Jika mendapati bagian transmisi ada rembesan oli, maka bisa jadi ada seal yang bocor/rembes sehingga oli transmisi menetes. Seal yang bocor tersebut, umumnya ada pada tuas pemindah gigi transmisi, dan karena bentuknya yang seperti gentong, netizen menyebutnya seal gentong.
Berikut adalah penampakan pada transmisi yang rembes pada tuas giginya.
ada rembesan oli pada tuas transmisi |
Jika mendapati seperti ini, sudah pasti penyebabnya adalah seal pada tuas transmisi tersebut sudah rusak, jadi mesti diganti.
Cara menggantinya susah-susah gampang sih, karena harus melepas beberapa komponen, agar mudah untuk melepas sealnya.
Berikut adalah cara mengganti seal gentong tersebut:
1. Supaya ruang kerja lega, perlu melepas filter udara, berikut dengan air intake yang terhubung dengan throttle body. Untuk melepas air intake perlu kunci T 12 dan kunci tang untuk melepas klip yang menempel ke throttle body.
air intake |
2. Lepas klip pada tuas lever transmisi dan copot shaft assy yang menempel pada lever control shift, untuk melepas klip cukup dengan kunci tang, dan lepas mur dengan kunci ring 12.
shaft assy |
3. Setelah level/tuas transmisi terlepas, copot baut pengunci lever control shift dan lepaskan dari asnya,
lever control shift |
4. Copot boot pelindung debu seal gentongnya
boot pelindung debu |
5. Lepaskan seal gentong dengan cara digetok dengan obeng dan palu ke arah luar transmisi
seal gentong |
6. Pasang seal gentong yang baru, dengan sebelumnya dibersihkan terlebih dahulu as tuas transmisi dari debu dan kotoran. Pasangnya dengan cara kebalikan, yaitu digetok dengan palu secara hati-hati ke arah as transmisi.
7. Jika boot rusak atau sobek, sebaiknya diganti dengan yang baru, supaya as tuas transmisi bersih dari debu, dan sealnya awet.
boot baru |
8. Pasang kembali level control shift setelah dibersihkan dari sisa-sisa rembesan oli dan kotoran.
9. Pasang kembali lever/shaft assy dan pasang klip pengunci.
10. Rapihkan kembali air intake yang telah dilepas sebelumnya.
Note:
Harga seal gentong berikut dengan bootnya sekitaran 200 ribuan, bisa lebih murah dengan mencari berbagai alternatif di pasaran.
harga pasaran |
Tingkat kesulitan DIY: 7/10
Setelah mencoba mengganti sendiri seal gentong di mobil saya, lumayan menguras keringat juga ternyata, yang membuat lama adalah waktu pemasangan boot yang terbuat dari karet, karena ternyata perlu teknis khusus untuk pemasangan karet boot tersebut.
Tapi setelah berhasil terpasang, ada kepuasan tersendiri bagi saya, sekaligus juga berhemat biasa jasa pemasangan, apabila di bawa ke bengkel.
Posting Komentar