BREAKING NEWS

Senin, 14 Agustus 2017

Tipe dan Spesifikasi Motor 250 cc yang berpotensi Laris di Indonesia

Honda CBR 250RR Repsol
Ada lima tipe motor berkubikasi 250 cc buatan pabrikan yang beredar di Indonesia saat ini, yaitu:
1. Sport
    Motor yang berfairing masuk dalam kategori ini.
2. Naked
    Motor tanpa fairing yang biasanya basisnya sama dengan motor sport.
3. Touring
    Motor yang idealnya sebagai penjelajah, nyaman untuk digunakan dalam perjalanan jauh.
4. Scooter
    Ini merupakan skuter matik yang berkubikasi besar.
5. Trail
    Motor untuk lintasan offroad.

Jenis motor yang biasanya merajai penjualan di kelas 250 cc adalah jenis sport, motor sport biasanya merupakan motor impian remaja dan anak muda.

Penjualan motor sport 250 cc di Indonesia entah kenapa akhir-akhir ini sedang mengalami penurunan. Mungkin saja karena kebanyakan pengguna motor sport 250 cc sudah mengalami kejenuhan dan ingin beralih ke motor bergenre lain, entah skuter berkubikasi besar atau mungkin motor bergenre touring.


Walaupun penjualan motor sport menurun, akan tetapi saat ini rajanya motor sport 250 cc menurut saya masih dikuasai oleh Honda CBR 250 RR, dengan fitur Throttle by wire, suspensi upside down dan juga rem ABS yang disematkan pada tipe tertinggi. Akan tetapi harganya bisa dibilang over price (untuk tipe tertingginya) yang mencapai 72 juta rupiah. Harga tersebut bagi sebagian pengguna motor sport 250 cc sudah mendekati atau bahkan melewati harga psikologis tertinggi untuk sebuah motor sport 250 cc. Sebagian banyak yang berfikir daripada beli motor yang berharga segitu mungkin lebih baik beli motor sport seken 500 cc yang mungkin saja ada yang menjual di kisaran 80 jutaan.

Dari sisi pabrikan memang berlomba-lomba untuk memberikan spesifikasi tertinggi untuk motor sport 250 cc nya, karena rata-rata pembeli motor sport 250 cc di Indonesia banyak pengennya. Pembeli di Indonesia kebanyakan menginginkan spesifikasi motor sport 250 cc yang canggih dan segudang fitur sementara soal harga juga gak boleh mahal-mahal amat, harus masuk akal dan dapat dijangkau pembeli di Indonesia.

Kalau menurut opini saya memiliki motor sport itu menyulitkan untuk digunakan harian, kekurangannya antara lain:
1. Ketiadaan bagasi
Hampir semua motor sport tidak memiliki bagasi untuk menyimpan barang, padahal itu sangat diperlukan, minimal untuk membawa jas hujan. 

2. Posisi riding tidak nyaman
Posisi riding kebanyakan motor sport adalah menunduk sehingga membuat badan dan tangan cepat pegal, apalagi kalau sering melalui jalan yang padat. 

Seperti kita ketahui Yamaha telah meluncurkan skuter berkubikasi 250 cc barunya, yaitu Yamaha Xmax, yang sejak awal peluncurannya telah menarik banyak minat pembeli. Terlihat dari larisnya inden melalui online walaupun secara harga mencapai 55 juta rupiah yang mana merupakan range harga motor sport 250 cc.

Yamaha Xmax

Yamaha Xmax hadir dengan spesifikasi yang mumpuni dan sudah menjadi fitur standar, bukan lagi fitur tambahan atau opsional. Fitur standarnya sudah meliputi rem ABS, dan Traction Control. Beda dengan motor sport 250 cc kebanyakan, yang menghadirkan rem ABS hanya pada tipe tertinggi.

Untuk saat ini, jika saya diminta memilih tipe motor ber cc 250, saya akan memilih motor skuter karena banyak memberikan kemudahan, dari sisi bagasinya yang besar, posisi duduk yang nyaman, serta mudah digunakan sehingga sangat cocok dengan kebutuhan harian. Sebelumnya pernah merasakan punya motor kopling selama beberapa tahun, dan itu cukup melelahkan di tengah kondisi kemacetan yang semakin parah.

Tren motor 250 cc sepertinya akan beralih ke motor skuter, dalam waktu dekat bisa saja pabrikan lain menyusul Yamaha dengan Xmaxnya. Honda disinyalir akan mengeluarkan Honda Forza 250 untuk membendung larisnya Yamaha Xmax.
Honda Forza 250 ?

Apa sih spesifikasi motor 250 cc yang diinginkan?
1. Mesin berteknologi canggih
Kalau bisa spesifikasi mesinnya:
- Mesin 4 silinder supaya getaran mesin halus dan rpm maksimal bisa mencapai 15.000 rpm.
- Sistem katup variabel, VTEC pada Honda, atau VVA pada Yamaha untuk lebih memaksimalkan tenaga mesin.
- Sistem Idling Stop/Smart Stop System, untuk menghemat BBM, dimana mesin mati saat motor berhenti dalam beberapa detik.
- Teknologi drive by wire supaya dapat disetting riding mode, mau santai pakai mode comfort,  dan mau kencang bisa pilih mode sport.

2. Smart Transmission
Sistem transmisinya canggih, seperti halnya pada mobil dimana ada fitur tiptronic untuk pengaturan perpindahan gigi secara manual atau otomatis, hanya dengan sentuhan jari.

3. Bagasi besar
Bagasinya bisa menampung dua buah helm full face, juga di lain waktu dapat menyimpan barang-barang belanjaan dari Carrefour, giant dan sebagainya.

4. Suspensi nyaman
Suspensi kalau bisa senyaman mungkin, dapat meredam getaran jalan secara maksimal, malah kalau bisa pakai adaptive suspension seperti halnya terdapat pada mobil-mobil mewah.

5. Aman dari maling
Motor sudah dilengkapi dengan alarm plus immobilizer sehingga tidak dapat dicuri, juga sistem key less untuk mempermudah pengoperasian tanpa repot memasukkan kunci terlebih dahulu.

6. Sistem pengereman ABS dan Kontrol Traksi
Sistem pengereman sudah ABS dan dilengkapi dengan kontrol traksi untuk menjamin keamanan dalam berkendara.

7. Airbag pada motor
Airbag bisa juga disematkan pada motor, mengingat fungsinya pada mobil yang sangat vital untuk meningkatkan keselamatan pengemudi.

Wah-wah... kalau semua spesifikasinya seperti di atas, mau dijual di harga berapa ya motornya.. haha...

Salam


Jumat, 04 Agustus 2017

Review Kampas Ganda Elig pada Honda Vario 150 ESP

Pada awalnya saya upgrade motor dari Vario 125 ke Vario 150 adalah untuk mengejar performa, karena kenaikan cc menjadi 150 cc. Memang Vario 150 secara akselerasi menang lebih dibandingkan Vario 125, tetapi ternyata terlewat menganalisa penyakit bawaan Vario 150 yang sudah terkenal sejak awal diperkenalkan.

Apa itu penyakitnya?, penyakit bawaaannya adalah getaran di cvt pada saat awalan, mulai start dari diam sampai motor berjalan. Kalau sedang parah-parahnya sekujur body depan bergetar seperti hape nokia jadul yang getarannya terasa ke badan.

Saya merasakan getaran pada cvt walaupun motor masih dibawah 20.000 km, motor baru setahun pemakaian. Padahal pada Vario 125 yang sebelumnya, getaran pada cvt tidak sebegitu besarnya, hanya mungkin akselerasi saja yang kurang spontan/agak tertahan.

Banyak solusi yang saya dapat kalau searching di Google, diantaranya:
  1. Bersihkan CVT terutama area kampas ganda, jangan lupa amplas kampas ganda supaya permukaannya agak kasar
  2. Ganti per sentri dengan per sentri Honda Beat Karburator atau kalau mau lebih baik lagi pakai per sentri Honda Zoomer Thailand
  3. Ganti kampas ganda pakai kampas ganda pantekan
  4. Ganti kampas ganda pakai kampas ganda yamaha nmax
  5. Ganti kampas ganda pakai kampas ganda elig
  6. Ganti/kustom rumah kopling dengan cara melubangi area gesekan kampas agar butiran kampas dapat segera keluar

Ternyata banyak juga ya solusi yang ditawarkan,  dan solusi nomor 1 dan 2 relatif lebih murah karena tidak sampai ratusan ribu rupiah, sedangkan solusi nomor 3 sampai 6 butuh biaya mahal hingga ratusan ribu rupiah.

Kalau solusi pertama sudah sering saya pakai, bersihin cvt memang setelah itu getaran dan gredeg hilang, tetapi seminggu kemudian getaran muncul kembali, dan ini sangat menjengkelkan buat saya, sehingga saya mencari solusi lain supaya motor tambah nyaman hilang getaran berlebihan.

Setelah pikir panjang, saya tertarik dengan kampas ganda buatan elig, berdasarkan promonya kampas elig yang berbahan keramik organik dinilai bahannya lebih baik dibanding kampas standar yang berbahan asbes, dengan penjelasan spesifikasi, kelebihan dan jaminan lengkapnya sebagai berikut:

Spesifikasi:
  • Dirancang untuk meningkatkan effisiensi kinerja pada mesin motor matic dengan memperbaiki respon akselerasi melalui peningkatan torsi / tarikan secara signifikan dalam aktifitas penggunaan normal sehari – hari (General Rider).
  • Terbuat dari bahan ceramic organic dengan formulasi Elig Friction Technology (EFT).
  • Distribusi tenaga maksimal, anti selip, minim debu dan ramah lingkungan 100% NON ASBESTOS
Kelebihan:
  • Usia pemakaian jauh lebih awet diatas level OEM – High Durability·
  • Menjaga komponen pendukung kopling lainnya agar tetap awet.
  • Dimensi standar yang akurat sesuai dengan standar pabrikan.
  • Kinerja lebih baik dibanding dengan produk OEM secara keseluruhan.
Jaminan Mutu:
  • Diproduksi berdasarkan standar ISO 9001 & TS 16949·
  • Material ceramic 100 % – Non Asbestos & mengacu kepada standar EU ROHS·
  • Memiliki standar kualitas yang diakui Negara maju dunia, seperti: USA, JAPAN & EUROPE
  • Memenuhi standar keamanan produk seperti E/e Mark: JASO, SSP, GB, UIC, R90 & AAR.

Review setelah pemakaian:
Saya mengkolaborasikan penggunaan kampas ganda elig untuk Vario/PCX dengan per sentri Honda Zoomer, per sentri zoomer memiliki kekuatan pegas yang lebih ringan dibanding pegas per sentri bawaan. Oia kalau mau cari kedua parts tersebut, silahkan cari seller di toko online tokopedia maupun bukalapak karena sudah banyak toko online yang menjual kedua part tersebut.

Setelah kedua parts dipasang, saya merasakan bahwa getaran pada saat awalan benar-benar sudah hilang, alias tidak terasa sama sekali. Hanya saja ada rasa sedikit mengayun di bagian cvt pada saat kecepatan rendah. Jika dibandingkan dengan kampas ganda bawaan, disinyalir berat kampas ganda elig lebih berat dibanding kampas ganda bawaan, sehingga pada saat start dari berhenti hingga bergerak, kita perlu gas yang lebih dalam dibanding menggunakan kampas ganda bawaan.

Review setelah seminggu pemakaian pun, sepertinya ayunan pada cvt lambat laun menghilang, dan getaran juga masih belum muncul lagi. Mungkin kampas elig perlu penyesuaian pada rumah kampas ganda di awal pemakaian, sehingga dipastikan semakin lama dipakai, kinerjanya akan semakin baik.

Kesimpulannya pemakaian kampas ganda elig recomendesd buat yang mau menghilangkan penyakit getaran cvt pada Vario 150 ESP. Selamat mencoba ya guys.

Monetisasi Channel Youtube Minimal telah mencapai 10000 view

Setelah lama berkecimpung dalam dunia youtube, dan juga telah menikmati hasilnya dengan earning pertama kali sebesar 100$, saya jadi makin ketagihan untuk lebih mengembangkan penghasian lewat Youtube.

Singkat cerita, setelah kesuksesan channel pertama saya yaitu Maniak Otomotif, yang dapat dimonetisasi dengan google adsense saya maka saya hendak menambah channel baru untuk lebih meningkatkan variasi konten dari video saya. Channel baru saya beri nama Persada Bangsa yang rencananya akan berisi konten video yang lebih umum sifatnya dibanding channel youtube sebelumnya.

Permasalahannya ternyata, aktivasi monetisasi channel youtube tidak semudah sebelumnya, dimana untuk channel baru Google mensyaratkan bahwa channel baru minimal harus memiliki view sebanyak 10.000 view. Jadi saya harus menunggu viewer channel lebih dari 10.000 view baru dapat diaktivasi monetisasinya.


Jadi nyesel juga nih saya, mungkin kalau sebelumnya (awal 2017) saya sudah membuat sebanyak mungkin chanel baru, saya tidak perlu menunggu 10.000 view terlebih dahulu.

So, apalagi buat teman-teman yang baru memulai berkecimpung di Youtube meski bersabar dulu, selain harus menunggu viewer mencapai 10.000 juga harus aktivasi/mendaftar google adsense terlebih dahulu dan disetujui permohonan google adsensenya. Semangat yach..


Kamis, 09 Februari 2017

Membedah Teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) pada Suzuki Ertiga Diesel

Beberapa saat yang lalu, PT. Suzuki Indonesia telah meluncurkan varian terbaru Suzuki Ertiga mereka, yaitu Suzuki Ertiga Diesel Hybrid. Teknologi ini merupakan hal yang baru di Indonesia, tertutama di kelas MPV menengah. 

Teknologi yag disematkan pada Suzuki Ertiga Diesel adalah SHVS, yaitu Smart Hybrid Vehicle by Suzuki. Secara cara kerjanya tidak benar-benar hybrid seperti halnya yang terdapat pada mobil-mobil premium. Teknologi Hybrid pada Ertiga memungkinkan untuk menerapkan sistem Engine Auto Start Stop System pada mesin seperti halnya Idling Stop System pada Honda Vario 125/150 dan Honda PCX. Tidak benar-benar Hybrid karena baterai lithium yang disematkan berukuran kecil yang hanya cukup untuk merestart mesin, dan itu pun juga memanfaatkan power pada aki mobil yang berukuran 70 Ah. Motor Elektrik yang digunakan berukuran kecil, menggantikan peran alternator konvensional.

Secara garis besar komponen utama dalam SHVS yaitu:
1. Integrated Starter Generator (ISG)

ISG adalah motor generator yang menggantikan peran alternator konvensional, ISG dapat menstarter mesin untuk menyalakan mesin secara automatis selain perannya yang dapat menghasilkan energi untuk menyimpan daya listrik ke aki mobil dan baterai lithium ion.

2. Lithium Ion Battery
Baterai lithium ion memiliki peran penting untuk mendukung teknologi hybrid pada suzuki ertiga, baterai ini memiliki daya tahan yang lama, ringan dan ukurannya kompak.

3.  Aki mobil berkapasitas 70 Ah
Aki yang disematkan pada Ertiga Hybrid berukuran lebih besar, yaitu berkapasitas 70 Ah. Lebih besar dari ertiga sebelumnya yang cuma berkapasitas 34 Ah.

4. ECU

Tentunya ECU yang memiliki peran penting untuk mengontrol keseluruhan sistem dalam SHVS, selain perannya untuk mengontrol sistem injeksi pada mesin.

Cara kerja SHVS:
1. Ketika deselerasi
Pada saat deselerasi, daya yang dihasilkan oleh ISG disimpan ke dalam baterai lithium ion dan aki mobil.



Proses charging ke masing-masing baterai akan semakin meningkat saat full deselerasi.

2. Ketika mobil berhenti


Pada kecepatan kurang dari 15 km/jam dan posisi tuas transmisi di posisi N dan pedal kopling bebas maka mesin akan otomatis mati.



Daya yang dibutuhkan untuk menjalankan komponen elektrik pada mobil akan disupply oleh kedua baterai pada saat mesin berhenti beroperasi.


3. Ketika mobil bergerak dari diam
Saat pedal kopling ditekan, maka motor ISG bekerja dan merestart mesin memanfaatkan daya dari baterai lithium ion dan aki mobil. Proses restart mesin berjalan dengan halus berkat penggunaan belt yang didesain khusus.

Kesimpulan:
Teknologi SHVS ini diklaim dapat meningkatkan efisiensi pada mesin. Berdasarkan klaim Suzuki, konsumsi bahana bakar bisa mencapai 22,6 km per liter dan ada peningkatan torsi hingga 200 Nm pada rpm 1750. Untuk lebih meyakinkan pembeli, perlu untuk diuji coba secara lebih lanjut apakah sesuai dengan ekspektasi atau tidak, karena fungsi sesungguhnya dari teknologi hybrid adalah penghematan bahan bakar, seberapa banyak bahan bakar yang dapat dihemat dengan penggunaan teknologi hybrid ini.

Sekian.

Rabu, 08 Februari 2017

Coloring lebih mengasikkan dengan teknologi Augmented Reality dari Quiver Vision

Realitas tertambah atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekadar menambahkan atau melengkapi kenyataan. (Wikipedia)


Seiring maraknya perkembangan AR, sebagaimana yang sudah muncul dan menjadi viral di dunia maya melalui aplikasi permainan Pokemon, muncullah banyak aplikasi-aplikasi lain yang menerapkan teknologi AR. 

Di antaranya ada QuiverVision yang dapat diunduh melalui Android Play Store, ios dan Amazon.  QuiverVision adalah Startup yang memiliki spesialisasi pada teknologi Augmented Reality dan fokus dalam bidang teknik mewarnai/coloring yang dapat dimanfaatkan oleh segala usia.

Link QuiverVision : http://www.quivervision.com/

Siapa saja yang bisa menggunakan aplikasi?
Siapa pun bisa menggunakan aplikasi mewarnai ini, tidak melulu anak-anak, orang dewasa pun dapat memanfaatkan nilai lebih dari aplikasi ini. Bagi anak-anak yang memang sedang suka mewarnai/coloring, aplikasi ini sangat bagus untuk diperkenalkan. Anak dapat mempelajari bentuk 3D dari gambar yang telah diwarnai, yang dapat meningkatkan kreatifitas dan imajinasi anak.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi QuiverVision?
Secara garis besar ada tiga step/langkah Print, Color dan Play, yaitu:


1. Print
Download dulu lembaran yang akan diwarnai melalui pc di http://www.quivervision.com/coloring-packs/, kemudian print. 

2. Color
Silahkan warnai sesuka hati, sesuai imajinasi yang dikehendaki. :)

3. Play
Arahkan kamera dari aplikasi QuiverVision ke lembar yang sudah diwarnai hingga tampil kotak biru, tahan dan tara.... sekarang sudah muncul gambar 3D nya.
 


Gambar 3D si buaya kini muncul di kamera



Bisa diajak main bola si buayanya, dengan cara menyentuh ikon bola, dan mari masukkan bola ke gawang.



Kamis, 02 Februari 2017

25 Perguruan Tinggi Kedinasan dengan Beasiswa Penuh dilengkapi link website resmi

Sejumlah Perguruan Tinggi (PT) Ikatan Dinas akan memberikan beasiswa penuh bagi para lulusan SMA/sederajat yang mampu lolos seleksi di PT-PT itu.

Berikut ini daftar PT ikatan dinas dengan beasiswa penuh:

1. Akademi Ilmu Pemasyarakatan Jakarta, Jalan Raya Gandul Cinere, Jakarta selatan,
website  http://www.akip-kemenkumham.ac.id/



2. Politeknik Akademi Kimia Analis Jawa Barat di bawah Kementerian Perindustrian, Jalan Ir H Juanda 7, Bogor, website  "http://www.aka.ac.id


3. Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta di bawah Kementerian Perindustrian, Jalan Timbul 34, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan, website  pmb.poltekapp.ac.id



4. AKAMIGAS-STEM – Akademi Minyak dan Gas Bumi (Sekolah Tinggi Enerji dan Mineral) di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI. Lokasi kuliah Cepu, Jawa Tengah (Kawasan Rig dan pengeboran minyak)
Info bisa dilihat di "http://www.akamigas.ac.id/



5. Akmil - Akademi Militer RI. 
Untuk pendaftaran bisa search di  "http://www.akmil.ac.id/


6. Akpol - Akademi Kepolisian RI. 
Untuk pendaftaran bisa search di www.penerimaanp  "http://penerimaan.polri.go.id/syarat_akpol



7. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Nasional (BMKG), Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG), Jalan Perhubungan I No 5, Komplek Metro, Pondok Betung, Bintaro, Tangerang,
website "http://stmkg.ac.id/


8. Badan Pusat Statistik (BPS), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Jalan Otto Iskandardinata No 64C, Jakarta Timur,
website  "http://www.stis.ac.id



9. Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi AKuntansi Negara (STAN) di bawah Kementerian Keuangan, Jalan Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang,
website  "http://www.pknstan.ac.id/



10. MMTC – Sekolah Tinggi Multi Media Training Center di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo)
Pendaftaran online di  "http://www.mmtc.ac.id Lokasi kuliah di Yogyakarta



11. Politeknik Kesehatan DEPKES Surabaya, Jalan Pucang Jajar Tengah 56, Surabaya,
website  "http://www.poltekkesdepkes-sby.ac.id


12. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN) Bandung, Jalan Cimandiri 34-38, Bandung,
website  "http://stialanbandung.ac.id/


13. Sekolah Tinggi Manajemen Industri Jakarta, Jalan Letjen Suprapto 26, Cempaka Putih, Jakarta Pusat,
website  "http://www.stmi.ac.id



14. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Jalan Dr Setiabudi 186, Bandung,
website "http://pmb.stp-bandung.ac.id/

15. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Curug Banten, Jalan Raya PLP Curug, Tangerang, website "http://www.stpicurug.ac.id



16. Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta, Jalan AUP, Pasar Minggu, Jakarta Selatan,
website  "http://www.stp.kkp.go.id/


17. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Yogyakarta, Jalan Tata Bumi 5, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta,
website  "http://www.stpn.ac.id


18. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Jalan Raya Haji Usa, Desa Putat Nutug, Ciseeng, Bogor, website  "http://www.stsn-nci.ac.id


19. Politeknik Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Jawa Barat di bawah Kementerian Perindustrian, Jalan Jakarta No 31, Bandung,
website  "http://www.stttekstil.ac.id


20. Sekolah Tinggi Transportasi Darat Jawa Barat, jalan Raya Setu Km 3,5 Cibuntu, Cibitung, Bekasi, Jawa barat,
website  "http://www.sttd.ac.id/


21. Sekolah Tingi Kesejahtraan Sosial (STKS) Bandung di bawah Kementerian Sosial, Jalan H Juanda 367, Bandung, website  "http://www.stks.ac.id


22. STPDN/IPDNInstitut Pemerintahan Dalam Negeri di bawah Kementerian Dalam Negeri RI. Untuk pendaftaran bisa search di  "https://www.ipdn.ac.id/



23. STIN - Sekolah Tinggi Intelijen Negara di bawah Badan Intelijen Negara
Pendaftaran online di https://www.stin.ac.id/


24. STPP - Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian di bawah Kementerian Pertanian, berlokasi di Yogyakarta, Pendaftaran online di https://stppyogyakarta.ac.id/


 25. STT-PLN - Sekolah Tinggi Teknik Perusahaan Listrik Negara di bawah Perusahan Listrik Negara, berlokasi di Cengkareng, Pendaftaran online di http://sttpln.ac.id/

Dapet Hippo ILO F2 kapasitas 11.000 mAh harga promo

Ternyata gak cuma cewek aja yang hobby belanja, hobby belanja bisa menjalar ke siapa saja tanpa mengenal jenis kelamin dan sebagainya.

Contohnya saya ini, walaupun sudah punya power bank yang dibeli belum beberapa lama, ketika ada promo besar-besaran di online, jadinya tergiur juga. Padahal kalo dihitung-hitung, di rumah sudah ada beberapa power bank, tetapi belum ada yang bisa memuaskan hati. Ada yang sudah lawas kapasitas 10.000 mAh, tetapi kalo dipake buat ngecas cuma bisa sampe 70% padahal power bank sudah dicash full, ada lagi yang portabel, ukurannya sangat ringan tetapi kapasitasnya cuma 6600 mAh yang biasa digunakan kalo lagi gak mau ribet bawa power bank yang berat-berat, dan yang satu lagi merk Veger berkapasitas 20.000 mAh (merk yang gak jelas asli..) dibeli di ITC Cempaka Mas, kalau kata si penjual bisa buat ngecash sampai 4x, pada kenyataannya hanya bisa ngecas 2x saja.

Karena saya rajin pantengin medsos merek-merek ternama, kebetulan ada promo yang ditampilkan di Facebooknya Hippo Indonesia, mereka meluncurkan produk baru yang diberi nama Hippo ILO F2 berkapasitas 11.000 mAh. dari harga Rp.379.000 menjadi Rp.109.900 sudah termasuk ongkir. Syaratnya hanya pada rentang waktu tertentu dan belanjanya di toko online shopee.

Promo Hippo ILO F2 11000 mAh

Singkat cerita, sampailah power bank yang dinanti ke rumah, dan sekarang sudah menjadi tambahan alternatif power bank yang sudah ada.
paket kiriman


Sesuai dengan promonya, saya juga mendapatkan usb led lamp, phone holder, dan touch pen. Sebenarnya saya hanya menggunakan usb led lamp saja, karena power bank yang ini tidak ada torch atau lampu senter yang built in. Kalau phone holder dan touch pen sepertinya belum terlalu penting untuk digunakan.

2 buah port usb 2.1 A
Secara ukuran, power bank yang memiliki dimensi 15 x 6,4 x 2,2 cm ini ukuarnnya sangat besar dan juga bobotnya berat. Kalau untuk digenggam rasanya akan cukup melelahkan, dan untuk penggunaan sehari-hari rasanya lebih bijak kalau pengecasan dilakukan di atas meja saja.
tampak depan

tampak belakang
Saya sudah mencoba mengecas Infinix Zero 3 yang berkapasitas 3000 mAh, dari nyala lampu indikator led posisi 4 (empat) di power bank Hippo ILO F2 sampai dengan baterai HP Infinix Zero 3 penuh, lampu indikator masih berada di posisi 4, masih bisa digunakan dua atau bahkan tiga kali lagi.

Untuk power bank yang satu ini, after salesnya bisa dibilang cukup baik, karena memberikan garansi produk selama satu tahun.


 
Copyright © 2014 Persada Blog

Powered by Mafsyah