BREAKING NEWS

Selasa, 29 Desember 2015

Tips mengganti Switch Idling Stop Vario 125

Setelah pemakaian kurang lebih 32 bulan atau 2 tahun lebih, mulai nampak trouble pada Honda Vario 125 ISS saya, yaitu switch Idling Stop tidak bekerja dengan baik. Bila seharusnya lampu penanda Idling Stop warna hijau menyala pada saat switch dipilih Idling Stop, akan tetapi sama sekali kali ini tidak ada perubahan, lampu penanda idling stop tetap mati.

 












Dampaknya adalah motor saya tidak bisa lagi memanfaatkan fitur idling stop, saat mesin idling lebih dari 3 detik, mesin tidak bisa mati secara otomatis. Selain itu timbul gejala nyendat yang cukup parah, gejala ini baru muncul saat switch idling stop bermasalah.

Menurut keyakinan saya, mungkin hanya switchnya saja yang rusak sehingga cukup mengganti switch idling stop. Kemungkinan switch rusak bisa saja terjadi apalagi bila sering menggunakan tombol idling stop dan terpengaruh cuaca selama berkendara atau saat kendaraan terparkir.

Cara penggantian switch:


  1. Sediakan part pengganti Switch Assy Idling Stop. Part dapat dibeli di HEPS Online atau dealer/bengkel AHASS terdekat. Saya membeli dengan harga Rp.40 ribu di bilangan Kebon Jeruk Jakarta Pusat.
  2. Untuk membuka switch ternyata kita perlu membuka batok setang bagian depan, untuk yang bagian belakang tidak perlu dibuka.
  3. Sebelum membuka cover setang, kita perlu membuka cover segitiga di depan [nomor 2], caranya buka baut baut pada nomor 1, kemudian angkat ujung cover dekat posisi [nomor 5] sambil didorong ke atas. Hati-hati jangan sampai mematahkan pengait plastiknya. 
  4. Setelah itu lanjut membuka kedua spion kiri dan kanan
  5. Lepas semua baut yang ditunjukkan pada gambar di bawah, ada empat buah baut.
  6. Kemudian angkat pelan-pelan cover setang bagian depan, dimulai dari pengait [nomor 5], hati-hati saat menarik, untuk memudahkan bisa menggunakan kartu atm yang tidak terpakai, kemudian dorong ke sela-sela cover depan dan cover belakang hingga pengait terlepas. Lakukan pada kedua sisi, sisi kanan dan kiri
  7. Setelah itu lanjut pada sisi tengah cover depan, lepaskan pengait [nomor 7], sehingga cover depan dapat terlepas dengan mudah.
  8. Setelah cover depan terlepas, lepas penutup debu switch idling stop kemudian lepas konektornya
  9. Cara melepas switch yaitu dengan menggunakan obeng minus dari dalam cover, dorong pengait di sisi kiri dan kanan switch sambil mendorong switch keluar.
  10. Untuk memasang switch yang baru, lakukan arah kebalikan.

Rabu, 07 Oktober 2015

Review Busi Platinum NGK CR8EGP pada Honda Vario 125 ISS

Sebetulnya untuk pemakaian sehari-hari, saya telah menggunakan busi iridium Denso IU27 pada Honda Vario 125 ISS saya. Akan tetapi berhubung pemakaian sudah lebih dari satu tahun, dan kinerjanya sudah semakin menurun ditandai dengan agak sedikit ngempos di putaran bawah maka saya mencari pengganti busi iridium yang selama ini terpasang.

Setelah survey secara online, mengamati busi apa yang cocok untuk Honda Vario 125, maka pilihan yang muncul adalah penggunaan busi platinum NGK CR8EGP. Banyak yang mengatakan bahwa penggunaan busi iridium untuk pemakaian harian lebih banyak mubazirnya dibandingkan kinerja yang dihasilkan, apabila mengingat harganya yang cukup mahal.

Busi platinum menjadi alternatif, karena harganya sangat murah dibanding busi iridium, harganya cuma bebeda sedikit dibanding busi original tipe Denso U27EPR9. Saya mendapatkannya melalui toko online Tokopedia, harganya cuma Rp.28.000 saja. 

Berikut foto-foto perbandingan busi NGK CR8EGP dan DENSO U27EPR9, mohon maaf tidak menampilkan foto busi iridium DENSO U27 dikarenakan kelupaan.

Kiri busi platinum NGK CR8EGP dan kanan busi ori Denso U27EPR9



perbandingan kepala busi
kepala busi ori vario lebih panjang
Review setelah pemakaian busi platinum NGK CR8EGP:
  1. Akselerasi di putaran bawah lebih yahud dibanding busi iridium DENSO IU27, hentakannya lebih terasa.
  2. Akselerasi di putaran menengah hingga atas cukup sebanding dengan penggunaan busi iridium DENSO IU27, sama-sama galak dan enteng dibejek gasnya.
  3. Bawaanya pengen ngegas terus, karena putaran gas jadi lebih enteng dan paling enak jika digeber dalam putaran tinggi. Beberapa kali saya merasa terhempas ke belakang saat berakselerasi, rasanya nikmat tenan..
  4. Jika menggunakan busi platinum NGK CR8EGP maka busi original menjadi sangat tidak enak jika dibandingkan, ibaratnya akan menjadi ketagihan dan tidak mau lagi memakai busi original.
Demikian review dari saya, meskipun sangat subjektif mengingat saya juga telah melakukan beberapa ubahan pada bagian CVT, yaitu pemakaian roller 15 gram milik Vario 150, V Belt milik Vario 125 ESP (dua sisi), Per CVT 1500 rpm TDR, dan penggantian air intake milik Honda PCX 150. 

Selamat mencoba..

Senin, 21 September 2015

Membuka Handphone Samsung S7500 Yang Lupa Pola

Mungkin diantara kita pernah kejadian lupa pola yang kita setting untuk masuk ke hape, tentunya hal ini akan sangat merepotkan bagi kita. Biasanya kita sudah panik terlebih dahulu, bahkan bisa jadi hape tersebut jadi bahan pelampiasan kekesalan.


Oleh karena itu di sini  saya ingin sharing caranya supaya kita bisa memperbaiki sendidi hape yang lupa pola seperti di atas. 

Cara membuka handphone yang lupa pola ada dua kriteria yaitu:

1. Bila hape sudah didaftarkan akun google.
Kita cukup memasukkan alamat email dan password google untuk mereset pola, yaitu setelah mencoba mengisi pola yang salah sebanyak beberapa kali.

2. Bila hape belum didaftarkan akun google.
Bila hape belum didaftarkan akun google maka kita harus melakukan hard reset, yaitu dengan cara:
- menggunakan kombinasi tombol VOL UP + VOL DOWN + HOME + POWER secara bersamaan.  Yup, keempat tombol secara bersamaan hingga muncul tulisan samsung, lalu lepaskan.

- setelah muncul bootloader, seperti di bawah ini, pilih menu wipe data/factory reset. Caranya dengan menggunakan volume up dan down, dan gunakan tombol home untuk memilih.


 - setelah itu akan ada pertanyaan tambahan untuk meyakinkan kita apakah akan mereset hape, pilih saja yes

- setelah selesai wiping data dan factory reset, pilih menu reboot system now. Kemudian hape akan restart dan kembali ke settingan awal saat kita membuka hape pertama kali,


 Horraaaaii... selamat sekarang Anda bisa memperbaiki hape sendiri.. uhuii...

Jumat, 11 September 2015

Ebook - Mengolah Data dengan Microsoft Access 2007

Teman-teman, kebetulan saya mempunyai koleksi Ebook tentang Microsoft Access yang saya dapat saat blog walking. Ebook yang berjudul Mengolah Data dengan Microsoft Access 2007 tersebut dishare oleh penulisnya yaitu Sdr. Mohammad Ali Fikri.



Secara umum, buku ini terdiri dari 17 bab, antara lain membahas:
  1. Mengenal Microsoft Access 2007
  2. Memulai Bekerja dengan Access 2007 
  3. Membuat dan Memodifikasi Tabel 
  4. Mengubah atau Mengatur Tampilan Baris, Kolom dan Data pada Tabel 
  5. Mengurutkan, Menyaring, Mencari dan Mengganti Data 
  6. Membuat dan Mengatur Hubungan Antar Tabel
  7. Membuat dan Menggunakan Query 
  8. Bekerja Lebih Lanjut dengan Query
  9. Menggunakan Query Action
  10. Membuat Field Entri Data Khusus dan Command Button pada Form 
  11. Merancang dan Membuat Report 
  12. Menempatkan Obyek Gambar, Tanggal dan Nomor Halaman
    pada Form atau Report 
  13. Menggunakan Menu Navigasi Berupa Switchboard dan Form 
  14. Mengekspor Data, Mengambil Data dari Luar dan
    Menggunakan Password
  15. Menggunakan Macro 
 Download link :  Download via slideshare
 
 
Copyright © 2014 Persada Blog

Powered by Mafsyah