BREAKING NEWS

Senin, 21 November 2016

Membuat Daftar Isi dengan mudah menggunakan plug in dari Garafu

Sudah beberapa kali memasukkan Daftar Isi di halaman web ini, akan tetapi selalu saja link sourcenya mati, sehingga halaman daftar isi yang tadinya tampil tidak muncul lagi.

Solusinya adalah update source code untuk daftar isi, dan saya menemukan Garafu menyimpan koding tersebut di halaman github yang mudah-mudahan kodingnya awet dan tidak hilang lagi.


 
Caranya:
Gampang sekali, cukup masukkan alamat web ke dalam boks Your Blog URL, lalu klik tombol open window, jika sudah cocok, silahkan kopi paste script di kolom script diatas ke dalam halaman blog 

Demo : klik di sini

The Halal Guys - Kuliner Halal di Kota Manila


Seperti biasa, sebelum mengunjungi kota di luar negeri, saya selalu menyempatkan diri untuk mencari daftar resto halal di kota tersebut. Berdasarkan rencana, kami akan menginap di Go Hotel yang berada di daerah Pasig, Ortigas Center, ternyata terdapat resto halal yang merupakan cabang dari The Halal Guys yang telah ada sebelumnya di Kota New York.

Berdasarkan alamat di Google Maps, The Halal Guys berlokasi di 5L (Lantai 5) Mega Food Hall, SM Mega Fashion Hall, SM Megamall, Epifanio de los Santos Ave, Ortigas Center, Mandaluyong, Metro Manila, Filipina. Hanya berjarak kurang lebih 900 meter dari hotel, tetapi memerlukan waktu yang lebih lama apabila dicapai dengan kendaraan, justru lebih cepat dengan berjalan kaki dikarenakan kepadatan kendaraan di Kota Manila.


Menu yang terdapat di resto ini adalah Platter dan Sandwich. Platter adalah nasi briyani yang dicampur dengan potongan ayam dan daging juga salad. Sementara Sandwich lebih mirip kebab ala Turki.

The Dish

Paket
Saya penasaran dengan Platters yang berukuran regular, ternyata setelah saya pesan saya tidak dapat menghabiskannya karena porsinya sangat besar.

Platter ukuran regukar
Untuk harga, dengan porsi yang sebenarnya cukup untuk berdua saya rasa sebanding dengan makanannya. Harganya adalah 299 peso untuk Platter regular, kalau dirupiahkan dengan kurs 1 peso = Rp.290, maka harganya adalah  Rp.86.710 belum termasuk minum dan pajak.

Resto ini sangat saya rekomendasikan bagi traveler muslim yang akan mengunjungi Manila, selain sudah mendapat sertifikasi halal dari badan sertifikasi halal Filipina juga rasanya sangat nikmat. Saya tidak merekomendasikan untuk makan di resto fast food yang banyak terdapat di Manila sperti KFC, Mc Donald, Jollibee dan lain-lain, karena resto-resto tersebut belum mendapat sertifikasi halal, bahkan kebanyakan juga menjual makanan yang mengandung babi.

Tips bagi teman-teman bila ingin mencari makanan yang mendekati halal di Manila Filipina, hindari makanan mengandung kata pork, pig, beacon, dan baboy (bahasa tagalog), atau cari menu yang berbahan dasar ikan saja serta jangan membeli makanan di resto yang juga menjual makanan olahan babi karena kemungkinan tercampur sangat besar.



Selasa, 27 September 2016

Review Knalpot R9 Misano pada Honda Vario 125 CBS ISS

Belum lama, kurang lebih sebulan lalu saya melakukan pemasangan knalpot R9 Misano pada Honda Vario 125 CBS ISS saya, setelah sebelumnya mencari seller terpercaya di tokopedia. Saya mendapatkan harga yang lebih miring dibandingkan membeli langsung pada R9 Premium Store.


Pemasangan cukup mudah, hanya dengan melepas knalpot standar, dan memasang header knalpot khusus Vario 125 yang telah disediakan. Tersedia pula braket khusus dan per untuk menyambungkan header dengan silencer.

Untuk hasil maksimal, selalu gunakan paking pada leher knalpot, karena jika tidak maka knalpot akan nembak-nembak dan sangat tidak nyaman didengar.

Selain itu jika mau suaranya lebih halus lagi, silahkan pakai db killer tambahan, bisa dipasang di sambungan header dengan silencer. Kalau saya pakai db killer buatan Gas Motor ditambah paking kuningan.

Review:
- Akselerasi bawah sampai atas meningkat
- Terasa sekali hentakan saat akselerasi, untuk mencapai kecepatan 100 kpj dapat dicapai lebih cepat
- Suara ngebass adem di stasioner dan ngebas teriak jika digeber

Untuk modif maksimal, disarankan untuk upgrade area CVT juga, misalnya ganti roller lebih ringan, per kopling 1500 rpm, busi platinum/iridium hingga bore up mesin.

Bagi yang mau mendengar suara khas R9 Misano silahkan disimak video dibawah ini.


Selasa, 19 Juli 2016

Upgrade Motherboard Asus P5GC-MX FSB 800 menjadi P5GC-MX FSB 1333 (OC)

Saat ini saya sedang melakukan proses upgrade CPU di rumah. Spesifikasi CPU saya sebelumnya adalah mainboard Asus P5GC-MX keluaran pertama yang FSB-nya masih mentok di 800 MHZ, prosessor Intel Dual Core E5700 3.0 Ghz, Memori RAM DDR2 1 GB PC 4600 VGEN, VGA Geforce GT 210 1 GB, dan Hard disk 120 GB SATA.

Sementara ini saya berniat upgrade pada prosessor dan RAM terlebih dulu, belum berniat untuk mengupgrade sistem secara keseluruhan karena sayang mau ditaruh dimana part-part sekennya. Setelah studi banding melihat spesifikasi motherboard yang saya miliki, sepertinya maksimal prosessor yang dapat dipasang adalah Intel Core 2 Duo. 

Kelirunya saya, ternyata banyak versi dari Intel Core 2 Duo, dari yang FSB 800 s.d. 1333 MHZ, padahal saya sudah hunting prosessor di Harco Mangga Dua beberapa hari yang lalu dan sudah mendapat prosessor seken Intel Core 2 Duo E7500 2,93 Ghz dengan FSB 1066 dan memori DDR2 2 GB PC 5300, waladalah ternyata mainboard saya hanya support FSB max 800 saja.

Pada saat prosessor dipasang, muncul pesan Intel ucode loading error, press F1 to enter Setup or F2 to load default Value lalu saya pilih opsi tombol F2, CPU dapat berjalan normal tanpa kendala, akan tetapi kendala muncul saat CPU dimatikan, monitor sudah bisa mati, tetapi prosessor dan fan masih saja hidup dan harus dipaksa dimatikan secara paksa dengan menekan tombol power lebih dari 15 detik. Ini berarti mainboard belum dapat mengenali prosessor secara benar, dan perlu update bios.

Asus P5GC-MX 1333

Ada beberapa versi Asus P5GC-MX, dari mulai versi awal yang FSB 800, lalu muncul yang FSB 1066, hingga yang terakhir FSB 1333. Bisa dibedakan dari kemasan dusnya, sebagai contoh pada FSB 1333 terdapat tulisan 1333 tambahan. Entah terdapat perubahan hardware terhadap perbedaan tersebut, atau mungkin hanya update bios saja, soalnya pabrikan mengakui dalam spesifikasi mainboard yang tertera pada web Asus bahwa FSB 1333 itu merupakan overclock dari pabrikan.

Ternyata ada satu artikel yang saya temui pada saat googling, yang menyampaikan info bahwa setelah update bios versi P5GC-MX (ud) yaitu versi yang sama dengan versi bios mainboard FSB 800 dengan versi bios Asus P5GC-MX  FSB 1333 terbaru, mainboardnya dapat mengenali prosessor Core 2 Duo dengan FSB 1066 dengan tanpa kendala. (artikelnya comot dari sini)

Oleh karena itu saya jadi penasaran untuk mencoba update bios dengan versi mainboard Asus P5GC-MX FSB 1333 juga, mudah-mudahan berhasil dan tanpa kendala. Walaupun terjadi masalah pada mainboard pun saya sudah siap, karena itu berarti saya harus membeli mainboard baru.

Teknik update bios terbaik berdasarkan googling adalah menggunakan AFUDOS, yaitu perintah under DOS dengan menggunakan Floppy Disk/CD/DVD/USB Flash disk bootable. Saya sudah coba menggunakan aplikasi Asus Update Utility dari OS Windows 7 64 bit, upgrade bios tidak berhasil. 

Untuk itu, berikut langkah-langkahnya.
1. Siapkan alat-alat yang dibutuhkan. yaitu:
- USB Flash disk, cukup yang berkapasitas kecil 2 GB saja, semakin besar kapasitas flash disk maka semakin lama proses formatnya.
- aplikasi HP USB tool, aplikasi ini untuk memformat USB flash disk agar bisa bootable.
- file MSDOSSYSTEM, file ini untuk menjalankan perintah-perintah under DOS.
- file AFUDOS, file ini untuk eksekusi perintah update bios pada mainboard ASUS.
- file ROM  BIOS Mainboard ASUS P5GC-MX 1333 terbaru, saya menggunakan versi 0413.
Silahkan cari file-file tersebut di internet, dan untuk ROM BIOS P5GC-MX harus download dari situs ASUS.COM.

2. Setelah alat-alat yang diperlukan tersedia, install HP USB TOOL.

3. Jalankan Program HP USB TOOL, centang pada kotak: Create a DOS startup disk
4. Centang juga : using DOS system files located at, kemudian browse ke folder dimana msdossystem tadi di extract.

5. Start Formatting.

6. Copy file AFUDOS dalam usb flash disk.

7. Perhatian: Jangan merubah nama AFUDOS.exe !!!

8. Jika nama file ROM terlalu panjang, seperti P5GC-MX-ASUS-1333-0413.ROM (rubah jadi P5GCMX.ROM jika tidak dirubah maka update bios akan gagal)

9. Jika semua sudah siap, restart CPU tetapi sebelumnya rubah dulu booting pertama ke flash disk)

10. Setelah masuk ke DOS ketikkan perintah AFUDOS /iP5GCMX.ROM
(perhatikan spasi dan /i jangan sampai ketinggalan) tekan ENTER.

Good luck..

Perhatian : segala bentuk kerusakan pada hardware diakibatkan mengikuti tutorial ini adalah bukan merupakan tanggung jawab penulis, pembaca dianggap sudah memahami segala resiko yang akan terjadi akibat kegagalan update bios ini.

Jumat, 15 Juli 2016

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, calon mobil idaman keluarga muda

Beberapa minggu belakangan, santer terdengar kabar bahwa Toyota dan Daihatsu akan mengeluarkan lagi unit baru untuk kelas LCGC mereka.

Disinyalir unit ini dibuat untuk melawan dominasi dari Datsun Go+ (Go Plus), yaitu untuk mengakomodir penyuka mobil 3 baris (7 penumpang). Unit yang dimaksud adalah Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Direncanakan kedua unit tersebut sudah dapat dipesan pada bulan Agustus 2016, bisa saja dilaunching pada event GIIAS 2016 nanti.

Daihatsu Sigra

Toyota Calya
Secara tampilan, keduanya memiliki basis yang sama. Mungkin jika melihat di bagian depan, perbedaannya terlihat pada desain bumper. Bumper depan Daihatsu Sigra dibedakan dengan arah grill yang besar di atas tetapi kecil di bawah, sebaliknya dengan Toyota Cayla, desain grilnya amat mirip dengan Toyota Avanza Veloz.

Toyota Avanza Veloz
Untuk Daihatsu Sigra, logonya memiliki desain baru yaitu seperti bentuk huruf S, sedangkan Toyota Calya tetap menggunakan logo yang lama yaitu burung Garuda.

Mari kita membahas dari sisi interiornya terlebih dahulu.

 
Interior Toyota Calya
Interiornya berdasarkan gambar di atas, menunjukkan bahwa Toyota Calya dapat memuat 7 penumpang, dan tidak cuma slogan 5+2 seperti mobil tetangga sebelah. Dapat dilihat bahwa kursi menggunakan bahan Fabrik yang cukup tebal, dan boleh dibilang sama tebalnya dengan Toyota Avanza. Hal yang dapat dilihat juga adalah head rest pada baris pertama tidak dapat disetel karena modelnya sama seperti Toyota Agya. Sepertinya juga kursi di bagian tengah sudah menganut Isofix, terlihat dari seat belt yang diposisikan di bagian atas tengah.

Berdasarkan informasi dari Toyota, penyetelan kursi sudah menganut One Touch Tumble sama halnya dengan Toyota Avanza, jadi sangat memudahkan untuk mengatur kursi.

Dashboard dan Stir Toyota Calya
Lanjut ke bagian dashboard, ternyata tuas transmisi diposisikan di bagian dashboard, tidak lagi disamping kursi sopir. Tentunya hal ini membuat baris pertama lebih lapang, dan lebih leluasa untuk berganti posisi dari kursi penumpang ke kursi pengemudi dan sebaliknya. Untuk rem tangan kemungkinan jika dilihat dalam gambar, bisa saja diposisikan dalam bentuk rem kaki karena tidak terdapat tuas rem tarik seperti halnya Datsun Go+.

Speedometer seperti terlihat dalam gambar terdapat indikator putaran mesin, kecepatan mobil dan MID. MID yang terdapat pada Toyota Agya dapat melakukan penyetelan ECO Drive, menampilkan trip meter dan juga konsumsi BBM, sepertinya pada Toyota Calya akan sama seperti Toyota Agya.

Spesifikasi Toyota Calya, berdasarkan sumber di sini
- Mesin 3NR-VE 1.200 cc Dual VVT-i 
- Power 88 ps / 6000 rpm
- Torsi 108 Nm/ 4400 rpm
- Transmisi 5 MT/4 AT
- Penggerak roda depan  (FWD)
- Drive by Wire
- Dual SRS Airbags
- 3 point seatbelt
- ISOFIX seat
- ABS-EBD (Kecuali tipe E)
- Alarm dan Immobilizer

Nah, komplit bukan spesifikasinya bahkan sudah dilengkapi airbag dan ABS, padahal masih dalam kelas LCGC, benar-benar sangat menarik untuk dimiliki. Hemmm.

Untuk harga, berada di kisaran Rp. 129 juta sampai dengan Rp. 149 juta. Masih dibawah range Toyota Avanza, jadi masih dapat dijangkau oleh keluarga muda.

Bagi yang ingin melihat video Daihatsu Sigra, dapat melihat di bawah ini.


Selasa, 16 Februari 2016

Sharing Scanner dengan memanfaatkan aplikasi Blind Scanner

Suatu waktu saya dihadapkan pada suatu masalah yaitu dimana teman-teman meminta saya untuk menshare scanner yang terdapat pada komputer saya agar dapat digunakan oleh teman-teman yang lain.

Utak-atik sana-sini dan coba untuk klik kanan pada properties scanner Epson GT-2500 ternyata tidak terdapat opsi untuk sharing, berbeda saat melihat properties pada printer. Pada printer opsi untuk sharing tersedia, sehingga printer dapat dishare dengan sangat mudah.

Lalu apakah saya menyerah pada tantangan tersebut, tentu tidak, sebagai penghobby IT dan gadget, tentunya saya tidak boleh menyerah begitu saja, saya yakin pasti ada satu cara untuk dapat menshare scanner dimaksud.

Setelah googling sana-sini, akhirnya hasil pencarian pada google merujuk pada aplikasi Blind Scanner. Aplikasi ini mengklaim dapat menshare scanner dengan cara menginstal aplikasi Blind Scanner server pada PC yang terdapat scanner dan menginstal aplikasi  Blind Scanner client pada pc yang akan menggunakan scanner.
Blind Scanner Pro Server

Blind Scanner Pro Client

Untuk dapat menggunakan aplikasi secara penuh, disarankan untuk menggunakan aplikasi Blind Scanner Pro, karena ditambahkan aplikasi Scannito Lite yang dapat mempermudah mengorganisir hasil scan.

Jika kita tidak menggunakan versi yang pro, alias versi trial, maka hasil scan akan tercetak watermark unregistered version.

Untuk dapat menggunakan Blind Scanner pro silahkan unduh di website resminya yaitu di alamat: http://www.blindscanner.com/products/blindscanner-pro.html. Kalau mau cari gretongannya silahkan googling sendiri ya...

Honda CBR 150R 2016, lompatan desain motorsport entry level

Setelah launching motor baru Honda, yaitu All New Honda CBR 150R 2016 pada tanggal 14 Februari 2016 kemarin, saya jadi kepincut nih sama desain baru motor ini.

CBR 150R 2016 / Antara foto
Desainnya benar-benar mirip dengan moge (motor geude) yang selama ini saya idam-damkan. Bentuk bodi padat berisi, ditambah penggunaan lampu LED pada semua lampu, baik itu lampu utama, lampu stop hingga lampu sein.

Mesin menggunakan basis yang sama dengan New Honda CB150R atau Honda Sonic 150, kemungkinan AHM sudah memanipulasi ECU sehingga akselerasi All New Honda CBR 150R lebih nampol dibanding New Honda CB150R atau Honda Sonic 150, mengingat penambahan fairing yang menambah berat pada motor.

Padanan warna pada All New Honda CBR 150R yaitu Revolution White, Nitro Black, Racing Red, dan MotoGP Edition (Repsol Honda) semakin memikat para penggemar CBR termasuk saya.. ehm..


Revolution White cocok untuk menemani Honda Vario 125 CBS ISS putih saya nih, cocok pula buat penggemar warna putih yang mencirikan sifat elegan.

Coba kalau AHM menyediakan juga warna silver, untuk menemani Daihatsu Ayla silver saya... mungkin akan lebih klop lagi... Wkkk...

Sebagai saran bagi AHM, mungkin bisa diterapkan pada next facelift kedepan, saya mengharapkan next CBR 150R dapat dilengkapi dengan alarm immobilizer, yaitu kunci kontak yang terintegrasi dengan ECU melalui sinyal RFID. Hal ini untuk meminimalisir pencurian motor kesayangan, mengingat Honda CBR seringkali menjadi sasaran pencurian.

Sebagai kesimpulan, All New Honda CBR 150R 2016 pada saat ini merupakan motor yang disesuaikan dengan tren yang berkembang pada saat ini, sebagai contoh penggunaan lampu LED pada headlamp, dashboard full digital, split seat atau jok terpisah untuk motor berfairing, hingga ukuran ban yang cukup besar dan mencerminkan kegagahan.

Kamis, 21 Januari 2016

Era Keyles Entri + Immobilizer mulai merambah sepeda motor

Seperti kita ketahui, teknologi alarm berkembang sangat pesat di dunia roda empat alias mobil. Banyak perkembangan-perkembangan baru dari sisi teknologi pengamanan/security mobil pada jaman sekarang. Dahulu kala kita masih menggunakan kunci manual kemudian karena kemajuan teknologi lalu beralih menjadi electronic lock dan unlock system. Memberikan kemudahan bagi kita untuk tidak mencolok/memutar kunci saat akan membuka pintu mobil, cukup menekan tombol pada remote control alarm. Inilah yang dinamakan dengan Alarm Key Less Entry.

Alarm Key Less Entry

Teknologi kemudian berlanjut dengan Alarm Smart Entry. Dengan teknologi ini kita tidak perlu lagi menekan tombol pada remote control alarm untuk membuka atau menutup pintu mobil, cukup dengan mengantungi modul remote dan buka pintu seperti biasa. Bahkan anak kuncinya disembunyikan dalam modul remot, hanya digunakan pada saat tertentu misalnya remote bermasalah atau batere remot habis. 

Smart Entry Toyota

Kedua system alarm diatas merupakan cara untuk mencegah terjadinya pencurian kendaraan bermotor selain untuk mempermudah penggunaan sistem penguncian kendaraan. Akan tetapi system tersebut masih belum ampuh untuk menghalangi tindakan pencurian jika belum dilengkapi dengan immobilizer. Immobilizer adalah suatu sistem keamanan mobil yang akan melumpuhkan mobil apabila digunakan kunci kontak yang salah untuk menghidupkan mesin. Immobilizer terintegrasi dengan komputer yang mengelola pengapian mesin yaitu ECU (Electronic Control Unit). Sehingga amat mustahil menyalakan mesin bila menggunakan kunci kontak yang tidak sesuai kecuali dengan cara melumpuhkan ECU mobil.

Immobilizer System


Sejatinya teknologi alarm di atas, mudah diaplikasikan juga pada sepeda motor mengingat pabrikasi sepeda motor sebenarnya tidak lebih rumit dibanding mobil. Sepeda motor standar pabrikan yang sudah menerapkan teknologi alarm pada sepeda motor seakan setengah hati. Ini bisa dilihat dari fiturnya yang sangat-sangat terbatas, sebagai contoh pada Honda Vario 150 ESP yang beredar saat ini yang memiliki fitur Answer Back System, fitur ini hanya mempermudah kita untuk mencari motor di kereumunan parkiran motor, itu saja tidak lebih dari itu.

Kunci Honda Vario 125/150 ESP
Lalu yang baru saja dilaunching saat ini yaitu Yamaha New Fino 125 memiliki fitur Answer Back System ditambah lagi dengan Auto Open Key Shutter. Fitur ini hanya menambahkan dari yang dimiliki Honda Vario 125/150 ESP sehingga pemilik Yamaha Fino 125 bisa membuka penutup Secure Key Shutter dengan menggunakan remote.

Advanced Key System

Di negara tetangga, tepatnya di Vietnam, Honda sudah menyematkan sistem keamanan yang lebih canggih pada Honda PCX 125 serta beberapa lineup baru mereka. Sistem ini seperti halnya immobilizer pada mobil ditambah fitur push start button. Pengguna motor tidak perlu memasukkan kunci motor sama sekali, cukup dengan mengantungi kunci motor lalu putar knob yang berfungsi seperti layaknya key untuk menyalakan motor.
 
Smart Key Hodan PCX 125

Remote Key
Jika kunci berada diluar radius dari immobilizer yang disematkan pada motor, maka kelistrikan motor akan langsung mati.

Selasa, 29 Desember 2015

Tips mengganti Switch Idling Stop Vario 125

Setelah pemakaian kurang lebih 32 bulan atau 2 tahun lebih, mulai nampak trouble pada Honda Vario 125 ISS saya, yaitu switch Idling Stop tidak bekerja dengan baik. Bila seharusnya lampu penanda Idling Stop warna hijau menyala pada saat switch dipilih Idling Stop, akan tetapi sama sekali kali ini tidak ada perubahan, lampu penanda idling stop tetap mati.

 












Dampaknya adalah motor saya tidak bisa lagi memanfaatkan fitur idling stop, saat mesin idling lebih dari 3 detik, mesin tidak bisa mati secara otomatis. Selain itu timbul gejala nyendat yang cukup parah, gejala ini baru muncul saat switch idling stop bermasalah.

Menurut keyakinan saya, mungkin hanya switchnya saja yang rusak sehingga cukup mengganti switch idling stop. Kemungkinan switch rusak bisa saja terjadi apalagi bila sering menggunakan tombol idling stop dan terpengaruh cuaca selama berkendara atau saat kendaraan terparkir.

Cara penggantian switch:


  1. Sediakan part pengganti Switch Assy Idling Stop. Part dapat dibeli di HEPS Online atau dealer/bengkel AHASS terdekat. Saya membeli dengan harga Rp.40 ribu di bilangan Kebon Jeruk Jakarta Pusat.
  2. Untuk membuka switch ternyata kita perlu membuka batok setang bagian depan, untuk yang bagian belakang tidak perlu dibuka.
  3. Sebelum membuka cover setang, kita perlu membuka cover segitiga di depan [nomor 2], caranya buka baut baut pada nomor 1, kemudian angkat ujung cover dekat posisi [nomor 5] sambil didorong ke atas. Hati-hati jangan sampai mematahkan pengait plastiknya. 
  4. Setelah itu lanjut membuka kedua spion kiri dan kanan
  5. Lepas semua baut yang ditunjukkan pada gambar di bawah, ada empat buah baut.
  6. Kemudian angkat pelan-pelan cover setang bagian depan, dimulai dari pengait [nomor 5], hati-hati saat menarik, untuk memudahkan bisa menggunakan kartu atm yang tidak terpakai, kemudian dorong ke sela-sela cover depan dan cover belakang hingga pengait terlepas. Lakukan pada kedua sisi, sisi kanan dan kiri
  7. Setelah itu lanjut pada sisi tengah cover depan, lepaskan pengait [nomor 7], sehingga cover depan dapat terlepas dengan mudah.
  8. Setelah cover depan terlepas, lepas penutup debu switch idling stop kemudian lepas konektornya
  9. Cara melepas switch yaitu dengan menggunakan obeng minus dari dalam cover, dorong pengait di sisi kiri dan kanan switch sambil mendorong switch keluar.
  10. Untuk memasang switch yang baru, lakukan arah kebalikan.

Rabu, 07 Oktober 2015

Review Busi Platinum NGK CR8EGP pada Honda Vario 125 ISS

Sebetulnya untuk pemakaian sehari-hari, saya telah menggunakan busi iridium Denso IU27 pada Honda Vario 125 ISS saya. Akan tetapi berhubung pemakaian sudah lebih dari satu tahun, dan kinerjanya sudah semakin menurun ditandai dengan agak sedikit ngempos di putaran bawah maka saya mencari pengganti busi iridium yang selama ini terpasang.

Setelah survey secara online, mengamati busi apa yang cocok untuk Honda Vario 125, maka pilihan yang muncul adalah penggunaan busi platinum NGK CR8EGP. Banyak yang mengatakan bahwa penggunaan busi iridium untuk pemakaian harian lebih banyak mubazirnya dibandingkan kinerja yang dihasilkan, apabila mengingat harganya yang cukup mahal.

Busi platinum menjadi alternatif, karena harganya sangat murah dibanding busi iridium, harganya cuma bebeda sedikit dibanding busi original tipe Denso U27EPR9. Saya mendapatkannya melalui toko online Tokopedia, harganya cuma Rp.28.000 saja. 

Berikut foto-foto perbandingan busi NGK CR8EGP dan DENSO U27EPR9, mohon maaf tidak menampilkan foto busi iridium DENSO U27 dikarenakan kelupaan.

Kiri busi platinum NGK CR8EGP dan kanan busi ori Denso U27EPR9



perbandingan kepala busi
kepala busi ori vario lebih panjang
Review setelah pemakaian busi platinum NGK CR8EGP:
  1. Akselerasi di putaran bawah lebih yahud dibanding busi iridium DENSO IU27, hentakannya lebih terasa.
  2. Akselerasi di putaran menengah hingga atas cukup sebanding dengan penggunaan busi iridium DENSO IU27, sama-sama galak dan enteng dibejek gasnya.
  3. Bawaanya pengen ngegas terus, karena putaran gas jadi lebih enteng dan paling enak jika digeber dalam putaran tinggi. Beberapa kali saya merasa terhempas ke belakang saat berakselerasi, rasanya nikmat tenan..
  4. Jika menggunakan busi platinum NGK CR8EGP maka busi original menjadi sangat tidak enak jika dibandingkan, ibaratnya akan menjadi ketagihan dan tidak mau lagi memakai busi original.
Demikian review dari saya, meskipun sangat subjektif mengingat saya juga telah melakukan beberapa ubahan pada bagian CVT, yaitu pemakaian roller 15 gram milik Vario 150, V Belt milik Vario 125 ESP (dua sisi), Per CVT 1500 rpm TDR, dan penggantian air intake milik Honda PCX 150. 

Selamat mencoba..

Senin, 21 September 2015

Membuka Handphone Samsung S7500 Yang Lupa Pola

Mungkin diantara kita pernah kejadian lupa pola yang kita setting untuk masuk ke hape, tentunya hal ini akan sangat merepotkan bagi kita. Biasanya kita sudah panik terlebih dahulu, bahkan bisa jadi hape tersebut jadi bahan pelampiasan kekesalan.


Oleh karena itu di sini  saya ingin sharing caranya supaya kita bisa memperbaiki sendidi hape yang lupa pola seperti di atas. 

Cara membuka handphone yang lupa pola ada dua kriteria yaitu:

1. Bila hape sudah didaftarkan akun google.
Kita cukup memasukkan alamat email dan password google untuk mereset pola, yaitu setelah mencoba mengisi pola yang salah sebanyak beberapa kali.

2. Bila hape belum didaftarkan akun google.
Bila hape belum didaftarkan akun google maka kita harus melakukan hard reset, yaitu dengan cara:
- menggunakan kombinasi tombol VOL UP + VOL DOWN + HOME + POWER secara bersamaan.  Yup, keempat tombol secara bersamaan hingga muncul tulisan samsung, lalu lepaskan.

- setelah muncul bootloader, seperti di bawah ini, pilih menu wipe data/factory reset. Caranya dengan menggunakan volume up dan down, dan gunakan tombol home untuk memilih.


 - setelah itu akan ada pertanyaan tambahan untuk meyakinkan kita apakah akan mereset hape, pilih saja yes

- setelah selesai wiping data dan factory reset, pilih menu reboot system now. Kemudian hape akan restart dan kembali ke settingan awal saat kita membuka hape pertama kali,


 Horraaaaii... selamat sekarang Anda bisa memperbaiki hape sendiri.. uhuii...

Jumat, 11 September 2015

Ebook - Mengolah Data dengan Microsoft Access 2007

Teman-teman, kebetulan saya mempunyai koleksi Ebook tentang Microsoft Access yang saya dapat saat blog walking. Ebook yang berjudul Mengolah Data dengan Microsoft Access 2007 tersebut dishare oleh penulisnya yaitu Sdr. Mohammad Ali Fikri.



Secara umum, buku ini terdiri dari 17 bab, antara lain membahas:
  1. Mengenal Microsoft Access 2007
  2. Memulai Bekerja dengan Access 2007 
  3. Membuat dan Memodifikasi Tabel 
  4. Mengubah atau Mengatur Tampilan Baris, Kolom dan Data pada Tabel 
  5. Mengurutkan, Menyaring, Mencari dan Mengganti Data 
  6. Membuat dan Mengatur Hubungan Antar Tabel
  7. Membuat dan Menggunakan Query 
  8. Bekerja Lebih Lanjut dengan Query
  9. Menggunakan Query Action
  10. Membuat Field Entri Data Khusus dan Command Button pada Form 
  11. Merancang dan Membuat Report 
  12. Menempatkan Obyek Gambar, Tanggal dan Nomor Halaman
    pada Form atau Report 
  13. Menggunakan Menu Navigasi Berupa Switchboard dan Form 
  14. Mengekspor Data, Mengambil Data dari Luar dan
    Menggunakan Password
  15. Menggunakan Macro 
 Download link :  Download via slideshare
 
 
Copyright © 2014 Persada Blog

Powered by Mafsyah