sebagai penjelajah, nyaman untuk digunakan dalam perjalanan jauh.
4. Scooter
    Ini merupakan skuter matik yang berkubikasi besar.
5. Trail
    Motor untuk lintasan offroad.

Jenis motor yang biasanya merajai penjualan di kelas 250 cc adalah jenis sport, motor sport biasanya merupakan motor impian remaja dan anak muda.

Penjualan motor sport 250 cc di Indonesia entah kenapa akhir-akhir ini sedang mengalami penurunan. Mungkin saja karena kebanyakan pengguna motor sport 250 cc sudah mengalami kejenuhan dan ingin beralih ke motor bergenre lain, entah skuter berkubikasi besar atau mungkin motor bergenre touring.


Walaupun penjualan motor sport menurun, akan tetapi saat ini rajanya motor sport 250 cc menurut saya masih dikuasai oleh Honda CBR 250 RR, dengan fitur Throttle by wire, suspensi upside down dan juga rem ABS yang disematkan pada tipe tertinggi. Akan tetapi harganya bisa dibilang over price (untuk tipe tertingginya) yang mencapai 72 juta rupiah. Harga tersebut bagi sebagian pengguna motor sport 250 cc sudah mendekati atau bahkan melewati harga psikologis tertinggi untuk sebuah motor sport 250 cc. Sebagian banyak yang berfikir daripada beli motor yang berharga segitu mungkin lebih baik beli motor sport seken 500 cc yang mungkin saja ada yang menjual di kisaran 80 jutaan.

Dari sisi pabrikan memang berlomba-lomba untuk memberikan spesifikasi tertinggi untuk motor sport 250 cc nya, karena rata-rata pembeli motor sport 250 cc di Indonesia banyak pengennya. Pembeli di Indonesia kebanyakan menginginkan spesifikasi motor sport 250 cc yang canggih dan segudang fitur sementara soal harga juga gak boleh mahal-mahal amat, harus masuk akal dan dapat dijangkau pembeli di Indonesia.

Kalau menurut opini saya memiliki motor sport itu menyulitkan untuk digunakan harian, kekurangannya antara lain:
1. Ketiadaan bagasi
Hampir semua motor sport tidak memiliki bagasi untuk menyimpan barang, padahal itu sangat diperlukan, minimal untuk membawa jas hujan. 

2. Posisi riding tidak nyaman
Posisi riding kebanyakan motor sport adalah menunduk sehingga membuat badan dan tangan cepat pegal, apalagi kalau sering melalui jalan yang padat. 

Seperti kita ketahui Yamaha telah meluncurkan skuter berkubikasi 250 cc barunya, yaitu Yamaha Xmax, yang sejak awal peluncurannya telah menarik banyak minat pembeli. Terlihat dari larisnya inden melalui online walaupun secara harga mencapai 55 juta rupiah yang mana merupakan range harga motor sport 250 cc.

Yamaha Xmax

Yamaha Xmax hadir dengan spesifikasi yang mumpuni dan sudah menjadi fitur standar, bukan lagi fitur tambahan atau opsional. Fitur standarnya sudah meliputi rem ABS, dan Traction Control. Beda dengan motor sport 250 cc kebanyakan, yang menghadirkan rem ABS hanya pada tipe tertinggi.

Untuk saat ini, jika saya diminta memilih tipe motor ber cc 250, saya akan memilih motor skuter karena banyak memberikan kemudahan, dari sisi bagasinya yang besar, posisi duduk yang nyaman, serta mudah digunakan sehingga sangat cocok dengan kebutuhan harian. Sebelumnya pernah merasakan punya motor kopling selama beberapa tahun, dan itu cukup melelahkan di tengah kondisi kemacetan yang semakin parah.

Tren motor 250 cc sepertinya akan beralih ke motor skuter, dalam waktu dekat bisa saja pabrikan lain menyusul Yamaha dengan Xmaxnya. Honda disinyalir akan mengeluarkan Honda Forza 250 untuk membendung larisnya Yamaha Xmax.
Honda Forza 250 ?

Apa sih spesifikasi motor 250 cc yang diinginkan?
1. Mesin berteknologi canggih
Kalau bisa spesifikasi mesinnya:
- Mesin 4 silinder supaya getaran mesin halus dan rpm maksimal bisa mencapai 15.000 rpm.
- Sistem katup variabel, VTEC pada Honda, atau VVA pada Yamaha untuk lebih memaksimalkan tenaga mesin.
- Sistem Idling Stop/Smart Stop System, untuk menghemat BBM, dimana mesin mati saat motor berhenti dalam beberapa detik.
- Teknologi drive by wire supaya dapat disetting riding mode, mau santai pakai mode comfort,  dan mau kencang bisa pilih mode sport.

2. Smart Transmission
Sistem transmisinya canggih, seperti halnya pada mobil dimana ada fitur tiptronic untuk pengaturan perpindahan gigi secara manual atau otomatis, hanya dengan sentuhan jari.

3. Bagasi besar
Bagasinya bisa menampung dua buah helm full face, juga di lain waktu dapat menyimpan barang-barang belanjaan dari Carrefour, giant dan sebagainya.

4. Suspensi nyaman
Suspensi kalau bisa senyaman mungkin, dapat meredam getaran jalan secara maksimal, malah kalau bisa pakai adaptive suspension seperti halnya terdapat pada mobil-mobil mewah.

5. Aman dari maling
Motor sudah dilengkapi dengan alarm plus immobilizer sehingga tidak dapat dicuri, juga sistem key less untuk mempermudah pengoperasian tanpa repot memasukkan kunci terlebih dahulu.

6. Sistem pengereman ABS dan Kontrol Traksi
Sistem pengereman sudah ABS dan dilengkapi dengan kontrol traksi untuk menjamin keamanan dalam berkendara.

7. Airbag pada motor
Airbag bisa juga disematkan pada motor, mengingat fungsinya pada mobil yang sangat vital untuk meningkatkan keselamatan pengemudi.

Wah-wah... kalau semua spesifikasinya seperti di atas, mau dijual di harga berapa ya motornya.. haha...

Salam


 
Copyright © 2014 Persada.Co.Nr

Powered by Mafsyah