BREAKING NEWS

Selasa, 04 Oktober 2022

Cara mengganti Seal Gentong atau Seal Tuas Transmissi Toyota Limo 2013

Jika mendapati bagian transmisi ada rembesan oli, maka bisa jadi ada seal yang bocor/rembes sehingga oli transmisi menetes. Seal yang bocor tersebut, umumnya ada pada tuas pemindah gigi transmisi, dan karena bentuknya yang seperti gentong, netizen menyebutnya seal gentong.

Berikut adalah penampakan pada transmisi yang rembes pada tuas giginya.

ada rembesan oli pada tuas transmisi

Jika mendapati seperti ini, sudah pasti penyebabnya adalah seal pada tuas transmisi tersebut sudah rusak, jadi mesti diganti.

Bentuk sealnya seperti ini, mirp gentong kah???
 


Cara menggantinya susah-susah gampang sih, karena harus melepas beberapa komponen, agar mudah untuk melepas sealnya.

Berikut adalah cara mengganti seal gentong tersebut:

1. Supaya ruang kerja lega, perlu melepas filter udara, berikut dengan air intake yang terhubung dengan throttle body. Untuk melepas air intake perlu kunci T 12 dan kunci tang untuk melepas klip yang menempel ke throttle body.

air intake

2. Lepas klip pada tuas lever transmisi dan copot shaft assy yang menempel pada lever control shift, untuk melepas klip cukup dengan kunci tang, dan lepas mur dengan kunci ring 12.

shaft assy


3. Setelah level/tuas transmisi terlepas, copot baut pengunci lever control shift dan lepaskan dari asnya,

lever control shift

 

4. Copot boot pelindung debu seal gentongnya

boot pelindung debu

 

5. Lepaskan seal gentong dengan cara digetok dengan obeng dan palu ke arah luar transmisi

seal gentong


6. Pasang seal gentong yang baru, dengan sebelumnya dibersihkan terlebih dahulu as tuas transmisi dari debu dan kotoran. Pasangnya dengan cara kebalikan, yaitu digetok dengan palu secara hati-hati ke arah as transmisi.

7. Jika boot rusak atau sobek, sebaiknya diganti dengan yang baru, supaya as tuas transmisi bersih dari debu, dan sealnya awet.

boot baru

 

8. Pasang kembali level control shift setelah dibersihkan dari sisa-sisa rembesan oli dan kotoran.

9. Pasang kembali lever/shaft assy dan pasang klip pengunci.

10. Rapihkan kembali air intake yang telah dilepas sebelumnya.


Note:

Harga seal gentong berikut dengan bootnya sekitaran 200 ribuan, bisa lebih murah dengan mencari berbagai alternatif di pasaran.

harga pasaran

Tingkat kesulitan DIY: 7/10

Setelah mencoba mengganti sendiri seal gentong di mobil saya, lumayan menguras keringat juga ternyata, yang membuat lama adalah waktu pemasangan boot yang terbuat dari karet, karena ternyata perlu teknis khusus untuk pemasangan karet boot tersebut.

Tapi setelah berhasil terpasang, ada kepuasan tersendiri bagi saya, sekaligus juga berhemat biasa jasa pemasangan, apabila di bawa ke bengkel.


Panduan Perawatan Toyota Vios dan Yaris Sesuai Buku Manual Toyota

Hi guys, gimana kabarnya hari ini, semoga dalam keadaan sehat selalu, dan kendaraan yang dimiliki juga dalam keadaan yang baik, siap digunakan setiap saat.

Kendaraan baik itu mobil atau motor, jika dirawat tentunya akan nyaman dan aman untuk dikendarai. Sebaliknya jika kendaraan kurang perawatan, maka akan menyebabkan masalah di kemudian hari, di waktu yang tidak terduga.

Oleh karena itu, guna menambah wawasan kita semua dalam merawat kendaraan, saya coba memberikan gambaran, bagaimana merawat kendaraan secara semestinya, sesuai dengan anjuran pabrikan.

Jika kita menggunakan suatu produk, maka orang yang paling memahami spesifikasi produk tersebut tentunya adalah si pembuat produk tersebut. Jadi kalau kita bicara soal kendaraan, maka yang paling memahami soal kendaraan tersebut adalah pabrikan/manufaktur dari kendaraan tersebut. Sebagai contoh bicara soal mobil Toyota Vios/Yaris, yang paling memahami soal produk Toyota Vios/Yaris tersebut adalah perusahaan Toyota, bukan Suzuki, apalagi BMW.

Jadi kalau mau melihat saran perawatan yang tepat untuk mobil kita, maka cobalah kita melihat bagaimana pabrikan sudah membuat user guide/panduan penggunaan yang jadi satu paket setiap kita membeli mobil baru.

Oleh karena itu, kita jangan malas untuk membaca buku manual/panduan pengguna yang disediakan pabrikan, dan jangan percaya begitu saja dengan saran orang lain yang belum tentu juga sudah membaca buku manual kendaraan tersebut.

Daripada panjang lebar, membahas pentingnya user guide kendaraan, maka disini kita membatasi topik dengan membahas bagaimana merawat kendaraan Toyota Vios Tahun 2011, sesuai dengan panduan pengguna dari Toyota, dari mulai jenis oli mesin, oli transmisi, cairan radiator, cairan rem, tekanan ban, dan lain sebagainya.


 

Referensi

Referensi saya ambil dari website https://www.manualslib.com tinggal ketik saja keyword Toyota Vios/Yaris Sedan, maka akan banyak pilihan buku panduan yang bisa didownload.

Owner's Manual

Oli Mesin

Oli mesin yang direkomendasikan Toyota, untuk mesin berjenis 1NZ-FE adalah yang memiliki kekentalan SAE 5W-30, intinya SAE 5W-30 memiliki kelebihan untuk konsumsi bahan bakar yang lebih irit, dan mesin mudah dinyalakan saat cuaca dingin.

Jenis oli mesin

 

Kemudian untuk takaran oli mesin, jika penggantian oli meliputi ganti filter oli, takaran oli mesin adalah 3,7 liter, sementara jika tanpa ganti filter oli maka takarannya cukup di 3,4 liter.

Takaran oli mesin

 

Untuk interval penggantian oli mesin, pabrikan Toyota, menjadwalkan setiap 10.000 km atau per 6 (enam) bulan sekali, tergantung dari mana yang tercapai lebih dulu, itu pun jika menggunakan spesifikasi oli rekomendasi dari toyota, yaitu SAE 5W-30. Lalu di setiap pergantian oli mesin, filter oli juga dilakukan penggantian.

Ganti oli per 10.000 km mungkin di kalangan netizen akan memicu perdebatan, karena umumnya jika oli sudah mencapai 10.000 km olinya akan sangat kotor dan kemungkinan akan memicu kerusakan mesin menurut netizen, tapi melihat panduan dari Toyota, ternyata jika spesifikasi oli sesuai rekomendasi pabrikan, maka bisa diganti per 10.000 km, alias cukup panjang interval penggantiannya.

Kalau saya sendiri sih, untuk oli full syntetic dengan SAE 5W-30 akan saya ganti jika sudah mencapai 7000 km.

interval ganti oli mesin

Oli Transmisi

Transimisi Otomatis:

Jika transmisi yang digunakan otomatis, pabrikan mensyaratkan spesifikasi oli matik adalah Toyota Genuine ATF WS dengan kapasitas 6,4 L. Jika menggunakan oli matik di luar spesifikasi pabrikan, pihak Toyota menyatakan akan berdampak pada jeleknya perpindahan gigi, getaran yang mengganggu, dan akan menimbulkan kerusakan pada transmisi otomatis.

Oli matik

Transmisi Manual:

Untuk spesifikasi oli transmisi manual, pabrikan menyarankan menggunakan oli dengan jenis SAE 75W-90 dengan kapasitas 1,9 L.

Oli manual

Air Radiator

Untuk pendinginan mesin, air radiator yang disarankan adalah coolan Toyota Super Long Life Coolant, dengan spesifikasi berbasis glycol ethylene berkualitas tinggi, tidak mengandung amine, nitrite dan borat. Pabrikan juga melarang menggunakan air ledeng/air keran, karena akan memicu karat pada sistem pendinginan mesin.

jenis coolant


Minyak Rem dan Minyak Kopling

Minyak rem dan Minyak Kopling menggunakan jenis yang sama yaitu yang bertipe DOT 3 atau SAE J1703. 

minyak rem

Sementara untuk interval penggantian minyak rem daan minyak kopling, pabrikan menyarankan untuk diganti per 40.000 km atau per 2 tahun.

interval penggantian minyak rem

Tekanan Ban

Untuk Toyota Vios, pabrikan merekomendasikan tekanan ban pada ban depan dan ban belakang adalah 32 psi, yaitu untuk pemakaian normal.

Sementara untuk ban cadangan/spare tire dapat diisi tekanan ban hingga 60 psi.

Tekanan angin ban

Kalau melihat tabel di sini, baru ngeh ternyata untuk ban cadangan itu diisi tekanan angin yang sangat besar ya, sekitar 60 psi, mungkin agar bisa bertahan lama ya tekanan anginnya, karena kan sudah hal umum, untuk ban cadangan biasanya akan kempes dengan sendirinya. Jadi mesti sering dicek tekanan anginnya, agar dapat siap digunakan sewaktu-waktu.

 

Penutup

Dengan membaca panduan pengguna/owner manual/user guide diharapkan pengguna dapat mengetahui spesifikasi yang dibutuhkan saat penggantian komponen dan juga dapat mengetahui jadwal perawatan pada mobil, karena setiap bagian pada mobil tentunya memiliki usia pakai yang terbatas, dan perlu untuk selalu dimaintenance sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh pabrikan.

Spesifikasi teknis di atas dapat digunakan juga untuk Toyota Vios/Yaris yang bermesin 1NZ-FE yang memiliki generasi mesin yang sama dengan Toyota Vios tahun 2011.

 

####






Kamis, 21 April 2022

Review Kulkas 2 Pintu LG GN-B215SQMT Smart Inverter

Pencarian kulkas 2 (dua) pintu akhirnya dapat terealisasikan pada ramadhan tahun ini, yaitu dengan dipilihnya kulkas 2 (dua) pintu dari LG. Tipe yang saya pilih adalah LG GN-B215SQMT Smart Inverter dengan dua pintu.

LG GN-B215SQMT

Adapun spesifikasi dari LG GN-B215SQMT adalah sebagai berikut:

- Tipe: Kulkas 2 Pintu - Smart Inverter Compressor

 - Kapasitas: 225L/209L

 - Dimensi: 555 x 1520 x 585mm

 - Rate Input: 70W

 - Finishing: Dark Graphite Steel 


Untuk fitur yang diunggulkan dari kulkas ini adalah:

- Smart Inverter

- Pull Out Tray

- Big Veggie Box

- Moist Balance Crisper

- Ice Tray

- Adjustable Door Shelf

 

Dimensi:

Ukuran kulkas ini cukup besar, panjang 0,55 meter, lebar 0,585 meter, dan tingginya 1,5 meter. Bila ingin meminang kulkas ini, harap dipastikan space di rumah tersedia seukuran dimensi tersebut.

Dimensi

Eksterior

Pilihan warna hanya satu, warna yang tersedia hanya Dark Graphite Steel, yang lebih dominan ke warna abu-abu. Untuk membuka pintu freezer terdapat coakan handle di sisi kiri, sementara pintu bagian bawah, coakan handle ada di sisi atasnya.

Desain dari kulkas ini cukup simpel, karena tidak ada door handle tersendiri, seperti terdapat pada kulkas jaman dulu, hanya saja pengguna kulkas ini perlu menyelipkan tangan di sisi kiri pintu freezer atau di bagian atas pintu bagian bawah kulkas.

Desain

 

Interior Kulkas

Interior

 

Sisi Freezer:

Dalam bagian freezer terdapat ice maker dan dua tempat penyimpanan di bagian pintu freezer, sayangnya di bagian freezer belum dilengkapi lampu, sehingga kalau malam, perlu tambahan sinar senter supaya dapat melihat isi bagian freezer.

Freezer
Sisi bawah:

Pada sisi bagian bawah terdapat tiga rak dan satu penyimpanan sayuran, sementara pada sisi pintu terdapat tiga rak penyimpanan. Rak pintu bagian paling atas dapat diisi dengan telur, rak kedua dan rak ketiga, bebas aja, dapat diisi botol minuman, dan keunggulan pada rak ketiga dapat menaruh botol yang panjang karena rak kedua didesain separuh saja, sehingga memungkinkan space/ruang penyimpanan botol di rak ketiga menjadi sangat luas.

Rak di bagian dalam model paling atas adalah pull out tray, tapi sayangnya tidak terdapat tempat penyimpanan daging ya di bagian bawah, mungkin daging/ikan ditaruh begitu saja di rak bertuliskan pull out tray.

Rak kedua dan rak ketiga penempatannya fleksibel, karena bisa dilepas pasang sesuai dengan kebutuhan, bahannya sepertinya sudah tempered glasss sehingga cukup kuat menahan beban.

Sisi bawah
 
Rak paling bawahnya, ini untuk menyimpan sayur/buah-buahan, di rak ini terdapat fitur Moist Balance Crisper yang bekerja dengan menguapkan sisa air dari makanan dan membentuk embun pada molekul-molekul yang berembun di makanan Anda, sehingga menjaga keseimbangan embun di dalam kotak, mungkin maksudnya supaya uap pada buah-buahan bisa diatur sesuai dengan kebutuhan, dengan membuka/menutup ventilasi pada rak dimaksud.

Terdapat dua opsi pada fitur ini, yaitu geser ke kiri jika berisi buah-buahan, dan geser ke kanan jika berisi sayuran.

Moist Balance Crisper

Pengaturan suhu:

Pengaturan suhu secara manual, dengan putaran mulai dari angka 1 sampai dengan 7. Kalau saya sendiri cukup ideal di angka 3, semakin besar angka maka suhu pada kulkas akan menjadi semakin dingin.

Pengaturan suhu bagian bawah


Di bagian freezer juga terdapat pengaturan suhu, dengan cara menggeser angkanya, dari angka 1 sampai dengan 7, dimana 7 adalah angka paling dingin. Pengaturan ini disesuaikan dengan isi dari bagian freezer, jika isinya semakin penuh, maka perlu menset suhu ke angka maksimal.

Pengaturan suhu freezer


Spesifikasi:

Sebagaimana terdapat pada sisi kiri kulkas ini, spesifikasi kulkas model GN -B215SQMT menggunakan freon Non CFC, bertipe R600a.

Daya pada saat penggunaan maksimal sebesar 125 watt, yaitu pada saat proses pencairan bunga es. Oh ya, kulkas ini kan juga sudah automatic defrost, sehingga tidak perlu defrost manual seperti pada kulkas satu pintu. Untuk daya pada saat stand by, sesuai dengan spesifikasi produk di websitenya sebesar 70 watt, karena sudah menggunakan teknologi smart inverter.

spesifikasi

Penerangan:

Untuk penerangan pada kulkas ini sudah menggunakan jenis LED, mudah-mudahan awet ya, tidak mudah putus sebagaimana lampu yang masih berjenis bohlam.


lampu led


Penutup

Kulkas ini cocok untuk entry level, karena harganya sangat terjangkau, di kisaran 3,6 jutaan. Dengan harga tersebut, kita sudah mendapatkan kulkas yang sudah dilengkapi Smart Inverter (hemat daya), Ice Maker, Pull Tray, dan Tempered Glass Tray. Hanya saja kulkas LG ini belum dilengkapi fitur alarm bukaan pintu, Door Cooling +, dimana fitur Door Cooling + membantu mempercepat pendinginan sebesar 35%, dan juga inverter yang digunakan masih bertipe Smart Inverter, belum bertipe Linear Inverter.

Salah satu keunggulan tipe Linear Inverter dari LG adalah lebih hemat energi sebesar 18% dan suara lebih hening sebesar 25%. Memang untuk harga kulkas yang berjenis Linear Inverter akan menjadi lebih mahal, berdasarkan cek harga pasar, kulkas LG dengan Linear Inverter dengan tipe GN-C222SLCN dijual dengan harga kisaran 4,6 jutaan.



 

Rabu, 13 April 2022

Berbagi Pengalaman: Mesin Toyota Vios Nyendat Setelah Cuci Area Mesin

Kejadian ini terjadi beberapa waktu yang lalu, saat mobil saya dicuci di pencucian mobil. Jadi ceritanya saya melihat tarif cuci mesin di pencucian tersebut sangat murah, hanya tujuh ribu rupiah, maka terbersit keinginan untuk sekalian mencuci area mesin, yang kelihatannya sudah banyak kotoran dan debu.

Memang biaya cuci area mesin di sana cukup murah, tapi beberapa hari setelah itu, baru muncul kendala di mesin, yaitu mesin menjadi pincang, bergetar cukup parah.

Di sini saya akan menshare tips bagaimana bila kita menghadapi kejadian tersebut, dan bagaimana memperbaiki kerusakannya.

Ilustrasi mesin Toyota Vios, 1NZ-FE

 Adapun langkah-langkah untuk mengantisipasi hal tersebut adalah:

1. Periksa busi

Jadi hal yang pertama perlu dicek adalah busi, ada kemungkinan busi terendam air, sehingga bisa membuat salah satu busi mati.

ilustrasi busi terendam air

Jika ditemui busi ada yang basah, dapat disimpulkan bahwa air masuk ke celah koil yang ke busi, sehingga busi akan mati. Penyelesaiannya dengan mengganti busi dengan yang baru, dan alangkah baiknya, untuk penggantian busi, diganti keseluruhannya, jika ada 4 busi, maka keempatnya diganti dengan yang baru, agar pengapiannya menjadi seimbang, tidak ada perbedaan antara busi yang satu dengan lainnya.

2. Periksa Koil

Langkah kedua adalah periksa koilnya, cek bagian seal atas dan seal bawahnya, apakah sealnya ada keretakan atau telah mengeras, sehingga sudah tidak mampu menahan air yang masuk.

ilustrasi koil vios

Jika karet-karetnya sudah rusak, maka lakukan penggantian aja. Harga karet2nya murah kok, bisa dibeli dari market place.

Berikut contoh karet seal koil bagian atas dan bawah

Karet koil

3. Periksa socket-socket

Perlu dicek socket pada koil, ataupun sensor-sensor yang terdapat pada mesin, apakah soket basah terendam air, bisa terjadi korslet apabila tergenang air.

Untuk pembersihan bisa mencopot soket dan menyemprotkan Contact Cleaner agar soket kembali bersih dan dapat berkerja lebih optimal.


Kesimpulan:

Jangan mencoba untuk mencuci area mesin untuk mobil yang sudah berumur, atau kilometer yang berjalan sudah tinggi, karena ada kemungkinan karet-karet seal pada koil, konektor/soket sudah mengeras sehingga air bisa masuk, dan alternator juga bisa korslet apabila terkena air. Untuk amannya cara membersihkan mesin yaitu dengan mengelap saja dengan lap basah atau diserahkan kepada ahlinya yang sudah biasa detailing area mesin.



Selasa, 05 April 2022

Long Term Review KYB Zeto S Series with Spring Adjuster di Vario 150 ESP

Sebenarnya sudah cukup lama sudah memasang Shock KYB Zeto pada Honda Vario 150, perkiraan sudah 12 bulan berjalan. Akan tetapi karena kesibukan dan lain hal, baru kali ini dapat mereview dalam blog ini.

Berikut testimoni pemakaian Shock KYB Zeto pada Honda Vario 150 ESP

Pembelian

Saya membeli shock ini langsung ke toko online Astra Otoparts, dan dapat free ongkir. Ukuran panjang shock KYB Zeto dengan Spring Adjuster untuk Vario 150 sama dengan Vario 125 dan Beat FI yaitu 331 mm.

 

Spesifikasi:
 
KYB Zeto S Series dilengkapi dengan spring adjuster, dilengkapi dengan 5 (lima) tingkat setelan kekerasan, dalam paketnya juga disertai dengan tool untuk menyetelnya.

Tinggi shock KYB Zeto S Series adalah 331 mm, hampir sama dengan shock bawaan Vario 150 ESP yaitu 330 mm, jadi shock ini replaceable untuk yang tidak suka shock yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Review

Selama pemakaian pada Vario 150, saya cukup puas pada settingan di level 3, karena sering berboncengan dengan anak dan istri, yang kalau ditotal berat pengemudi dan penumpang bisa mencapai 194 kg.

Pernah coba di settingan level 1, shock terlalu mengayun karena terlalu empuk. Memang enak untuk dipakai sendirian, tetapi kalau berboncengan shock sering mentok.

Kalau settingan di level 5 apalagi, shock sangat keras, terasanya hampir tidak ada peredaman karena per jarak mainnya sangat kecil.

Di jalan yang kurang bagus, apabila ditemukan setelan yang cocok dengan berat penggunanya, shock ini cukup empuk dan stabil, tidak bikin pinggang sakit karena shock yang keras. Cukup nyaman juga saat melewati polisi tidur, tidak ada ayunan yang berlebihan.

Desain per yang rapat di atas dan renggang di bawah ternyata memiliki fungsi khusus, dimana per rapat ini agar shock tidak terlalu empuk saat dipakai sendirian, dan renggang di bawah agar bisa diatur kekerasannya dengan adjuster. 

Selama pemakaian tidak ada penurunan performa dari KYB Zeto S Series, masih cukup nyaman melibas jalan yang rusak dan polisi tidur yang merajalela di jalanan kompleks.

Kelebihan

Dengan penyetelan yang mudah, kita dapat menyesuaikan kekerasan shock dengan cepat, disesuaikan dengan kebutuhan, kalau lagi sendiri bisa dibuat empuk dan kalau berboncengan bisa dikeraskan sesuai dengan berat penumpang.

Recommended banget buat kamu yang mau menganti shock bawaan dengan shock aftermarket, intinya tidak hanya melakukan penggantian, tapi juga upgrade karena pastinya peredaman shock akan menjadi lebih baik dari shock bawaan, mengingat shock bawaan tidak dilengkapi dengan pengaturan kekerasan dan shock bawaan terkenal karena bantingannya yang cukup keras.


Cara Memperpanjang Masa Berlaku SIM melalui Aplikasi Digital Korlantas

Biasanya saya melakukan perpanjangan SIM di pelayanan SIM Keliling yang terdapat di beberapa titik di Jakarta, saya rela mengantri pagi-pagi supaya dapat antrian paling depan. Antrian untuk perpanjangan SIM dengan cara ini setiap harinya panjang, sehingga menjadi tidak nyaman, apalagi kalau outlet SIM keliling tidak menyediakan atap, sehingga harus merasakan cucuran keringat panasnya ibukota Jakarta. 

SIM Online

POLRI kini telah memberikan kemudahan bagi kita yang akan memperpanjang masa berlaku SIM, yaitu dengan metode online system via aplikasi mobile Digital Korlantas yang terdapat pada Play Store.

Kebetulan dalam jangka 90 hari lagi, SIM C saya akan habis masa berlakunya, maka saya mencoba mengajukan perpanjangan SIM via aplikasi mobile. Infonya SIM akan dikirim menggunakan jasa POS Indonesia, sehingga tidak perlu repot antri dan berdesak-desakan.

Untuk mendaftar perpanjangan SIM via aplikasi ini yang diperlukan adalah aplikasi, waktu luang, dan biaya. Untuk biaya yang dikeluarkan akan saya share di akhir artikel ya. 

Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan dari awal pengajuan dengan aplikasi hingga tahap pembayaran kurang lebih 60 menit, dimana tes psikologi dengan aplikasi ePPSI paling banyak menyita waktu.

Aplikasi yang diperlukan untuk dapat memperpanjang masa berlaku SIM adalah:

1. Digital Korlantas

2. ePPSI SIM (Pemeriksaan Psikologi)

3. e-Rikkes (Pemeriksaan Kesehatan berbasis teknologi)

Aplikasi Digital Korlantas

Ketiga aplikasi tersebut harus terinstal di hape, dimana aplikasi pertama yang perlu diinstal adalah Digital Korlantas, dan aplikasi ePPSI SIM dan e-Rikkes didownload menggunakan link Digital Korlantas (ingat: hanya download melalui link dari aplikasi Digital Korlantas, karena kedua aplikasi ini tidak tersedia di Play Store).

Persyaratan yang diperlukan untuk perpanjangan SIM adalah:

1. Masa berlaku SIM akan habis dalam 90 hari

2. Menyiapkan dokumen:

    a. eKTP

    b. SIM lama

    c. Pas Foto berlatar biru

    d. tanda tangan di atas kertas putih


Tahapan pengajuan perpanjangan SIM via aplikasi Digital Korlantas:

1. Registrasi akun di aplikasi Digital Korlantas

Digital Korlantas

Setelah aplikasi terpasang di perangkat, masukkan nomor handphone, kemudian masukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS dan verifikasi data, kemudian buat PIN untuk keamanan. Pilih menu “lengkapi data” lalu isi NIK, nama sesuai KTP, dan alamat e-mail, kemudian verifikasi KTP dengan mengambil swafoto.
 

2. Isi kelengkapan pendaftaran perpanjangan SIM, berupa Nomor SIM, foto e-KTP, Foto tanda tangan, dan pas foto dengan latar biru

Masuk ke menu SIM dan pilih perpanjangan SIM Nasional, sehingga akan muncul menu seperti di bawah ini, kemudian unggah dokumen yang diminta.


 

3. Registrasi akun untuk mengikuti tes psikologi melalui aplikasi ePPsi

Di sini kita diminta meregistrasi akun ePPsi, dan pastikan NIK yang dimasukkan sama dengan NIK yang didaftarkan di aplikasi Digital Korlantas, karena akan tersinkronisasi secara otomatis dengan aplikasi digital korlantas.

ePPsi SIM

 

4. Membayar biaya tes psikologi dengan cara transfer via virtual akun Bank

Sebelum memulai tes psikologi, pilih ikon voucher terlebih dahulu untuk melakukan pembayaran biaya tes psikologi, biayanya sebesar Rp.37.000. dan dapat dibayarkan melalui akun virtual akun Bank.

5. Mengikuti tes psikologi melalui aplikasi ePPsi

Tes Psikologi terdiri dari 2 macam tes, yaitu tes kepribadian dan tes kecermatan. Tes kepribadian terdiri dari 100 pernyataan dan  tes kecermatan terdiri dari 10 tabel dengan masing-masing 45 soal. 

Tes psikologi ini cukup menyita waktu dan memerlukan fokus saat pengerjaannya. 

Waktu pengerjaan:

Tes Kepribadian : 30 menit

Tes Kecermatan : 30 menit

6. Registrasi akun untuk mengikuti tes kesehatan secara online melalui aplikasi e-Rikkes

Di sini kita diminta meregistrasi akun e-Rikkes untuk melakukan tes kesehatan, dan pastikan NIK yang dimasukkan sama dengan NIK yang didaftarkan di aplikasi Digital Korlantas, karena akan tersinkronisasi secara otomatis dengan aplikasi digital korlantas. 

e-Rikkes SIM

 

7. Mengikuti tes kesehatan secara online melalui aplikasi e-Rikkes

Saat memilih lokasi tes, pilih yang bisa dilakukan secara online jadi tidak perlu mendatangi unit kesehatan secara offline, kalau saya memilih Pusdokkes Polri, dan tes kesehatan berisi pertanyaan mengenai riwayat kesehatan/penyakit yang diderita.

8. Melihat hasil tes psikologi dan tes kesehatan pada aplikasi Digital Korlantas

Hasil tes psikologi dan tes kesehatan dapat langsung dilihat pada aplikasi digital korlantas, jika memenuhi syarat maka dapat menyelesaikan pembayaran biaya perpanjangan  SIM

9. Melakukan pengaturan alamat pengiriman SIM atau pengambilan SIM 

Di sini kita dapat mengatur alamat pengiriman SIM yang telah dicetak, dan memilih dimana SIM akan dicetak, kalau saya memilih POLDA Metro Jaya untuk wilayah Jabodetabek.

10. Melakukan pembayaran biaya perpanjangan SIM dengan cara transfer via virtual akun Bank

Biaya perpanjangan SIM akan muncul di halaman ini, dan besarannya tergantung dengan paket pengiriman SIM, apakah yang regular atau express, kalau regular ongkirnya Rp.22 ribu, sementara kalau express Rp.30 ribuan.

Biaya perpanjangan SIM C yang saya bayarkan adalah sebesar Rp. 107.000 ditambah biaya tes psikologi sebesar Rp.37. 000, sehingga total berjumlah : Rp. 144.000

10. Menunggu pengiriman SIM oleh POS Indonesia

Di sini cukup menunggu update proses pengiriman dari POS Indonesia, semoga tidak terlalu lama ya, harapannya dalam seminggu sudah terkirim ke alamat rumah.

 

Kesimpulan:

Mekanismenya cukup dapat dimengerti dari proses awal registrasi hingga pembayaran, hanya saja pilihan metode pengiriman masih terbatas hanya pada PT. POS Indonesia, alangkah baiknya meniru model pengiriman ala market place yaitu tersedia beraneka ragam opsi, dari mulai Gosend, Grab Express, JNT, JNE, Sicepat, TIKI dan lain sebagainya.

Lalu terkait tracking pengiriman SIM belum terlihat menu tersendiri di aplikasi, hanya ada pada notifikasi yang muncul di atas layar.



 

 



Senin, 08 November 2021

Sederet Fitur Canggih pada Toyota Avanza dan Toyota Veloz 2022


Di hari-hari belakangan ini banyak beredar foto dan video yang menampilkan Toyota Avanza, dan Toyota Veloz terbaru, yang merupakan perubahan besar pada desain bukan hanya sekedar face lift atau perubahan-perubahan kecil. 

avanza 2022


Intinya adalah antusiasme masyarakat terhadap kemunculan update Toyota Avanza sangatlah besar, mengingat mobil ini adalah mobil terlaris di Indonesia.

Untuk bentukan, desain eksterior dan interior sudah banyak video yang beredar di dunia maya, kita dapat mengakses informasi tersebut hanya dengan mengetikkan keyword "avanza 2022". Saat ini penulis lebih menitikberatkan fitur-fitur canggih apa aja sih yang terdapat pada avanza terbaru ini, yang merupakan loncatan besar dari avanza sebelumnya,

Ok, berdasarkan video dan foto-foto avanza terbaru, dapat penulis simpulkan bahwa avanza terbaru memiliki fitur-fitur canggih sebagai berikut:

1. Toyota Safety Sense (TSS)

Fitur ini sudah muncul pada kendaraan entry level Toyota yang belum lama dilaunching, yaitu Toyota Raize. Dengan hadirnya fitur ini maka avanza menjadi terdepan di kelasnya yang menerapkan teknologi keamanan canggih.

TSS

 

Toyota Safety Sense memungkinkan kendaraan untuk mengerem secara otomatis, dengan memperhatikan input dari kamera depan. 


2. Electric Parking Brake dan Auto Brake Hold

Rem parkir avanza kini berupa elektris, sehingga dapat memungkinkan diterapkan teknologi auto brake hold yang otomatis mengaktifkan rem parkir saat kendaraan berhenti. 

Electric Parking Brake

3. Kamera 360 

Kamera 360 sebelumnya hanya terdapat pada kelas premium SUV, SUV yang sudah menerapkannya adalah Wuling Almaz, sementara untuk kelas LMPV belum ada yang menyematkan fitur tersebut, dan kini avanza menjadi yang terdepan di kelas LMPV yang memiliki fitur kamera 360, yang dapat menampilkan gambar sisi-sisi mobil dalam radius 360 derajat. 

kamera 360


4. Layar Speedometer TFT

Tipe tertinggi pada avanza Veloz dilengkapi dengan layar speedometer full TFT, ini memungkinkan mengganti-ganti tampilan speedometer sesuai dengan selera. 

speedometer TFT


5. Sasis TNGA (Toyota New Global Architecture) 

Sasis TNGA merupakan jenis sasis toyota yang terbaik yang telah dikembangkan, yang dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan kendaraan.

TNGA

 

6. Blind Spot Warning System

Avanza terbaru memiliki fitur blind spot warning system yang terintegrasi dengan spion kiri dan kanan, sehingga sebagai driver dapat mengantisipasi blindpost saat berpindah jalur. 

 

ilustrasi blind spot warning

Dengan hadirnya TSS, tidak menutup kemungkinan terdapatnya fitur adaptive cruise control, lane departure warning system dan lain sebagainya. Sehingga kemunculan avanza baru ini perlu kita tunggu spesifikasi resminya.

Sementara untuk fitur-fitur yang sudah ada di avanza saat ini, yaitu double air bags, ABS EBD, Hill Start Assist, Stability Control, ISOFIX, Keyless Entry/Keyless Start/Stop, tentunya akan tetap ada pada avanza terbaru, dan menjadi fitur keamanan dan kenyamanan standar.




 
Copyright © 2014 Persada Blog

Powered by Mafsyah