BREAKING NEWS

Jumat, 04 Agustus 2017

Review Kampas Ganda Elig pada Honda Vario 150 ESP

Pada awalnya saya upgrade motor dari Vario 125 ke Vario 150 adalah untuk mengejar performa, karena kenaikan cc menjadi 150 cc. Memang Vario 150 secara akselerasi menang lebih dibandingkan Vario 125, tetapi ternyata terlewat menganalisa penyakit bawaan Vario 150 yang sudah terkenal sejak awal diperkenalkan.

Apa itu penyakitnya?, penyakit bawaaannya adalah getaran di cvt pada saat awalan, mulai start dari diam sampai motor berjalan. Kalau sedang parah-parahnya sekujur body depan bergetar seperti hape nokia jadul yang getarannya terasa ke badan.

Saya merasakan getaran pada cvt walaupun motor masih dibawah 20.000 km, motor baru setahun pemakaian. Padahal pada Vario 125 yang sebelumnya, getaran pada cvt tidak sebegitu besarnya, hanya mungkin akselerasi saja yang kurang spontan/agak tertahan.

Banyak solusi yang saya dapat kalau searching di Google, diantaranya:
  1. Bersihkan CVT terutama area kampas ganda, jangan lupa amplas kampas ganda supaya permukaannya agak kasar
  2. Ganti per sentri dengan per sentri Honda Beat Karburator atau kalau mau lebih baik lagi pakai per sentri Honda Zoomer Thailand
  3. Ganti kampas ganda pakai kampas ganda pantekan
  4. Ganti kampas ganda pakai kampas ganda yamaha nmax
  5. Ganti kampas ganda pakai kampas ganda elig
  6. Ganti/kustom rumah kopling dengan cara melubangi area gesekan kampas agar butiran kampas dapat segera keluar

Ternyata banyak juga ya solusi yang ditawarkan,  dan solusi nomor 1 dan 2 relatif lebih murah karena tidak sampai ratusan ribu rupiah, sedangkan solusi nomor 3 sampai 6 butuh biaya mahal hingga ratusan ribu rupiah.

Kalau solusi pertama sudah sering saya pakai, bersihin cvt memang setelah itu getaran dan gredeg hilang, tetapi seminggu kemudian getaran muncul kembali, dan ini sangat menjengkelkan buat saya, sehingga saya mencari solusi lain supaya motor tambah nyaman hilang getaran berlebihan.

Setelah pikir panjang, saya tertarik dengan kampas ganda buatan elig, berdasarkan promonya kampas elig yang berbahan keramik organik dinilai bahannya lebih baik dibanding kampas standar yang berbahan asbes, dengan penjelasan spesifikasi, kelebihan dan jaminan lengkapnya sebagai berikut:

Spesifikasi:
  • Dirancang untuk meningkatkan effisiensi kinerja pada mesin motor matic dengan memperbaiki respon akselerasi melalui peningkatan torsi / tarikan secara signifikan dalam aktifitas penggunaan normal sehari – hari (General Rider).
  • Terbuat dari bahan ceramic organic dengan formulasi Elig Friction Technology (EFT).
  • Distribusi tenaga maksimal, anti selip, minim debu dan ramah lingkungan 100% NON ASBESTOS
Kelebihan:
  • Usia pemakaian jauh lebih awet diatas level OEM – High Durability·
  • Menjaga komponen pendukung kopling lainnya agar tetap awet.
  • Dimensi standar yang akurat sesuai dengan standar pabrikan.
  • Kinerja lebih baik dibanding dengan produk OEM secara keseluruhan.
Jaminan Mutu:
  • Diproduksi berdasarkan standar ISO 9001 & TS 16949·
  • Material ceramic 100 % – Non Asbestos & mengacu kepada standar EU ROHS·
  • Memiliki standar kualitas yang diakui Negara maju dunia, seperti: USA, JAPAN & EUROPE
  • Memenuhi standar keamanan produk seperti E/e Mark: JASO, SSP, GB, UIC, R90 & AAR.

Review setelah pemakaian:
Saya mengkolaborasikan penggunaan kampas ganda elig untuk Vario/PCX dengan per sentri Honda Zoomer, per sentri zoomer memiliki kekuatan pegas yang lebih ringan dibanding pegas per sentri bawaan. Oia kalau mau cari kedua parts tersebut, silahkan cari seller di toko online tokopedia maupun bukalapak karena sudah banyak toko online yang menjual kedua part tersebut.

Setelah kedua parts dipasang, saya merasakan bahwa getaran pada saat awalan benar-benar sudah hilang, alias tidak terasa sama sekali. Hanya saja ada rasa sedikit mengayun di bagian cvt pada saat kecepatan rendah. Jika dibandingkan dengan kampas ganda bawaan, disinyalir berat kampas ganda elig lebih berat dibanding kampas ganda bawaan, sehingga pada saat start dari berhenti hingga bergerak, kita perlu gas yang lebih dalam dibanding menggunakan kampas ganda bawaan.

Review setelah seminggu pemakaian pun, sepertinya ayunan pada cvt lambat laun menghilang, dan getaran juga masih belum muncul lagi. Mungkin kampas elig perlu penyesuaian pada rumah kampas ganda di awal pemakaian, sehingga dipastikan semakin lama dipakai, kinerjanya akan semakin baik.

Kesimpulannya pemakaian kampas ganda elig recomendesd buat yang mau menghilangkan penyakit getaran cvt pada Vario 150 ESP. Selamat mencoba ya guys.

 
Copyright © 2014 Persada.Co.Nr

Powered by Mafsyah